Ramadhan menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bulan yang penuh berkah bagi umat Islam sehingga segala bentuk ibadah dan perbuatan baik yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Perbedaan yang sering kita semua lihat di bulan ramadhan yaitu masjid-masjid yang dipenuhi jamaah untuk sholat tarawih bersama selepas isya’. Bagi anda yang ingin melaksanakan sholat tarawih sekaligus menikmati kemegahan masjid-masjid terbaik di Indonesia. Berikut 10 masjid megah di Indonesia yang wajib anda kunjungi.

1. Masjid Dian Al Mahri Depok

Sumber: muslimmobsession.com

Mungkin belum banyak diantara kita yang pernah mendengar nama masjid ini, karena masjid yang berdiri kokoh di Depok Jawa Barat ini lebih kita kenal dengan sebutan masjid kubah emas. Kenapa disebut masjid kubah emas ? Karena memang masjid ini menjadi masjid pertama yang menggunakan emas sebagai kubahnya. Jika anda sedang berkunjung di kawasan kota Depok, tak ada salahnya untuk mencoba suasana sholat tarawih di masjid ini.

2. Masjid Al Akbar Surabaya

Sumber: strategidanbisnis.com

Kubahnya yang berwarna hijau dan biru menjadi keunikan tersendiri masjid Al Akbar. Karena perpaduan warna ini pula  nuansa segar akan sangat terasa ketika anda sudah masuk ke dalam masjid ini. Masjid yang berlokasi di Surabaya ini menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia yang kami rekomendasikan kepada anda untuk dikunjungi ketika sedang berada di Surabaya.

BACA JUGA ” MENYAMBUT RAMADHAN DI SEMARANG ? JANGAN LUPA UNTUK MENIKMATI 10 MACAM KULINER BERIKUT “

3. Masjid Istiqlal Jakarta

Sumber: abouturban.com

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan masjid ini. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terbesar se Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 1970 oleh presiden pertama republik Indonesia Ir. Soekarno. Masjid Istiqlal menjadi salah satu ikon wisata religi kota Jakarta yang banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan yang sekedar ingin mengabadikan kemegahannya atau yang sengaja ingin merasakan nuansa beribadah di dalamnya.

4. Masjid Rahmatan Lil-Alamin Indramayu

Sumber: kompasiana.com

Meskipun namanya tidak begitu dikenal seperti masjid Istiqlal, namun masjid yang berlokasi di Indramayu Jawa Barat ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid Rahmatan Lil ‘alamin memiliki 6 tingkat lantai sehingga kapasitasnya dapat menampung kurang lebih 100.000 jama’ah. Masjid megah ini dulunya dibangun oleh Al Zaytun University. Belum sempurna rasanya jika anda sedang berkunjung ke Indramayu tanpa merasakan suasana masjid ini terutama di bulan suci ramadhan.

BACA JUGA ” KAMU HARUS BISA MEMAAFKAN, MESKI MEREKA TELAH MENYAKITI “

5. Masjid Soko Tunggal Purwokerto

Sumber: perpusda.kebumenkab.go.id

Masjid yang berlokasi di Purwokerto Jawa Tengah ini dibangun pada pertengahan abad ke 13 tepatnya di tahun 1288. Nama Soko Tunggal yang berarti pilar tunggal memiliki arti bahwa hanya Alloh yang menjadi tempat kita memohon pertolongan dan perlindungan. Lingkungan masjid ini dikelilingi pohon cemara yang menjadi habitat kera di sekitar masjid.

6. Masjid Agung Demak

sumber: detik.travel.com

Masjid yang berlokasi di Demak Jawa Tengah ini didirikan di sekitar abad ke 15 oleh raja Demak pada saat itu Raden Fattah. Menggunakan model arsitektur khas Jawa, masjid ini terlihat sangat indah baik itu di sisi luar bangunan ataupun di sisi dalam masjid. Masjid yang menjadi ikon kabupaten Demak ini memiliki sejarah besar karena dipercaya sebagai tempat berkumpulnya walisongo dalam menyebarkan ajaran Islam di Indonesia.

BACA JUGA ” PENGARUH MUSIK BAGI PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK “

7. Masjid Islamic Center Samarinda

Sumber: budaya-indonesia.org

Masjid Islamic Center merupakan masjid yang berdiri di Samarinda Kalimantan Timur. Bagi anda yang sedang berlibur di Samarinda, cobalah untuk sempatkan waktu mengunjungi masjid megah ini. Yang menjadi keunikan masjid ini jika dilihat dari bentuk bangunannya terinpirasi dari masjid Nabawi yang merupakan masjid suci yang berada di kota Madinah dan masjid Turki yang terkenal dengan bentuk bangunannya yang artistik.

8. Masjid Gedhe Kauman

Sumber: jelajahjogja.com

Masjid yang berlokasi di Yogyakarta ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim dan Kyai Wiryokusuma pada tahun 1773 tepatnya Ahad Wage, 2 Mei 1773. Memiliki bentuk bangunan dengan nuansa khas kerajaan Yogyakarta yang sangat kental, masjid ini memiliki kisah sejarah tersendiri bagi masyarakat Jogja. Masjid Gedhe Kauman dibangun selain sebagai sarana ibadah keluarga raja juga untuk melengkapi kebesaran kerajaan Islam di Ngayogyakarta Hadiningrat. Anda akan seperti dibawa ke masa lalu jika berkunjung dan menikmati tiap sudut bangunan masjid kebesaran warga Yogyakarta ini. Bentuk bangunan yang sarat makna mencerminkan betapa masjid ini memiliki sejarah panjang dalam kisah perjalanannya.

BACA JUGA ” CARA MEMBERSIHKAN LAYAR SENTUH GADGET ANDA “

9. Masjid At Tin TMII

Sumber: @mahdimuhammad

Masjid ini dibangun pada tahun 1997 tepatnya di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Nama At Tin sendiri diambil sendiri dari surah dalam Al Qur’an yang memiliki arti buah yang sangat besar sekali manfaatnya. Selain itu nama Tin sendiri juga terinspirasi dari nama istri mantan presiden Indonesia Bapak Soeharto yaitu Ibu Tien Soeharto. Masjid ini sengaja dibangun oleh anak cucu presiden Soeharto untuk mengenang jasa-jasa beliau.

10. Masjid Baiturrahman Aceh

Sumber: Traveltodayindonesia.com

Masjid megah yang terakhir adalah masjid Baiturrahman yang berlokasi di kota Serambi Makkah Banda Aceh. Masjid ini menjadi saksi bisu salah satu bencana terbesar di Indonesia yaitu tsunami aceh pada tahun 2004 silam. Meskipun kedahsyatan bencana tsunami waktu itu berhasil memporak-porandakan hampir seluruh bangunan di kota Aceh. Namun masjid Baiturrahman tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

BACA JUGA ” 6 TRIK MELATIH ANAK MERAPIKAN MAINANNYA”

Itu tadi beberapa masjid terbaik dan termegah yang dibangun di negara kebanggaan kita Indonesia. Banyak sejarah yang menyelimuti pembangunan masjid-masjid megah ini. Selain sebagai tempat beribadah untuk umat Islam. Masjid ini juga bisa menjadi tujuan wisata religi untuk anda yang berkeinginan mengunjunginya di bulan ramadhan tahun ini bersama keluarga tercinta. Semoga ramadhan tahun ini menjadi momen yang penuh makna untuk anda dan keluarga. Selamat berpuasa.