Kulibur.com – Soal destinasi wisata Indonesia timur gak ada habisnya, termasuk daerah Lombok yang terkenal dengan berbagai destinasi menarik dan menawan yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Selain destinasinya Lombok juga terkenal dengan keberadaan sebuah suku Sasak yang mempunyai produk hasil tenun yang sangat terkenal. Dengan kedua hal tersebut maka tidak heran jika Lombok banyak menjadi pilihan utama para traveller untuk berwisata. Kulibur akan bagikan informasi tentang destinasi apa saja yang dapat kalian kunjungi ketika di Lombok:

1. Wisata Gili Lombok

Wisata Gili mempunyai banyak destinasi, untuk kalian yang akan menjelajahi dan mengetahui tentang pesona gili dapat melakukannya dengan waktu yang tidak sebentar. Keindahan gili sendiri sangat beragam sehingga kalian akan merasakan kenyamanan untuk melakukan kegiatan berlama-lama. Berikut destinasi gili tersebut:

  • Gili Trawangan
Sumber : Booking.com

Ditempat yang berbentuk pulau kecil barat daya dari pulau Lombok ini kalian dapat menikmati keindahan pantai yang sangat menakjubkan, selain itu kalian juga dapat mengeksplore keindahan wisata alam seperti konservasi penyu, diving dan snorkeling, memancing dan beberapa hal lalinnya

Alamat Pulau Lombok

  • Gili Air

Gili Air juga menyajikan keindahan pantai yang sangat cantik, di tempat ini kalian dapat berlibur dengan nyaman karena fasilitas yang ada sudah sangat lengkap.kalian dapat menemukan penginapan, restoran dan kafe ditempat ini.

  • Gili Meno

Tempat yang berada diantara Gili Trawangan dan Gili air ini mempunyau pesona alam yang sangat menakjubkan. Dengan pasir pantai yang berwarna putih lembut ini akan menambah kenyamanan kalian saat berada di Gili Memo. Transportasi tradisioonal yang bernama cidomo dapat kalian gunakan untuk mengunjungi tempat ini.

Selain ketiga destinasi gili diatas kalian juga dapat mengjungi beberapa gili lainnya yang tidak kalah indahnya dengan ciri khas atau daya tarik yang berbeda-beda.

BACA JUGA ” 14 Destinas di Solo yang Harus Kalian Kunjungi “



2. Bukit Pergasingan

Sumber : jejakpiknik.com

Bukit Pergasingan ini biasanya digunakan oleh para pendaki sebagami tempat melakukan pemanasan semeblum mereka mendaki Gunung Rinjari. Dengan ketinggian sekitar 1.700mdpl  bukit  ini dapat digunakan untuk menikmati view pemandangan perbukitan, pedesaan, persawahan dan gunung rinjani yang tentunya sangat indah. Disekeliling Bukit Pergasingan kalian juga dapat mencoba untuk mendaki beberapa gunung disekitarnya seperti Bukit Nanggi, Bukit Selong Sembalun Lawang, Bukit Anak Dara, Bukit Batu Hidung, Bukit Mereseq dan Bukit Hatory.

Alamat Desa Sembalun Lombok Timur

3. Gunung Tunak

Sumber : twitter.com

Destinasi Gunung Tunak dapat dikatakan paket komplit, karena para traveller akan diberikan pengalaman yang sangat memacu adrenaline karena terdapat tiga panorama hutan, perbukitan dan pantai yang akan diberikan setelah memalui perjalanan yang cuku terjal dan berbatu. Untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah kalian dapat menaiki gardu pandang yang bentuknya mirip dengan tower listrik. Tentu untuk menaiki tower ini dibutuh keberanian yang extra.

Alamat Desa Merta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok

4. Gua Bangkang

Sumber : backpakerjakarta.com

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan batu alam dalam gua dapat berkunjung ke destinasi yang satu ini. Gua Bangkang juga menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar dari ratusan tahun lalu, untuk traveler yang ingin menjelajahi guan eksotis ini disarankan untuk berkunjung di sore hari karena ketika menjelang sunset para kelelawar itu akan berterbangan  untuk meninggalkan Gua Bangkang, akan jadi pengalaman yang menyenangkan jika kalian dapat mengabadikan foto dengan suasana berterbangannya ribuan kelelawar

Alamat Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok

BACA JUGA “11 Destinasi Wisata di Bandung yang Mempunyai Nilai Edukasi “



5. Sumber Aik Kalak

Sumber : pendakiceria.com

Destinasi air hangat yang biasa disebut air Kalak ini mempunyai berbagai cerita seperti dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit hingga menjadi tempat menguji kesaktian benda-benda pusaka. Jaman dahulu Aik Kalak ini menjadi sumber air panas yang dijadikan tempat terpenting oleh Suku Sasak.

