Kulibur.com – Saat menjalankan ibadah puasa maka kita harus merubah pola makan secara drastis. Konsumsi makananpun tidak dapat dilakukan dengan sembarang karena akan berpengaruh pada pencernaan dan masalah lain seperti dehidrasi.

Banyak orang yang tidak menyadari jika makanan atau minuman yang disantap ketika berbuka puasa atau sahur dapat mengakibatkan tubuh lemas, haus dan cepat merasa lapar saat menjalankan ibadah puasa. Bahkan es buah sendiri menjadi minuman favorit untuk berbuka puasa dan teh manis menjadi pelengkap menu saat sahur, tetapi dibalik semua itu ternyata menu tersebut tidak baik untuk dikonsumsi selama berpuasa.

Untuk menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa maka simak tips yang kulibur.com berikan berikut ini:

  • Untuk menghindari rasa cepat haus saat berpuasa maka hindari untuk mengkonsumsi minuman kemasan rasa buah atau yang mengandung susu dan minuman bersoda karena mengandung tinggi gula dan garam. Sedangkan minuman yang paling baik dikonsumsi saat berpuasa adalah air putih dan air kelapa. Ketika puasa sebaiknya dimulai dengan mengkonsumsi kurma dan air putih secukupnya, hal tersebut dilakukan karena kandungan potassium yang terdapat pada kurma dapat berguna untuk menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang ketika kita tidak makan selama berpuasa.
  • Jus buah yang dibuat tanpa mengunakan campuran susu atau bahan penambah rasa dapat menjadi alternative jika kalian tetap ingin menikmati minuman segar saat berbuka puasa. Untuk menambah rasa manis sebaiknya jangan menggunakan gula tetapi gunakanlah madu murni.
  • Untuk mengindari gangguan penernaan maka disarankan agar tidak mengkonsumsi air dingin atau es saat berbuka puasa. Karena dengan ketika perut kosong dan langsung minum minuman dingin maka perut akan kaget dan mengakibatkan kembung atau perih.
  • Air kelapa mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa, sehingga mengkonsumsi air kelapa merupakan hal yang disarankan untuk menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa.
  • Ketika menjalankan sahur maka mengkonsumsi minuman teh manis merupakan kebiasaan yang tidak baik karena dapat menaikkan ataupun menurunkan gula darah. Sehingga tubuh akan lebih cepat merasa lemas, berbeda dengan ketika berbuka, mengkonsumsi teh manis akan sangat disarankan karena kandungan gulanya akan mengembalikan energy yang hilang akibat berpuasa dengan lebih cepat.

BACA JUGA ” SIMAK DAFTAR FESTIVAL MEGAH YANG DISELENGGARAN MULAI PERTENGAHAN TAHUN HINGGA AKHIR 2019 “

BACA JUGA ” 4 SUMBER MAKANAN YANG DAPAT MENJAGA STAMINA SAAT BERPUASA “