Berlibur ke tempat unggulan, sudah. Nyicip makanannya juga sudah. Apalagi, ya? Oh, tentu aja. Jangan pulang sebelum membeli makanan khas medan yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga! Apa sajakah itu? Baca list nya di bawah ini, ya.

1. Bika Ambon

Sumber: tribunsnews.com

Hayo, jujur, siapa yang mengira bika satu ini berasal dari Ambon? Jangan salah paham ya, Guys. Meskipun namanya Ambon, tapi Bika Ambon enggak berasal dari Ambon, loh. Bika Ambon adalah salah satu makanan khas Medan yang berasal dari Medan. Bika Ambon terbuat daari bahan air nira, tepung tapioka, santan, dan gula.

Teksturnya yang berserat dengan rasa legit yang manis membuat Bika Ambon ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Tambahan lagi, Bika Ambon ini bisa tahan sampai 4 hari, loh.

2. Bolu Meranti

Sumber: shopback.com

Siapa, sih, yang enggak kenal Bolu Meranti asal Medan ini? Bahkan, di Sumatera Utara sendiri, makanan khas Medan yang satu ini memiliki tempat tersendiri. Anak kos yang pulang merantau pasti akan membawa bolu ini untuk dihadiahkan pada orangtuanya.

Hanya saja, belakangan Bolu Meranti berkurang peminatnya sebab katanya lisensi halal yang dimiliki bolu itu telah berakhir dan belum diperpanjang. Hem, semoga lisensi halalnya bisa diperbarui lagi, ya. Soalnya bolu ini, tuh, enak banget!

Baca Juga ” PENDAKIAN GUNUNG SIBAYAK, GUNUNG UNTUK PENDAKI PEMULA “

3. Pancake Durian Medan

Sumber: maidanii-pancake-durian.bussines.site

Dalam salah satu bukunya, Raditya Dika pernah bilang bahwa makan pancake durian Medan ibarat mati lalu masuk surga, dan di surga makan pancake durian lagi sangking enaknya makanan khas Medan yang satu ini. Yups, do’i gak salah, kok.

Pancake durian Medan memang terkenal akan originalitas rasanya yang khas. Lembutnya durian dalam bungkusan pancake yang harum, membuat pancake ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Bahkan, varian rasa untuk makanan khas Medan yang satu ini cukup variatif, loh. Dari mulai rasa moccha, rasa cokelat, dan lain-lain. Kalau ingin membeli pancake durian terbaik, bisa mampir ke Durian House yang terletak di jalan Sekip nomor 67, Petisah, ya!

4. Durian Ucok

Sumber: bukalapak.com

Jangan mengaku pernah ke Medan, kalau belum mampir ke Durian Ucok!

Pernah dengar slogan di atas? Yup, betul sekali. Durian Ucok memang terkenal di Medan. Bahkan, konon katanya, stock durian di sana enggak pernah habis meskipun selalu ramai pembeli, loh. Makanan khas Medan yang satu ini memang selalu menjadi wisata kuliner pilihan pengunjung.

Mau dibawa pulang untuk oleh-oleh? Tenang, pengemasan yang dilakukan pihak Durian Ucok sangat rapi. Bahkan sampai dilengkapi daun pandan dan bubuk kopi agar aroma menyengat dari durian tersebut tidak mengganggu penumpang lain di bandara. Jadi, kapan mau ke Durian Ucok?

5. Teri Medan

Sumber: bukalapak.com

Buat yang suka olahan pedas, boleh dicoba, loh, teri Medannya. Makanan khas Medan satu ini memang memiliki rasa yang khas. Meskipun sama-sama teri, tapi teri Medan selalu memiliki rasa yang berbeda.

Teri putih dan kacang tanah yang disambal kering, kemudian di bungkus dengan rapi bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lebih enak lagi jika dimakan dengan nasi hangat. Paten kali, lah, pokoknya.

Teri Medan banyak dijual di pusat oleh-oleh yang tersebar di penjuru kota Medan. Tapi, yang paling ramai dikunjungi itu adalah toko oleh-oleh di jalan Majapahit. Katanya, makanan khas Medan yang satu ini menjadi hits di toko itu, loh.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kamu pulang liburan nanti. Makanan mana yang akan kamu pilih untuk dibawa pulang?

Baca Juga ” 6 MAKANAN KHAS SUMATERA UTARA YANG WAJIB DICOBA KALAU BERKUNJUNG! “