Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi! Dijamin Enak! – Apa, sih, yang dicari orang ketika berlibur ke sebuah tempat wisata? Yup, selain pemandangan dan oleh-oleh khasnya, tentu tidak ketinggalan untuk mencoba makanan dari daerah setempat, dong. Di Yogyakarta, ada banyak sekali tempat makan yang bisa dijadikan tujuan untuk berwisata kuliner.

Yogyakarta memang destinasi favorit yang sangat sering dikunjungi wisatawan. Selain karena budayanya yang kental, makanannya yang enak dan gurih juga menjadi alasan orang ingin kembali berkunjung ke sini, loh. Di mana saja, sih, tempat makan populer di Yogyakarta yang wajib dikunjungi kala berlibur? Berikut daftarnya!

Angkringan Lik Man

Sumber: Tribunnews.com

Bagi masyarakat yang tinggal di sini, tentu tidak asing dengan istilah Angkringan. Angkringan adalah simbol budaya yang dilestarikan di Yogyakarta, selain juga tempat makan yang merakyat dengan harga murah meriah. Ada banyak angkringan yang terdapat di Yogyakarta, tetapi yang paling istimewa tentu Angkringan Lik Man.

Kenapa, sih, angkringan yang satu ini istimewa? Tentu ada alasannya, dong. Wisata kuliner di Yogyakarta yang satu ini adalah angkringan yang berdiri sejak 1969 dan salah satu angkringan pertama di Yogyakarta. Kebayang, kan, betapa klasiknya angkringan yang satu ini? Inilah alasan kenapa Angkringan Lik Man menjadi wisata kuliner di Yogyakarta pertama yang wajib dikunjungi.

Menu yang ditawarkan angkringan ini tidak jauh berbeda dengan angkringan lainnya. Termasuk di dalamnya Sego Kucing, Sate Telur Puyuh dan berbagai macam gorengan. Tapi, menu andalannya adalah Kopi Joss.

Untuk yang tidak tahu kopi joss, maka akan dijelaskan di sini. Kopi joss adalah kopi yang dosajikan dengan arang yang masih merah membara. Ketika arang dimasukkan ke dalam kopi, maka akan terdengar bunyi Joss yang keras. Inilah kenapa kopi ini disebut kopi joss.

Tidak perlu khawatir terhadap pencernaan kamu. Sebab katanya, arang yang dicampurkan ke dalam kopi ini bisa menetralisir kadar kafein, loh. Selain itu, cita rasa yang dimiliki kopi ini jelas berbeda dengan kopi yang ditawarkan di tempat lain.

Tempat Makan Gudeg Pawon

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Apa, sih, kuliner andalan Yogyakarta? Yup, jika bicara soal wisata kuliner di Yogyakarta, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan menu gudeg. Gudeg memang makanan khas dai Yogyakarta yang terkenal dengan cita rasanya yang khas.

Gudeg terbuat dari nagka muda dan mudah sekali untuk ditemukan di Yogyakarta. Tapi, Gudeg Pawon akan menawarkan gudeg dengan cita rasa yang berbeda. Gudeg Pawon sendiri telah berdiri sejak 1958. Yang unik dari Gudeg Pawon adalah pengunjung bisa langsung melihat tungku ketika memasak gudegnya.

Jika ingin menikmati nasi gudeg dengan ayam dan teh manis, maka sebaiknya datang sebelum jam buka Gudeg Pawon. Sebab, di sini selalu terjadi antrean pembeli sangking enaknya gudeg tersebut.

Nasi Goreng Beringharjo

Sumber: travelingyuk.com/

Jika ingin menikmati nasi goreng dengan rasa lawas, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Nasi Goreng BeringHarjo di jalan Pabringan 1, Yogyakarta ini. Tempat wisata kuliner di Yogyakarta satu ini termasuk istimewa karena masih memakai resep lawas sejak tahun 1960 dan masih terjaga keasliannya sampai sekarang.

Tapi, buat yang muslim hati-hati, ya. Sebab di sini juga disediakan nasi goreng babi, selain menu utama nasi goreng ayam. Jadi, jika ragu apakah nasi goreng pesananmu tercampur atau tidak, lebih baik jangan mampir, ya.

Selain nasi goreng, di sini kamu juga bisa memesan bihun goreng, bakmi, hingga hidangan babi kecap.  Tempat ini selalu ramai pembeli, tapi tidak perlu takut menunggu lama. Sebab makanan sudah dimasak dulu dengan jumlah besar sebelumnya. Jam buka tempat ini adalah jam 7 malam waktu setempat.

Sate Klathak Pak Pong

Sumber: kumparan.com

Jika kamu pecinta sate dan kebetulan sedang ke Yogya untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mampir ke Sate Klathak Pak Pong. Tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang satu ini memang terkenal dengan sajian sate kambingnya yang khas.

Padahal, bumbu yang digunakan dalam pembuatan sate ini hanya bumbu biasa saja, berupa garam, merica, dan kecap.

Yang membuat cita rasa dan tekstur sate kambing ini berbeda adalah tusuk satenya. Pak Pong tidak mengunakan tusuk bambu, melainkan tusuk sate yang berasal dari jeruji sepeda. Konon, penggunaan jeruji sepeda ini bisa membuat daging matang secara merata, loh. Inilah yang membuat sate klathak Pak Pong jadi jauh lebih nikmat.

House of Raminten

Sumber: bonvoyagejogja.com

Wisata kuliner di Yogyakarta selanjutnya yang wajib di datangi oleh penikmat kuliner adalah House of Raminten. Tempat makan ini selain unik, juga memiliki unsur budaya yang kental. Yup, House of Ruminten menyajikan menu tradisional dengan pelayanan yang berkelas sekaligus elegan. Menu yang disediakan adalah Tahu Bola, wedang sereh, sampai ke nasi kucing.

Yang unik adalah pelayan di sini memakai pakaian khas berupa kemben Jawa dan menyediakan kentongan yang bisa digunakan untuk memanggil pelayan. Belum lagi arsitektur House of Ruminten yang megah, membuat pengunjung merasa seperti raja-raja Jawa di zaman dahulu, loh!

House of Ruminten terletak di jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Dan tidak perli khawatir kalau restorannya tutup. Sebab, restoran ini buka selama 24 jam penuh setiap harinya. Wah, keren, ya?

Nah, itulah beberapa tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang harus dikunjungi kala berkunjung ke Yogyakarta. Tapi, tetap. Bagi yang muslim, perhatikan kehalalan makanan sebelum berkunjung, ya!