Info Kuliner – penderita radang lambung akan ditandai dengan gejala seperti perut kembung, mual-mual, napsu makan yang hilang dan muntah-muntah. semua gejala tersebut tentu sangat tidak diingkan jika terjadi pada diri kita. penyakit yang juga sering disebut dengan istilah gastritis ini sering terjadi, penyakit radang lambung ini sering disamakan dengan penyakit maag tetapi pada dasarnya kedua penyakit tersebut berbeda. radang lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pada dinding mukosa pada lambung, sedangkan jika maag diakibatkan oleh kumpulan gangguan pada pencernaan. penderita radang lambung yang berkelanjutan justru akan menyebabkan terjadinya maag.

untuk menghindari penyakit tersebut tentu gak ada salahnya jika kesehhatan perut selalu kita jaga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Karena melalui sarapan asupan makanan masuk ke dalam perut kita maka kulibur akan memberikan tips untuk memilih menu sarapan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita radang lambung.

1. Brokoli

Sumber: Shutterstock

Berdasarkan kutipan journal Przeglad Gastroenterologiczny tahun 2016 dijelaskan jika penambahan brokololi atau makanan lain yang mempunyai sifat antibakteri dapat mengurangi raadang lambung. cara mengkonsumsi brokoli ini tidak ada ketentuannya, jadi kita dapat memasaknya sesuai dengan selera. Sehingga dapat menciptakan selera makan yang lebih baik

2. Bluberi

Sumber: Thinkstockphotos

Untuk buah yang satu ini mempunyai kesamaan sifat dengan brokoli yaitu sebagai antibakteri yang baik untuk kesehatan lambung. Selain dimakan secara langsung buah biru ini dapat kita makan dengan menjadikannya sebagai toping pada youhurt atau dijadikan smoothies.

3. Yoghurt

Sumber: Pixabay

Yoghurt yang mempunyai rasa asam ini ternyata merupakan minuman yang mempunyai manfaat baik untuk menjaga kesehatan perut terutama pencernaan hingga lambung. Sebuah penelitan dalam The Canadian Journal of Infectious Diseases dan Medical Microbiology sudah membuktikan bahwa manfaat dari yoghurt untuk kesehatan perut karena Bifidobacterium, Saccharomyces dan  probiotik Lactobacillus dapat membantu untuk menyembuhkan radang lambung atau gastritis. Nah berdasarkan penjelasan singkat ini kalian tentu sudah tidak ragu lagi untuk mencoba menambah menu yoghurt saat sarapan, karena tubuh yang kuat berawal dari pencernaan yang sehat.

4. Oatmeal

Sumber: shutterstock

Oatmel ini sangat baik bagi pencernaan karena makanan yang mempunyai bahan dasar gandum ini kaya akan serat baik. Dengan mengkonsumsi oatmel secara teratur maka akan membuat pencernaan kita sehat dan terhindar dari penyakit radang lambung. Agar hasil lebih maksimal kita dapat mengkonsumsi oatmeal ini dengan dilengkapi bluberi atau brokoli.

5. Dada ayam

Sumber: Shutterstock

Nah untuk kalian yang menyukai makan menggunakan daging ayam maka dianjurkan untuk mengkonsumsi bagian dada karena pada bagian inilah yang mengandung lemak jahat paling sedikit. Sehingga ketika mengalami sakit radang lambung akan disarankan untuk mengkonsumsi dada ayam.