Kulibur.com – Dieng merupakan tempat yang kental dengan kisah sejarah dan budaya, seperti kisah si anak berambut gimbal yang menjadi kesayangan dari roh gaib penunggu Dieng. Selain itu daerah ini menjadi daya tarik bagi pengunjung karena mempunyai dataran tinggi yang dapat digunakan untuk menikamti keindahan alam. Dengan beberapa factor tersebut maka tidak heran jika Dieng ini menjadi tujuan utama beberapa traveler untuk melampiaskan hobynya dalam menikmati alam. Berikut daftar rekomendasi kulibur untuk destinasi yang dapat kalian kunjungi di wilayah Dieng:

1. Bukit Scooter Dieng

Sumber : Riview Google

Objek wisata yang satu ini  cocok sekali untuk menikmati keindahan pemandangan wilayah Dieng, bahkan tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit para traveller yang berkunjung ke Dieng. Dengan ketinggian diatas 2.200 Mdpl menjadikan jarak pandang para traveller semakin luas untuk menikmati pemandangan, yang paling indah ketika di bukit Scooter ini saat menikmati pemandangan sunrise atau sunset. Di puncak bukit juga tersedia beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat dan menikmati keindahan bintang-bintang saat malam hari.

Alamat Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara

2. Bukit Sikunir

Sumber : Dieng.me

Yang satu ini cocok banget untuk para traveller yang ingin berburu golden sunrise di pagi hari. Dengan ketinggian puncak sikunir sekitar 2.263 Mdpl tempat ini sering disebut tempat paling strategis untuk mendapatkan golden sunrise. Dahulu tempat ini sering disebut dengan desa tertinggi di negera Indonesia. Pemandangan wilayah tentu dapat disaksikan dengan jelas melalui bukit ini.

Alamat Timur Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo

3. Jembatan Merah Putih Dieng

Sumber : wisatadieng.net

Untuk traveller yang Ingin memacu adrenaline dapat memanfaatkan destinasi Jembatan Merah Putih Dieng. Destinasi yang lagi hits banget ini berada di sebelah timur dari Batu Rataman Angin. Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan ketika kalian menyebrang antara bukit dengan melalui sebuah jembatan. Selain itu jembatan ini memiliki view yang sangat indah untuk digunakan berfoto.

Alamat Desa Dieng, Kec. Kejajar, Wonosobo

BACA JUGA ” 14 DESTINASI WISATA DI LOMBOK YANG PALING BANYAK DIKUNJUNGI “



4. Kawah Sikidang

Sumber : dieng.me

Di destinasi wisata yang satu ini kalian akan merasa seperti di negeri dongeng dengan asap-asap yang bermunculan dari permukaan tanah yang ada. Ditempat ini kalian akan menjumpai spot-spot foto yang menyediakan burung hantu jinak untuk dijadikan objek tambahan saat berfoto, selain itu kalian akan menemui penjual telur mentah dan kemudian memasaknya di salah satu titik kawah yang ada. Karena gas yang dikeluarkan mengandung racun maka pengunjung disarankan memakai masker dan dilarang membuang putung rokok.

Alamat Desa Dieng Kulon, Banjarnegara

5. Telaga Warna

Sumber : mytrip123.com

Telaga Warna ini sangat popular dan wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Dengan lokasi yang berada di ketinggian 2000 Mdpl telaga ini mempunyai keunikan warna yang dapat berubah-ubah sesuai cuaca yang ada dan sudut pandang yang melihat. Perubahan warna tersebut berasal dari pembiasan cahaya yang terjadi pada endapan sulfur di dasar telaga.

Alamat Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo

6. Telaga Pengilon

Sumber : paketwisatadieng.info

Seperti namanya, telaga ini tidak mengeluarkan warna-warna unik seperti yang terjadi di Telaga Warna melainkan berwarna bening bagai kaca. Lokasinya berada di sebelah Telaga Warna sehingga banyak yang menyebutkan Telaga Kembar. Kejernihan air di Telaga Pengilon ini terjadi akibat rendahnya kandungan sulfur yang ada di telaga ini. Untuk mendapatkan view yang sangat indah para traveller dapat menaiki sebuah batu yang sering disebut Batu Ratapan Angin yang ada disebelah telaga

Alamat Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo

BACA JUGA ” 14 DESTINAS DI SOLO YANG HARUS KALIAN KUNJUNGI “



7. Kompleks Candi Dieng

Sumber : Riview Google

Di Dieng traveller dapat menemukan Candi yang menjadi peninggalan sejarah ajaran Hindu, seperti Candi Arjuna, Candi Dwarawati dan Candi Gatotkaca di satu kelompok sedangkan untuk Candi Bima berada di tempat yang terpisah. Event Dieng Culture Festifal (DCF) yang menyelenggarakan upacara ruwatan tentang anak gimbal selalu diadakan setiap tahunnya di lokasi candi tersebut.

