Perangkat Gadget dengan layar sentuh memang harus dibersihkan secara rutin sebab benda ini termasuk yang sering kontak fisik dengan Anda. Benda ini juga paling mudah dihinggapi oleh bakteri-bakteri pembawa penyakit yang berpindah ke telapak tangan atau mulut.

Ketika membersihkan layar sentuh perangkat digital tidak bisa sembarangan, apalagi jika layar dibuat dengan lapisan oleophobic yang sifatnya menolak minyak. Untuk menghindari kesalahan fatal saat membersihkan layar sentuh baiknya simak cara-cara berikut ini:

  1. Perhatikan pedomannya, bahwa cairan pembersih hanya boleh digunakan sedikit atau lakukan tes terlebih dahulu, bersihkan layar menggunakan kain yang tidak meninggalkan serpihan-serpihan serat.
  2. Saat akan membersihkan, matikan perangkat dan lepas baterainya untuk memperkecil risiko kerusakan karena tidak sengaja membasahinya.
  3. Seka perlahan layar dengan kain microfiber kering untuk menghilangkan bekas-bekas sentuhan. Gunakan gerakan melingkat ketika menggosok untuk menghilangkan zat-zat yang tidak mudah dibersihkan, serta jangan terlalu keras menekan layar karena dapat menghapus beberapa lapisan layar, termasuk oleophobic.
  4. Untuk kotoran membandel, semprotkan air murni hasil pada kain lap untuk mengelap layar. Jika masih ada noda, gunakan sedikit cairan pembersih layar sentuh
  5. Sebaiknya hindari penggunaan pembersih rumah tangga atau semua bahan kimia seperti bahan pembersih jendela, pembersih antibakteri karena akan memperpendek usia perangkat Anda.
  6. Hindari untuk merendam perangkat di dalam air, sebab akan merusak komponen dan perangkat gadget Anda.
  7. Pastikan setelah Anda menggunakan kain microfiber untuk memindahkan sedikit kelembaban pada layar segera mengelapnya dengan kain yang kering.
  8. Biarkan smartphone mengering dengan sendirinya, jangan gunakan hairdryer sebab perangat akan rusak terkena radiasi panas dari hairdryer.

Cara membersihkan dan perawatan layar sentuh pada perangkat elektronik memang gampang-gampang susah. Jika Anda tidak yakin dan takut perangkat akan rusak sebaiknya bawa perangkat ke orang yang professional untuk membersihkannya.

BACA JUGA ” 6 TRIK MELATIH ANAK MERAPIKAN MAINANNYA “

BACA JUGA ” STRATEGI MEMBESARKAN BAYI CERDAS SEJAK DINI “