Wisata Edukasi di Yogyakarta yang Keren! Yuk, Berlibur Sambil Belajar! – selain dikenal dengan Kota Gudegnya yang khas, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar, loh. Tidak heran, di kota yang satu ini memang memiliki beberapa universitas terbaik di Indonesia. Sebut saja Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian, sampai ke Institut Seni Budaya.

Ternyata tidak hanya itu saja, loh, alasan kenapa Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar. Di daerah Istimewa ini juga memiliki aneka macam wisata edukasi yang bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak-anak.

Taman Pintar

Sumber: alodiatour.com

Taman Pintar adalah wisata edukasi di Yogyakarta yang berupa museum unik dimana kamu bisa melihat dan memoelajari aneka wahana sains terkini yang keren, loh. Beberapa wahana yang bisa kamu lihat dan temui di dalam Gedung Oval Taman Pintar ini adalah terowongan ilusi, generator Van De Graaf dan simulasi gempa bumi. Uniknya, generator Van De Graaf ini bisa membuat rambutmu berdiri, loh. Keren, gak, sih? 

Museum Affandi

Sumber: 1001malam.com

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan pelukis Affandi? Pelukis terkenal asala Indonesia ini diakui karyanya oleh dunia internasional loh. Nah, wisata edukasi di Yogyakarta berikutnya berhubungan dengan pelukis keren yang satu ini.

Yup, Yogyakarta adalah tempat kediaman Affandi yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Tempat tinggal beliau ini juga berada di dalam satu kompleks dengan galeri seninya. Ada sekitar 300 lukisan karya Affandi yang berada di galeri seni yang kini lebih dikenal sebagai museum Affandi ini.

Enggak usah khawatir jadi kuno karena berkunjung ke Museum. Soalnya, muesum Affandi ini selain bisa jadi sarana wisata edukasi seni, juga bisa mempercantik feed instagram kamu. Soalnya banyak sekali spot instagramworthy tempat kamu bisa mengambil foto.

Museum Sandi

Sumber: kartanesia.com

Di Pramuka, pernah enggak, sih, belajar soal Sandi? Pasti pernah, kan? Nah, di perjuangan dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia, para pejuang kita juga menggunakan sandi supaya rencana penyerangan pejuang tidak bisa terbaca oleh musuh. Penting banget, kan, punya Sandi?

Nah, wisata edukasi di Yogyakarta yang satu ini berhubungan dengan erat dengan sandi ini. Yup, Lembaga Sandi Negara telah bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk mendirikan sebuah Museum Sandi pertama di Indonesia. Bahkan, museum ini juga menjadi satu-satunya museum edukasi yang ada di Indonesia.

Ada berbagai macam mesin sandi yang ada di sini, baik mesin buatan Indonesia maupun luar negeri. Bahkan, di sini ada buku sandi juga, loh. Juga ada berbagai macam diorama dan dokumentasi sandi. Bahkan, di museum sandi ini kamu bisa membuat sandi sendiri, loh. Seru banget, kan? 

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Sumber: nusantarabicara.id

Wisata edukasi di Yogyakarta yang selanjutnya adalah museum TNI AU Indonesia. Tidak heran jika museum ini didirikan di sini. Sebab, Yogyakarta memang  merupakan salah satu kota tempat lahirnya TNI Angkatan Udara Republik Indonesia. Museum ini sendiri sudah cukup tua, loh. Telah berdiri sejak tahun 1978.

Di sini juga ada replika pesawat terbang pertama produksi Indonesia bernama WEL-I RI-X. Tidak hanya itu, di sini juga banyak replika pesawat terbang milik AU Indonesia. Pokoknya keren, deh, kalau berkunjung ke sini. 

Museum Benteng Yogyakarta

Sumber: masbidintravel.net

Jika ingin menapak-tilasi tentang bagaimana sulitnya berperang melawan penjajah dahulu, mungkin ada baiknya jika kamu mampir ke Museum Benteng. Museum ini berada tidak jauh dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Wisata edukasi di Yogyakarta yang satu ini juga sering dikenal sebagai Museum Benteng Vredeburg.

Museum ini mempertahankan bentuknya yang klasik, karena memang dulunya ini adalah benteng pertahanan penjajah. Dengan bentuknya yang unik, sudah pasti museum ini banyak menarik perhatian wisatawan, loh. Koleksi yang ada di dalam museum juga enggak kalah gaya dengan museum yang lain. Pokoknya, berkunjung ke sini akan membuat ilmu pengetahuanmu bertambah.

Museum Monumen Jogja Kembali

Sumber: google.com

Tahu, dong, sejarah tentang Indonesia yang sempat digempur dengan Agresi Militer Belanda? Dan kedaulatan Indonesia hampir terancam tapi ternyata bisa direbut kembali? Nah, untuk mengenang masa-masa itu, dibangunkah sebuah monumen berbentuk piramida di Yogyakarta yang bernama Monumen Indonesia Kembali. Untuk menandakan kembalinya kedaulatan ke tangan Indonesia.

Di wisata edukasi di Yogyakarta ini, kamu bisa melihat aneka koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan. Uniknya, ada ruangan bernama ruangan hening di sini. Ruangan ini ada di lantai empat dan berfungsi sebagai tempat merenung sekaligus untuk mendoakan pahlawan yang telah gugur di medan juang.

Museum Ullen Sentalu

Sumber: triptrus.com

Ingin berwisata ke pegunungan sekaligus mencari ilmu baru? Mungkin ada baiknya jika kamu berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang berada di lereng Gunung Merapi. Wisata edukasi di Yogyakarta ini memang unik banget. Soalnya memiliki lokasi bangunan yang berada di atas hutan pegunungan sehingga suasanya yang terbangun di sana dangat sejuk dan damai.

Dalam museum ini terdapat benda koleksi perkembangan budaya Jawa sejak Mataranm Kuno sampai Mataram. Koleksi itu berupa dokumentasi evolusi Jawa dimulai dair Mataram Kuno, Medang, Maja pahit, sampai ke empat keraton yang masih ada sampai sekarang. Yakni Keraton Surakarta, Keraton Yogyakarta, Keraton Mangkunegaran, dan Keraton Pakualaman. Pokoknya, tidak menyesal, deh berkunjung ke sini. Selain mendapat pemandangan indahnya pegunungan, juga mendapat ilmu baru. Nah, itulah beberapa wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi kala sedang berlibur. Jadi, liburanmu juga bisa mendapat ilmu dan pengalaman baru! Selamat berkunjung!