Kulibur.com – Kuliner Medan memang tidak ada habisnya! Semua jenis makanan rasanya ada di sini, loh. Baik kuliner halal maupun non-halal! Ini bukan hal yang berlebihan untuk disebutkan, sebab segala macam suku bangsa memang hidup berdampingan dengan aman di sini.

Dari mulai makanan khas Batak, Melayu Sumatera Utara, Tionghoa, sampai India juga ada di sini. Nah, kalau kamu ke Medan dan mencari makanan khas yang halal, bisa dicek di bawah ini, ya!

Lontong Kak Lin

Sumber: goodindonesianfood.com

Lontong Medan yang paling terkenal di Medan sekali pun adalah Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia. Kuliner halal khas Sumatera Utara ini memang terkenal sekali. Sampai-sampai, jika ingin mencoba Lontong Kak Lin ini harus antre dari pagi, loh.

Sajian yang dibuat lontong Kak Lin ini memang dikategorikan cukup lengkap. Dengan sate kerang dan kudapan ringan, membuat cita rasa lontong Kak Lin tidak terlupakan. Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Hanya 10.000 rupiah per porsinya. Tertarik mencoba?

Kedai Kopi Apek

Sumber: fransalchemist.com

Tidak hanya makanan, minuman juga wajib dicoba jika berkunjung ke Medan! Minuman dan kuliner halal di Medan memang bukan hal sulit untuk ditemukan, salah satunya di Kedai Kopi Apek.

Rasanya, kopi memang minuman sejuta umat. Siapa, sih, yang tidak kenal kopi? Di Sumatera Utara sendiri, ngopi sudah menjadi kebiasaan turun temurun. Terbukti dengan keberadaan Kedai Kopi Apek yang telah berdiri sejak 1922 ini.

Menggunakan kopi lokal dari Sidikalang yang terkenal, membuat Kedai Kopi ini ramai dikunjungi setiap harinya. Bukan hanya karena rasanya, suasana zaman dulu juga sangat kental di sini sehingga seperti kembali ke masa lampau.

Rujak Kolam Takana Juo

Sumber: imgom.com

Satu lagi kuliner halal yang wajib dicoba di Medan adalah Rujak Kolam Takana Juo. Jangan salah, Takana Juo ini bukan bahasa Jepang, melainkan bahasa Minang. Yup! Rujak ini memang rujak gaya Minang yang diadopsi di Medan.

Yang berbeda dari rujak ini adalah dibuat begitu ada pesanan. Dengan cita rasa buah yang kaya, ditambah dengan sambal uleg yang segar, membuat pengalaman kuliner kamu akan bertambah di sini. Yang lebih menarik adalah harga untuk satu porsinya ternyata cukup murah. Hanya 18.000 rupiah per porsi.

Roti Tisu Martabak Gapa

Sumber: icystory.blogspot.com

Kalau kamu pecinta kuliner halal yang unik dan ringan, maka wajib mencoba Roti Tisu ini. Bukan, roti ini bukan terbuat dari tisu, kok. Roti tisu ini sebenarnya adalah sejenis crepe yang dijual di Martabak Gapa.

Yang unik dari roti tisu ini adalah penyajiannya yang disusun seperti gunung. Menumpuk dan tinggi sekali, bisa makan sampai puas! Satu porsi roti tisu yang bisa dimakan dua orang ini seharga 25.000 rupiah per porsinya. Kamu bisa menjajal roti tisu dengan mengunjungi Martabak Gapa di Jalan Perniagaan nomor 15, Kesawan, Medan Barat.

Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Sumber: travelingyuk.com

Pokat dijadikan jus? Sudah biasa. Tapi bagaimana jika pokat dicampur es dan dikocok? Hem, rasanya pasti lebih creamy. Kuliner halal khas Medan inilah yang akan kita bahas selanjutnya.

Sesuai dengan namanya, penjual es pokat kocok ini berada di Simpang Glugur, dekat dengan kampus UMSU Medan. Sangking larisnya es ini, nomor antriannya bisa mencapai 100, loh. Keren, kan?

Dengan harga 9000 rupiah per porsi, kamu sudah bisa mencoba perpaduan manis antara pokat, gula merah, susu, dan es yang menyegarkan ini. Jangan lupa mencoba kalau mampir ke Medan, ya?

Nah, itulah beberapa kuliner halal di Medan yang wajib dicoba kalau berkunjung. Selain enak dan tidak ada duanya, berkunjung ke Medan rasanya enggak lengkap kalau tidak berkunjung ke situ, loh!