Alamat Lombok

6. Desa Bayan Sasak

Sumber : Riview Google

Untuk kalian yang ingin berwisata dengan lebih mengenal budaya maka berkunjung ke Desa Bayan Sasak adalah pilihan terbaik, di desa ini kalian dapat mengetahui lebih jauh tentang Suku Sasak yang menjadi suku asli dari daerah Lombok. Masyarakat di desa ini selalu menjaga budaya leluhur mereka dan tetap menerima perkembangan budaya modern yang ada. kebiasaan nyirih merupakan salah satu budaya yang masih dipertahankan oleh Suku Sasak

Alamat Desa Bayan, Lombok Utara

7. Taman Narmada

Sumber : wisatanania.com

Destinasi peninggalan dari Raja Mataram Lombok ini dapat menjadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Taman yang dibangun sejak tahun 1727 ini mempunyai design menyerupai Gunung Rinjani dengan Kalasa atau pura diatasnya. Di Taman Nirmala kalian dapat menemukan spot mata air yang bersumber dari Gunung Rinjani dengan ceritanya yang dapat membuat orang awet muda dan bersinar.

Alamat Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat

8. Masjid Klenteng Lombok

Sumber : Riview Google

Seperti halnya Gorontalo, Lombok juga dijuluki pulau dengan seribu masjid sehingga kalian para traveller yang beragama muslim sangat mudah menemukan masjid. Terdapat salah satu Mushola yang biasanya disebut Masjid Klenteng atau Masjid Cina dengan bangunan unik beraksitektur Klenteng dengan warna merah. Untuk menambah keindahan Masjid ini maka dibangun sebuah taman yang asri untuk memberikan kesejukan bagi para pengunjungnya.

Alamat Jurang Malang Desa Sasaot Lombok

BACA JUGA ” 36 Destinasi Wisata di Jogja Ini Wajib Kalian Kunjungi “



9. Aik Nyet

Sumber : Riview Google

Kolam pemandian Aik Nyet ini sering disebut dengan pancor enam karena memiliki enam pancuran yang dahulu tidak pernah mengalami kekeringan, suasana sejuk di pemandian ini menambah rasa nyaman bari siapa saja yang mengunjungi.

Alamat Kawasan Hutan Seseot Lombok

10. Pura Meru

Sumber : Riview Google

Tempat ini menjadi pura yang terbesar di daerah Lombok, dibangun tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem dengan dibantu 33 desa. Sebelum menjadi suatu destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, pura ini awalnya dibangun untuk menyatukan tempat-tempat yang digunakan untuk menghakimi orang-orang yang berbuat kejahatan. Terdapat 33 sanggah putih yang menjadi simbol dari 33 desa yang turut membantu pembuatan pura ini.

Alamat Jl Selaparang, Cakranegara, Mataram

11. Pura Batu Bolong

Sumber : balihellotravel.com

Pura ini disebut Batu Bolong karena keberadaannya yang berada di perbukitan batu besar dengan lubang dibawahnya. Nuansa spiritual sangat terasa bagi umat Hindu karena pura ini berhadapan langsung dengan Selat Lombok atau Gunung Agung. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati keindahan sunset atau sunrise.

Alamat Batu Bolong, kecamatan Batulayar, Lombok Barat

BACA JUGA ” Kuliner enak bisa jadi racun? simak info penting ini. “



12. Bukit Merese

Sumber : superadventure.co.id

Tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menikmati keindahan pemandangan pantai, kalian akan dapat view pantai dengan kejernihan dan warna birunya yang dapat menyejukkan mata. Selain itu bukit ini diselimuti dengan hijaunya rerumputan yang akan menambah kenyamanan kalian ketika berada di Bukit Marese ini. ketika menuju puncak kalian akan menemui spot-spot unik sehingga akan menambah semangat dalam mendaki bukit ini.

Alamat Jl Kuta Lombok, Pujut, Lombok tengah

13. Danau Segara Anak

Sumber : Riview google

Danau Segara Anak sudah tidak asing lagi bagi para pendaki Gunung Rinjani karena dapat dikatakan tempat ini menjadi sesuatu tempat yang wajib disinggahi ketika akan mendaki ke Gunung Rinjani. Tempat ini juga sudah menjadi hal yang identic dengan Pulau Lombok. Untuk kalian yang ingin mengunjungi Danau Segara Anak harus mempersiapkan fisik dengan baik-baik karena lokasinya yang berada di ketinggian 2.010 Mdpl dengan waktu perjalanan selama 7-8 jam. Karena tempat ini mempunyai peran penting bagi Suku Sasak  dan umat Hindu maka upacara adat atau ritual-ritual sering diadakan di danau ini.

Alamat Gunung Rinjani Lombok

14. Wisata Alam Hutan Lemor

Sumber : Riview Google

Hutan Lemor dengan luas area 90 hektare dengan keanekaragaman flora dan faunanya ini menjadi Hutan Lindung yang sering digunakan untuk penelitian. Ditempat ini juga kalian akan menemui berbagai macam anggrek dengan warna-warni serta kelangkaannya. Untuk hewan yang paling sering kalian temui jika berada di hutan lindung ini adalah kera. Dengan lokasi yang berada di jalur Taman Nasional Rinjani tempat ini menjadi sangat strategis untuk dikunjungi.

Alamat Dusun Cempaka, Desa Suela Kabupaten Lombok Timur

BACA JUGA ” 7 Tips Aman Berbelanja Furnitur Baru untuk Rumah Anda”



  • 4
    Shares