Danau toba merupakan salah satu destinasi unggulan Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Paduan antara indahnya alam dengan kentalnya kebudayaan membuat banyak orang yang senang berlibur ke Tanah Batak itu. Tapi, rasanya belum lengkap kalau enggak mencicipi kuliner khas Danau Toba, kan?

1. Naniura

Kalau ingin menyicip kuliner khas Danau Toba, jangan lupa menyicipi Naniura. Naniura itu juga disebut sebagai Dekke di sana. Proses pembuatannya juga cukup unik, loh. Soalnya, ikan ini tidak dimasak pakai api.

Jadi, Naniura ini berasal dari ikan yang telah dibersihkan duri dengan lendirnya. Setelah dibersihkan sebersih-bersihnya, ikan tersebut akan direndam dalam air asam cungga atau perasan jeruk purut. Setelah direndam 6-7 jam, maka Naniura alias Dekke ini siap untuk disantap.

Baca Juga ” 6 MAKANAN KHAS SUMATERA UTARA YANG WAJIB DICOBA KALAU BERKUNJUNG! “

2. Ikan Mas Arsik

Sumber: tourtoba.com

Yup, satu lagi kuliner khas Danau Toba yang wajib dicoba adalah Ikan Mas Arsik. Ikan Mas Arsik ini tergolong masakan istimewa di Tanah Batak. Karena konon, katanya dulu makanan ini, tuh, makanan yang disantap raja-raja zaman dahulu kala.

Biasanya, Arsik selalu ada di acara perkawinan atau bahkan acara kematian keluarga Batak, loh. Yang khas dari makanan ini adalah rasa andalimannya yang kental dan unik. Andaliman atau biasa disebut dengan merica Batak ini memang memiliki rasa dan aroma yang tajam menggoda. Dan akan lebih paten lagi jika ditambah dengan bawang batak.

Baca Juga ” WISATA EDUKASI ISTANA MAIMUN DI MEDAN “

3. Itak Gurgur

Sumber: cookpad.com

Bukan, ini bukan makanan yang berat, kok. Karena kata Dilan yang berat itu rindu. Ups, salah tempat. Oke, jadi, kuliner khas Danau Toba yang satu ini berupa kue manis atau kudapan ringan.

Kue ini agak mirip dengan lampet. Tahu lampet? Lampet itu adalah makanan yang dari beras yang dihaluskan. Makanan Medan juga.

Nah, Itak Gurgur ini juga juga memiliki bahan dasar yang sama dengan lampet, yakni dari beras yang dihaluskan dengan cara tradisional. Harus tradisional, ya. Soalnya kalau pakai mesin, biasanya rasa yang dihasilkan akan berbeda.

Sama seperti lampet juga, cita rasa yang dihasilkan Itak Gurgur juga gurih. Perpaduan rasa antara manisnya gula dan harumnya beras bisa membuat lidahmu bergoyang, loh! Gabe male, kan? (Jadi lapar, kan?)

Baca Juga ” DERETAN TEMPAT KULINER SEAFOOD DI JOGJA INI TERKENAL DENGAN KELEZATANNYA “

4. Ayam Padar

Sumber: google.com

Ayam padar atau biasa disebut juga dengan ayam napipadar tidak diperbolehkan untuk dimakan oleh umat muslim, loh, guys. Ingat, ya. Bagi yang muslim, jangan makan kuliner khas danau toba yang satu ini.

Kenapa begitu?

Soalnya, kuliner khas Danau Toba yang satu ini memiliki cara pembuatan yang tidak lazim bagi muslim. Nah, jadi, ayam napipadar itu dibuat dari ayam yang memiliki saus yang berasal dari darah ayam itu sendiri.

Yup, kamu enggak salah baca, kok. Sausnya itu dari darah ayam itu sendiri. Cara memasaknya cukup sederhana. Ayam di bakar lalu setelahnya disiram dengan darah ayam atau darah manuk itu sendiri. Jadi, sama seperti menuang saus pada ayam biasa.

Bumbu yang digunakan pada masakan ini adalah andaliman dan bawang putih yang telah dihaluskan. Seperti biasa, andaliman enggak boleh ketinggalan dalam membuat makanan di Tanah Batak!

Biasanya, kuliner khas Danau Toba bernama Ayam Padar ini dihidangkan saat ada acara adat tertentu di Tanah Batak.

Nah, itulah 4 kuliner khas Danau Toba yang bisa dicicipi jika berkunjung ke Tanah Batak. Tapi ingat, ya, bagi yang muslim jangan mencoba Ayam Padar.

Baca Juga ” MAKANAN KHAS MEDAN YANG COCOK DIJADIKAN OLEH-OLEH “