Kulibur.com Disakiti merupakan hal yang sangat menyakitkan sekaligus hal yang menyedihkan apalagi jika hal itu dilakukan oleh orang yang kamu cintai. Pastinya rasanya sangat menyakitkan sekali, apalagi hal itu merupakan suatu yang kamu harapkan tapi berujung dengan kekecewaan. Kamu akan merasakan marah, kecewa, sedih, dan sakit yang teramat sangat. Tetapi apakah kamu harus memaafkan perbuatan orang tersebut?

Sejak kecil tentunya kamu telah diajarkan oleh orangtuamu untuk belajar memaafkan kesalahan orang lain dan juga memaafkan dirimu. Selain itu, kamu juga diajarkan untuk meminta maaf atas apa yang telah kamu lakukan jika hal itu memang salah. Namun, setelah beranjak dewasa kata maaf dan memaafkan itu semakin sulit untuk dilakukan. Bahkan terkadang kamu juga menunggu permintaan maaf yang berunjung pada sebuah kesia-siaan belaka.

Tetapi tahukah kamu, bahwa dirimu sangatlah berharga dan tentu saja tidak akan pernah ada gunanya kamu mendendam dan menyimpan sakit hati. Untuk itu kamu harus dapat meminta maaf dan memaafkan, ya meskipun sulit tapi itu akan berdampak sangat besar pada dirimu  lho. Ketika kamu telah dapat meminta maaf dan memaafkan hari-harimu akan lebih menenangkan, menyenangkan dan tentunya lebih bahagia.

Lalu apa saja ya alasan yang membuat meminta maaf dan memaafkan dapat membuat hidup orang menajdi lebih bahagia dan menenangkan? Nah, ini dia alasannya!

Membantu untuk move on.

Siapa nih yang belum bisa move on? Yuk, saatnya buat move on karena hidupmu terlalu berharga jika untuk meratapi kekecewaan dan sakit yang kamu dapatkan. Boleh kamu bersedih, merasa kecewa tapi jangan berlarut-larut karena hal itu hanya akan menjaga rasa sakit di dalam hatimu. Daripada kamu memikirkan rasa kecewa, sakit hati itu akan lebih baik jika kamu memikirkan hal yang menyenangkan. Jadi, maafkan lah orang yang telah membuatmu kecewa, sakit hati, patah hati, sedih, dan lain sebagainya. Dan jangan lupa untuk memaafkan dirimu, maka rasa tenang, bahagia itu akan membuatmu lebih semangat untuk bangkit kembali.

Pertama-tama adalah kamu butuh memaafkan.

Memberi maaf pada orang yang telah membuatku terluka begitu dalam mungkin memang sulit. Tetapi percayalah dengan memaafkan kamu dapat hidup dengan lebih tenang dan kamu pun menjadi lebih dewasa. Karena dengan memaafkan beban dalam hatimu akan hilang dan tentunya kamu dapat meninggalkan masa lalu yang telah membelenggumu.

Memaafkan untuk semua orang.

Memaafkan bukan hanya untuk orang yang telah meminta maaf, tapi untuk semua orang yang mungkin secara tidak sengaja telah menyakitimu. Orang yang kuat dan bahagia adalah orang yang memaafkan semua orang yang secara tidak sengaja ataupun sengaja telah menyakitimu, bahkan orang yang mungkin tidak pantas untuk dimaafkan. Mungkin pada awalnya akan sulit tapi percayalah memaafkan adalah kunci untuk hidup lebih baik dan pendewasaanmu.

Memaafkan berarti melepaskan.

Hanya dengan memaafkan dari hati kamu dapat berdamai dengan masa lalu tanpa menganggu masa depanmu. Karena ketika kamu telah berhasil memaafkan kamu juga telah berhasil melepaskan masa lalu dan rasa sakit yang kamu rasakan. Dan semua itu akan berganti dengan kebahagian dan ketenangan dalam hidupmu. Nah, jadi tunggu apalagi? Yuk, segera belajar untuk meminta maaf dan memaafkan agar hidupmu lebih bahagia dan tenang.