Alamat Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara 

8. D’Qiano Hot Spring Water Park

Sumber : Riview Google

D’Qiano Hot Spring Water Park ini merupakan satu-satunya destinasi yang menyediakan sebuah wisata dengan air panas, di tempat ini para traveller dapat menikmati berbagai wahana mulai dengan beberapa variasi kolam dengan air panasnnya hingga permainan-permainan yang memacu adrenaline seperti Flying Fox, Spider Web, Gokart, Mini Trail, Paintball dan berbagai wahana menarik lainnya. Untuk fasilitas yang disediakan sudah terbilang lengkap karena mulai dari penginapan, rumah makan, tempat ibadah, klinik kesehatan dan penjual oleh-oleh sudah tersedia disini

Alamat Desa Kepakisan, Kec. Batur, Banjarnegara 

9. Bukit Sidengkeng

Sumber : tourwisatadieng.info

Bukit yang berada di samping area konservasi sumber daya alam Telaga Pengilon dan Telaga Warna ini bisa traveller kunjungi untuk menikmati keindahan kedua telaga tersebut karena pemandangan yang dapat disaksikan melalui Bukit Sidengkeng ini dapat dikatakan sebagai view pandang terbaik. Wajar jika banyak fotografer banyak yang mengunjungi tempat ini untuk berburu foto, bahkan ketika malam hari pemandangan yang tersaji juga sangat indah. Tidak sedikit para traveller yang berkunjung ke bukit ini untuk menghabiskan malam dengan camping dan menikmati keindahan langit yang dipenuhi dengan bintang-bintang.

Alamat Dieng, kejajar, Kab. Wonosobo

BACA JUGA ” 11 DESTINASI WISATA DI BANDUNG YANG MEMPUNYAI NILAI EDUKASI “



10. Gardu Pandang Tieng

Sumber : @ratno_palasska

Bagi para traveller yang ingin menikmati keindahan golden sunrise maka dapat mengunjungi Gardu Pandang Tieng yang mempunyai ketinggian 1789 Mdpl ini. tempat ini biasanya digunakan para traveller sebagai tempat alternatife jika mereka tidak dapat menuju ke Bukit Sikunir. Terdapat pemandangan perbukitan yang hijau dengan kabut tipis kemudian dibagian lain terdapat Gunung Sindoro dengan nuansa kebiruannya.

Alamat Jl. Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kab. Wonosobo

11. Gua Semar

Sumber : @franswaras

Untuk para traveller yang berkunjung ke Telaga Pengilon atau Telaga Warna disarankan mampir ke Gua Semar ini, lokasinya di perbukitan antara kedua telaga tersebut. Konon gua ini digunakan oleh para raja Jawa untuk bersemedi atau bertapa, bahkan beberapa pemimpin Negara juga pernah menjadikan tempat ini untuk bertapa.

Alamat Dieng, kejajar, Kab. Wonosobo

12. Tuk Bimo Lukar

Sumber : Riview Google

Tuk Bimo Lukar ini berada di pegunungan Dieng, tempat yang mempunyai cerita sejarah bagi pewayangan Bimo untuk melepaskan pakaiannya kemudian disucikan, selain itu sumber air dari teluk ini berasal dari Gunung Prabu diyakini oleh masyarakat dapat membuat awet muda bagi mereka yang menggunakan air ini untuk cuci muka.

Alamat Dieng, kejajar, Kab. Wonosobo

BACA JUGA “36 DESTINASI WISATA DI JOGJA INI WAJIB KALIAN KUNJUNGI “



13. Telaga Cebong

Sumber : Riview Google

Telaga ini mempunyai bentuk menyerupai cebong sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya Telaga Cebong. Dengan luas mencapai 12 hektare dan terbentuk dari kawah purba ini menjadi tempat yang sangat gemar untuk dikunjungi, para traveller dapat melakukan kegiatan memancing untuk menikmati liburan sambil bercamping di pinggir telaga.

Alamat Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo

14. Telaga Menjer

Sumber : sipenyugunung.net

Telaga yang juga dimanfaatkan sebagai PLTA ini tidak kalah indahnya dari telaga-telaga lain yang berada di Dieng. Dengan ketinggian 1200 Mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonan hijau menjadikan Telaga Menjer sebagai tempat yang wajib dikunjugi oleh para traveller yang akan mengeksplore Dieng.

