Semarang yang menjadi ibukota Jawa Tengah memiliki cerita tersendiri dalam perjalanan sejarah Indonesia. Kota yang dulunya merupakan pusat perdagangan ini memiliki ciri khas kuliner yang terpengaruh dari beberapa negara yaitu China dan Belanda Ditambah dengan masakan khas Jawa yang menambah keanekaragaman kuliner di kota ini. Berikut beberapa kuliner khas Semarang yang perlu anda coba.

1. Soto Bangkong

Sumber: ksmtour.com

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat soto bangkong terdiri dari suwiran ayam yang dibalut dengan kaldu berwarna kekuningan yang sangat menggugah selera. Lada, kunyit, ketumbar dan bumbu spesial menjadi komposisi yang berperan penting dalam menciptakan cita rasa khas dari soto bangkong. Sedangkan penyajiannya, soto bangkong biasanya disajikan dengan bawang merah, seledri, kacang polong dan tidak lupa mie bihun sebagai penambah ciri khas soto di Indonesia. Untuk nama bangkong sendiri diambil dari lokasi rumah makan yang menjual soto bangkong ini pertama kali yaitu di persimpangan Bangkong.

2. Kue Lekker Paimo

Sumber: kecupmanis.com

Kue lekker paimo menjadi rekomendasi kami berikutnya. Makanan bernuansa Belanda ini dapat kamu jumpai di Semarang. Kata “Lekker” merupakab bahasa Belanda yang artinya “enak” merupakan makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras. Kue lekker paimo sendiri menyajikan beraneka ragam toping yang patut anda coba. Diantaranya keju, kacang, coklat dan pisang. Untuk anda yang tidak begitu suka dengan makanan manis kue lekker paimo juga menyediakan toping sosis dan ikan tuna.

BACA JUGA ” KAMU HARUS BISA MEMAAFKAN, MESKI MEREKA TELAH MENYAKITI “



3. Pisang Plenet

Sumber: pegipegi.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang. Buah favorit yang banyak sekali kita jumpai di hampir pelosok negeri ini menjadi menu rekomendasi kami selanjutnya. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bagaimana proses pembuatan jenis kuliner yang satu ini. Buah pisang yang dipres kemudian dipanggang dengan olesan margarin semakin menambah cita rasa gurih. Untuk lapisan atasnya ditambahkan bubuk gula, selai, keju dan cokelat.

4. Babat Gongso

Sumber: travellingyuk.com

Babat gongso merupakan menu khas Semarang yang berbahan dasar babat dan usus sapi yang dimasak dalam potongan kecil-kecil dengan campuran kecap manis. Beberapa rempah-rempah yang digunakan antara lain serai, daun salam dan lengkuas. Bagi anda pecinta babat sapi, menu yang satu ini perlu anda coba ketika berkunjung ke Semarang.

5. Lumpia Semarang

Sumber: cookpad.com

Kuliner yang mempunyai perpaduan citarasa Cina dan Jawa ini perlu anda coba ketika berkunjung ke Semarang. Lumpia yang satu ini merupakan jenis lumpia yang dimasak dengan cara digoreng, kemudian untuk bahan tambahan biasanya memakai rebung, ayam, telur dan udang. Untuk menambah kelezatan makanan ini kita bisa menikmatinya dengan mencelupkannya ke dalam saos yang terbuat dari tepung jagung, kecap dan gula merah. Cocok untuk menemani waktu santai anda bersama kawan atau keluarga tercinta.

6. Wedang Tahu

Sumber: kompasiana.com

Tahu pada umumnya merupakan jenis makanan yang biasa kita nikmati sebagai lauk untuk makan nasi. Tetapi di Semarang anda dapat menemukan menu hidangan tahu yang berbeda dari biasanya yaitu wedang tahu. Jenis minuman hangat yang terbuat dari campuran gula jawa jahe dan kembang tahu ini menjadi salah satu minuman yang cocok anda nikmati didalam kondisi cuaca yang dingin. Dari segi manfaatnya, wedang tahu dipercaya dapat meningkatan metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencoba minuman yang satu ini.

BACA JUGA ” PENGARUH MUSIK BAGI PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK “



7. Nasi Gandul

Sumber: anakjajan.com

Nasi gandul merupakan menu kuliner yang berasal dari daerah Pati. Karena kenikmatannya sehingga menu ini pun menyebar ke beberapa daerah sekitar termasuk Semarang. Nasi yang disajikan di atas wadah piring yang sudah dilapisi dengan daun pisang menambah keunikan kuliner yang satu ini. Ada cerita yang menyebutkan asal muasal kata gandul diperoeh dari kebiasaan penjual menu ini yang menjajakan nasi gandul dengan cara di gotong sehingga menggantung atau dalam bahasa Jawa berati gandul. Untuk cara penyajiannya, nasi yang disiram dengan kuah gulai dengan tambahan lauk seperti ati, paru dan babat.

8. Tahu Gimbal

Sumber: pegipegi.com

Bagi anda yang suka dengan olahan tahu. Menu kuliner yang satu ini tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Semarang. Cemilan yang berbahan utama tahu ini dimasak dengan cara digoreng dengan campuran udang goreng yang sudah dihancurkan, potongan lontong, kacang polong dan telur. Untuk bahan tambahan biasanya tahu gimbal disajikan dengan taburan seledri dan kacang goreng. Akan lebih nikmat jika dinikmati dengan saus kacang.

9. Nasi Ayam Semarang

Sumber: merahputih.com

Ayam menjadi salah satu bahan dasar makanan yang banyak kita jumpai di berbagai daerah. Jenis menunya pun berbeda-beda tergantung dari ciri khas daerah masing-masing. Di Semarang, anda akan menemukan kuliner khas daging ayam yang mudah sekali anda jumpai terutama di malam hari. Nasi yang disiram kuah ayam ini disajikan dengan sate manis, ayam suwir dan tumis labu siyam. Jangan lupa mencoba menu ini ketika anda dan keluarga sedang liburan ke Semarang.

10. Es Cong Lik

Sumber: detik.food.com

Sebagai penutup kuliner khas Semarang berikutnya adalah es cong lik. Minuman es ini disajikan dalam berbagai varian rasa seperti durian, cokelat, kelapa dan alpukat. Beberapa bahan tambahan es ini yaitu agar-agar, mutiara sagu buah-buahan dan kacang hijau. Nama cong lik sendiri berasal dari seorang lelaki tua bernama Sukimin yang mempopulerkan es ini. Cong lik sendiri singkatan dari kata kacung cilik yang berarti pembantu kecil, karena semasa kecil Pak Sukimin pernah menjadi pembantu salah satu orang Jepang. Meskipun banyak minuman es baru yang bermunculan di masyarakat, es cong lik masih menjadi primadona bagi para penikmatnya hingga saat ini.

Itu tadi beberapa menu kuliner yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Semarang. Tidak perlu khawatir dengan kantong anda. Karena semua bisa anda nikmati dengan harga yang terjangkau. Selamat berpuasa dan selamat berkunjung ke Semarang bersama orang-orang tercinta.

BACA JUGA ” CARA MEMBERSIHKAN LAYAR SENTUH GADGET ANDA “