Kulibur.com – Bicara tentang solo pasti sudah identik dengan budaya, wilayah ini memang terkenal ke segala panjuru sebagai kota budaya karena tradisi-tradisi peninggalan sejarah masih dilestarikan dengan baik, selain wisata budayanya ternyata solo mempunyai banyak destinasi wisata yang membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, edukasi, alam dan destinasi hits-hits lainnya. Masih belum tau destinasi apa aja yang ada? Yuk simak ulasan kulibur.com dibawah ini:

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Sumber : nyero.id

Keraton Surakarta ini merupakan tempat bersejarah yang didirikan oelh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744 ditepi sungai bengawan solo. Tempat ini sampai sekarang masih berfungsi untuk menjalankan tradisi-tadisi kerajaan dan menjadi tempat tinggal Raja. Banyak benda-benda peninggalan kerajaan yang dapat kalian temui di tempat ini. untuk yang ingin berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta kalian harus mematuhi peraturan yang diberikan seperti tidak boleh menggunakan sandal jepit, celana pendek topi dan kacamata hitam.

Alamat Jl. Sidikiro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta

2. Taman Sriwedari

Sumber : @leodyKhaliq

Untuk kalian yang pengen bersantai sambil menikmati berbagai hiburan kesenian bisa berkunjung ke Taman Sriwedari. Kawasan wisata yang sering menggelar berbagai pertunjukan ini memiliki fasilitas wahana bermain, restoran, mushola, toilet. Selain itu kalian juga dapat menemui stand-stand penjualan souvenir yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Alamat Jl Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta

BACA JUGA ” 11 Destinasi Wisata di Bandung yang Mempunyai Nilai Edukasi “

3. Argowisata Sondokoro

Sumber : tripjalanjalan.com

Pengen yang asri dan sejuk? Yuk kunjungi Argowisata Sondokoro yang awalnya pabrik gula dan sekarang menjadi destinasi kekinian di surakarta. Ditempat ini kalian dapat berwisata dengan berbagai pilihan, mulai dari berenang di kolam dengan berbagai kedalaman, tempat terapi menggunakan ikan, pijat refleksi dan untuk kalian yang ingin bermain dengan adrenaline dapat mencoba flying fox. Untuk kalian yang ingin mencari foto-foto unik dapat menuju ke monument lokomotif yang terdapat di area Argowosata ini karena mempunyai nuansa yang cukup bagus.

Alamat Jl mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta

4. Pura Mangkunegaran

Sumber : comejourney.org

Di Pura Mangkunegaran ini kalian dapat berwisata sambil menyaksikan beragam koleksi dari benda-benda seni dan bersejarah. Tentu akan menjadi hal yang menyenangkan jika kita dapat berwisata sambil menambah wawasan. Selain itu kalian dapat menikmati suasana yang dihasilkan dari perpaduan anatara arsitektur eropa dengan gaya traditional Jawa. Pura yang dibangunn pada tahun 1757 Oleh KGPAA Mangkunegara II ini dapat menjadi spot foto yang keren dengan nuansa budaya.

Alamat Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta

BACA JUGA ” 36 Destinasi Wisata di Jogja Ini Wajib Kalian Kunjungi “

5. Kampung Batik Kauman

Sumber : pesona.travel

Disini Kampung Batik Kauman ini kalian dapat menjumpai rumah-rumah yang memproduksi batik, sambil melihat cara pembuatannya kalian juga dapat membeli langsung batik di tempat prosuksi ini. pada jaman dulu kampung ini merupakan tempat yang digunakan oleh keluarga keraton untuk membuat kain batik. Batik yang dihasilkan dari Kauman ini mempunyai corak berwarna gelap. Hal tersebut dipilih untuk membedakan hasil produksi batik di Kauman dan Laweyan.

Alamat Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta

6. Museum Batik Danar Hadi

Sumber : nyore.id

Tempat ini cocok banget untuk kalian yang ingin berwisata sambil mengenal kebudayaan-kebudayaan daerah khususnya tentang kain batik. Kalian dapat melihat berbagai kain batik dengan berbagai corak khas dari seluruh penjuru nusantara. Selain itu di Museum Batik Danar Hadi kalian dapat menyaksikan proses pembuatan batik secara langsung.

Alamat Jl Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No 261 Laweyan, Surakarta

BACA JUGA ” Berlibur dengan Biaya Minimalis, Kenapa Tidak? “

7. Ngarsopuro Night Market

Sumber : depthInfo.com

Ngarsopuro ini cocok banget untuk para wisatawan yang ingin jalan-jalan malam sambil berkulineran. Ketika malam hari tempat ini akan menjadi kawasan yang rapi dengan penataannya sehingga menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk jadi tempat nongkrong. Bahkan tidak sedikit yang menyebut bahwa Ngarsopuro Night Market ini menyerupai Orchid Road yang berada di Singapura.

