Kulibur.com – Hari Raya Lebaran adalah momen yang paling ditunggu oleh kaum muslim di negeri ini, hari yang dilalui dengan 30 hari menjalankan puasa ini tentu sangat bermakna, lebaran sendiri tidak lepas dari mudik, berbelanja dan memasak makanan yang lezat dan disantap saat hari lebaran.

Makanan tersebutlah yang dapat menjadikan suasana lebaran lebih menyenangkan, menyantapnya bersama seluruh anggota keluarga sambil bercengkerama melepas rindu merupakan hal yang tidak bisa dilupakan. Diluar hal tersesebut tentu kalian juga merindukan berbagai makanan yang khas dan selelau ada saat lebaran. Penasaran dengan makanan apa aja yang selalu ada tersebut? Simak info yang kulibur.com berikan berikut ini:

1. Ketupat

Nah untuk menu yang satu ini tentu akan selalu menjadi urutan pertama yang dihidangkan pada saat lebaran. Olahan dengan bahan dasar beras yang kemudian dibungkus dengan daun kelapa ini bahkan sudah menjadi ciri khas Lebaran Idul Fitri sendiri. ketupat sendiri sebenarnya mempunyai filosofi bahwa dengan anyaman kulitnya yang tumpah tindih mencerminkan sebuah perjalanan hidup yang penuh kesulitan dan masalah, sedangkan untuk anyaman yang tidak terputus diartikan silaturahmi yang harus selalu dijaga.

2. Opor Ayam

Untuk makanan yang satu juga jadi menu wajib saat lebaran, biasanya opor ayam ini disantap dengan dilengkapi dengan ketupat untuk menambah kelezatannya. Bahan dasar opor ayam ini adalah daging ayam yang diolah menggunakan santan dan ditambah rempah-rempah.

3. Sambal Goreng Ati

Sambel goreng ati ini sering kita jumpai diwarung-warung makan setiap harinya, tetapi sambel goreng ini termasuk dalam daftar menu wajib yang harus dihidangkan saat lebaran. Bahkan tidak sedikit yang memberikan pendapatnya dengan ungkapan tidak lengkap dan nikmat rasanya jika menyantap opor ayam dengan ketupat tanpa dilengkapi sambel goreng ati.

4. Rendang

Menu rendang yang juga masuk pada menu paling enak di dunia berdasarkan data CNN International di tahun 2011 dan juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” pada acara LA Travel & Adventure Show. Jadi wajarkan jika menu rendang ini juga menjadi menu wajib yang dihidangkan saat lebaran datang.

Itulah daftar menu yang selalu wajib kalian hidangkan saat lebaran idul fitri datang, berkumpul dengan keluarga, melepas rindu sambil menikmati hidangan tentu menjadikan suasana semakin menyenangkan.

BACA JUGA ” APA SAJA SIH OLAHAN MAKANAN YANG BISA KITA BUAT DARI BUAH KURMA ? YUK SIMAK “

BACA JUGA ” SIMAK!! MINUMAN TERBAIK SAAT BERBUKA PUASA DAN SAHUR “