Kulibur.com – Busana cardigan umumnya terbuat dari bahan rajutan. Dengan cardigan rajutan yang dikenakan bisa menambah gaya fashion dan kenyamanan Anda berpakaian ketika di udara dingin.

Tak hanya pemakaiannya saja yang perlu Anda perhatikan namun juga perawatan yang harus dilakukan secara khusus untuk menjaga bahan rajutan tetap dalam kondisi baik, karena kebanyakan baju rajut hanya tampak oke pada saat 2 kali pemakaian pertama saja. Pada saat pembelian, sebaiknya pilih baju rajut dengan kode washing garment, yang artinya baju tersebut telah dicuci terlebih dahulu oleh pabrik. Mencuci pakaian rajut pada saat pertama kali bisa dipastikan akan mengubah bentuk pakaian tersebut.

Berikut ini cara mencuci pakaian rajutan:

  • Larutkan detergen dengan air dingin, aduk sampai rata. Kemudian rendam pakaian rajutan yang akan dicuci kurang lebih selama 3 menit.
  • Setelah direndam, kucek bahan dengan sangat hati-hati menggunakan sabun cuci dan air. Kucek sampai benar-benar bersih. Jangan menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran atau noda mengering.
  • Bilas bahan rajutan menggunakan air jernih dengan suhu yang sama dengan air deterjen tadi.
  • Setelah membilas pakaian sampai bersih, peras pakaian dengan cara menggulung pakaian dan ditekan-tekankan ke handuk semaksimal mungkin. Handuk ini bisa menyerap air di dalam rajutan sehingga bisa cepat mengering secara alami.
  • Jemurlah pakaian tersebut dengan cara digelar pada bidang datar, jangan digantung dan hindarkan dari panas matahari langsung. Diamkan rajutan selama beberapa jam agar bahannya bisa kering sempurna.
  • Simpanlah bahan rajutan dengan cara menggulung (bukan dilipat) bahan rajutan dan simpan di dalam laci tertutup di dalam lemari. Usahakan untuk tidak menggantung pakaian rajutan karena bisa meregangkan bentuk luar bahan dan menyebabkan bahan cepat melar.
  • Pakaian rajut dapat diambil dan dipakai kapanpun tanpa harus disetrika lagi. Andaipun ingin disetrika, pastikan suhunya tidak terlalu panas.

Mencuci pakaian rajutan harus ekstra hati-hati. Jangan menjemur pakaian rajutan dengan cara menggantung agar cepat kering, selain itu juga menjaganya dari paparan sinar matahari sehingga pakaian tetap terlihat seperti baru