Alamat Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta

8. Kebun Binatang Taru Jurug

Sumber : Reqnews.com

Kebun binatang yang sudah berumur 80 tahun ini cocok banget untuk berlibur bersama keluarga, kalian dapat memberikan education terhadap anak tantang satwa-satwa yang menjadi koleksi kebun binatang. Selain binatang di kebun binatang Taru Jurug juga dapat menemui pohon-pohon yang langka seperti akasia, trembesi, pinus, cemara dan masih banyak lagi. Selesai berkeliling kalian juga dapat menemui fasilitas lainnya seperti taman bermain, menyaksikan pertunjukan seni rupa dan kereta mini.

Alamat Jl Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta

BACA JUGA ” Jangan Dibuang, Biji-Biji Buah Ini Punya Manfaat Lebih “

9. Pandawa Water Word Solo Baru

Sumber : yowisata.com

Destinasi wisata yang berkonsep dari cerita pewayangan sehingga mempunyai patung-patung di setiap sudutnya. Walaupun tempat ini serasa seperti di dunia pewayangan namun kalian dapat menjumpai aneka wahana bermain yang modern seperti, sight tower, warm spa, aerated spa, fantastic, wave pool dan berbagai wahana menarik lainnya.

Alamat Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo

10. Taman Balekambang

Sumber : ceritapiknik.com

Taman Balekambang yang berluas sekitar 9,8 hektar ini dibuat oleh mangkunegoro VII dan dipersembahkan untuk putrinya yang bernama GRAy Partini dan GRAy Partinah. Di taman yang sekarang menjadi destinasi wisata ini kalian dapat dapat menemui pohon-pohon rindang yang umurnya udah ratusan tahun, selain itu kalian dapat menjumpai satwa-satwa yang sudah jinak seperti angsa, rusa, ayam hias dan beberapa lainnya.

Alamat Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta

BACA JUGA ” Kuliner enak bisa jadi racun? simak info penting ini.”

11. Monumen Pers Nasional

Sumber : solo.korinatour.co.id

Monumen yang dibangun pada kisaran tahun 1918 dengan nama Societeit Sasana Soeka ini bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Pada awalnya tempat ini digunakan untuk pertemuan persatuan wartawan Indonesia (PWI). Ketika kalian mengunjungi museum ini maka akan melihat berbagai koleksi seperti Koran, majalah, kamera, mesin ketik dan berbagai benda yang berhubungan dengan media pers. Hal tersebut dapat menambah wawasan para pengunjung tentang media pers, tidak hanya itu pihak pengelola selalu menyelenggarakan seminar yang berkaitan dengan pers mulai dari media, komunikasi hingga fotografi.

Alamat Jl. Gajah Mada No. 59 Surakarta

12. Pasar Antik Triwindu

sumber : ceritafelecia.wordpress.com

Untuk kalian yang mempunyai jiwa seni dan atau kolektor barang antic cocok banget nih untuk mengisi liburannya dengan berkunjung ke Pasar Antik Triwindu. Di tempat ini kalian dapat menjumpai barang-barang lawas seperti uang, koin, ornament wayang, lukisan onderdil kendaraan lawas dan masih banyak lagi. Karena yang dijual barang kuno atau antik maka tidak ada standard harga yang pasang pada setiap barangnya, jadi kalian harus pintar-pintar menawara barang yang akan dibeli.

Alamat Jl. Diponegoro, Keprabon, banjarsari, Surakarta

BACA JUGA ” 5 Kuliner hits dan unik ini bisa jadi buruan kalian ketika berada di Jakarta “

13. Candi Sukuh

Sumber : detik.travel.com

Candi yang ditemukan oleh Johnson pada tahun 1815 dan menjadi salah satu candi yang merupakan warisan dunia ini memeng dalam kondisi tidak rapi, berdasarkan cerita yang ada arsitekntur yang tidak rapi tersebut akibat pembuatannya yang tergesa-gesa. Selain itu kalian dapat melihat relief yang ada pada candi Sukuh dengan menggambarkan suatu erotisme yang vulgar.

Alamat Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar

14. Edupark Intan Pari

Sumber : Riview Google

Jika di Jogja ada Pesawat yang disulap menjadi sebuah restoran, nah disolo juga ada nih pesawat yang disulap menjadi destinasi wisata yang unik. Selain itu disini juga da helicopter yang dapat kalian gunakan untuk berfoto-foto. Untuk tipe pesawatnya sendiri berjenis Boeing 737-300 dan untuk helicopter berjenis Bolco. Cocok banget kan untuk kalian yang ingin berburu foto keren dengan nuansa dalam sebuah pesawat.

Alamat Gatot Subroto, Desa Gaum, Tasikmadu, Karanganyar

BACA JUGA ” Devoyaga Bogor – Simak Ulasan Lengkap mulai dari Spot Foto, Rute dan Tiket di Destinasi Bergaya Eropa ini “

Nah uraian diatas adalah destinasi-destinasi di wilayah Solo yang dapat kalian kunjungi saat liburan, tentu akan menjadi sebuah liburan yang menyenangkan jika kalian dapat memanfaatkannya dengan baik. See you

  • 30
    Shares