Alamat Jl. Raya Dieng, Kuripan, Garung, Kab. Wonosobo

15. Bukit Seroja

Sumber : ngetripyuk.id

Tempat yang merupakan bukit ini biasa digunakan oleh para traveller untuk menikmati keindahan Telaga Menjer dengan lebih makasimal. Selain itu kalian dapat juga menyaksikan keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang dari bukit ini, jadi tidak heran banyak traveller yang juga berburu foto-foto instragramable di tempat ini.

Alamat Perbatasan Desa Tlogo dan Desa Maron, Kec. Garung, Kab. Wonosobo

BACA JUGA ” TERNYATA, 4 SAMPAH INI BERGUNA UNTUK KECANTIKAN KULIT “



16. Wisata Alam Lubang Sewu

Sumber : mytrip123.com

Wisata yang satu ini mempunyai pesona alam yang sangat menggoda, julukan lubang sewu tersebut karena lubang-lubang karang yang muncul ketika waduk sedang surut. Untuk pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Wisata Alam Lubang Sewu ini disarankan datang pada musim kemarau karena jika datang di musim penghujan maka batu karang yang ada akan terendam dengan air. Selain menyaksikan keindahan alam para traveller juga dapat melakukan kegiatan memancing atau berfoto-foto dengan background spot-spot keren yang dapat ditemui di lokasi Wisata Lubang Sewu.

Alamat Erorejo, Wadaslindang, Kab. Wonosobo

17. Air Terjun Sikarim

Sumber : nyero.id

Untuk traveller yang ingin menikmati liburan dengan tenang dapat mengunjungi Air Terjun Sikarim. Selain masih asri tempat ini nyaman banget karena memang belum menjadi wisata yang ramai dikunjungi. Cocok banget untuk yang bertujuan untuk menenangkan diri, kalian dapat mandi atau bermain air yang jernih dan menyegarkan.

Alamat Sembangun, Kejajar, Kab. Wonosobo

18. Telaga Merdada

Sumber : Riview Google

Telaga yang sumber airnya berasal dari air hujan ini dapat menjadi alternatifr untuk kalian berlibur, para traveller dapat menggunakan tempat ini menjadi area camping yang menyenangkan. Lokasi Telaga Merdada dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonan yang hijau sehingga akan menimbulkan rasa nyaman. Dahulu telaga ini terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Alamat Desa Karangtengah, Kec. Batur, Dieng

BACA JUGA ” BERLIBUR DENGAN BIAYA MINIMALIS, KENAPA TIDAK? “



19. Dieng Plateu Theater

Sumber : nyero.id

Dieng Plateu Theater ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh traveller yang datang ke Dieng. Dengan sebuah konsep seperti bioskop, tempat ini selalu menanyangkan film Bumi Khayangan Dieng Plateu atau documenter tentang Dieng. Kuota sekali penayangan dibatasi 60 orang jadi para traveller yang berkunjung wajib memanfaatkan waktu yang ada agar dapat menyaksikan film tersebut.

Alamat Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo

20. Air Terjun Sirawe

Sumber : dedelisna.wordpress.com

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dan suasana sekitar yang masih asri menjadikan Air Terjun Sirawe menjadi magnet wisata alam untuk dikunjungi para traveller. Selain itu perpaduan antara air dingin dengan air panas menjadi keunikan lain dari  Air Terjun Sirawe ini. Untuk menuju lokasi ini kalian harus melakukan perjalanan kaki karena akses kendaraan memang tidak tersedia.

Alamat Dsn Bitingan, Ds Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara

21. Curug Winong

Sumber : Riview Google

Curug Winong merupakan wisata air terjun yang juga sangat bagus, dengan ketinggian 70 meter dan kemiringan tebing menjapai 70 derajat menjadikan aliran air yang turun cukup deras. Pemandangan alam sekitar yang hijau dan asri ditambah dengan kejernihan air yang ada maka curug ini mampu memanjakan mata sekaligus memberikan kesegaran ketika bermain air. Untuk spot foto jangan diragukan lagi, kalianakan menemui banyak spot-spot alami yang sangat bagus.

Seperti pada Air Terjun Sirawe, Curug Winong juga harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dari tempat parkir kendaraan. Alamat Dsn Temanggung, Ds Winongsari, Kec. Kaliworo, Kab. Wonosobo

BACA JUGA ” 5 CARA CERDAS MEMILIH ASURANSI PERJALANAN



  • 23
    Shares