Sehabis minum teh, kopi, menggunakan sari buah lemon atau makan buah alpukat, kemana semua sampahnya Anda buang?

Sebaiknya jangan buru-buru untuk membuangnya, sebab sampah-sampah tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit Anda. Simak berikut ini adalah empat sisa makanan yang justru bisa mempercantik Anda.

1. Kulit lemon

Kulit lemon sebaiknya jangan langsung dibuang karena bagian ini sangat ampuh untuk mencerahkan area lipatan dan sudut. Kulit ini juga bisa memutihkan gigi dengan menggosokkannya. Selain itu Kulit lemon ini memberikan manfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan kasar dengan cara mengusapkan pada bagian kulit yang bermasalah tersebut.

2. Kantung teh celup

Sehabis menyeduh kantung teh celup, gunakan kantungnya untuk menyeka wajah yang berjerawat. Kantung ini juga bisa mengencangkan wajah yakni dengan menggunakan isinya sebagai scrub.Caranya, buka kantong teh dan keluarkan isinya. Campur serbuk teh basah tersebut dengan madu dan tepung beras secukupnya. Oleskan di wajah sebagai scrub dengan cara menggosoknya secara pelan. Tunggu sekitar lima menit dan bilas dengan air bersih. Kandungan madu dan kantung beras ini juga berkhasiat untuk menghaluskan dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Tak hanya itu saja, kantung teh celup berkhasiat untuk meredakan kulit yang terbakar matahari, menghilangkan kantung mata dan menyegarkan mata yang kelelahan. Sampah ini juga bisa dicampur pada air bilasan rambut agar rambut lebih berkilau.

3. Ampas Kopi

Ampas kopi ini mengandung kafein yang jika diaplikasikan pada kulit dapat meremajakan kulit. Bubuk kopinya mengubah kulit kusam menjadi lebih cerah karena dapat mengangkat sel kulit mati yang selama ini menjadi problem utama kecantikan kulit Anda.

Tak hanya itu, ampas kopi juga dapat menghilangkan selulit dengan menambahkan beberapa tetes minyak pada ampas kopi dan mengoleskannya pada area tubuh yang terdapat selulit.

4. Kupasan Kulit alpukat

Kulit alpukat biasanya menyisakan daging buah yang masih menempel di kulit bagian dalam. Pada bagian ini, jangan langsung dibuang karena sisanya bisa digunakan sebagai masker wajah. Masker kulit alpukat dapat membuat kulit semakin halus dan lembab. Diamkan di atas kulit wajah selama 20 menit dan bilas sampai bersih.

Itulah beberapa sampah yang selama ini kerap kita buang namun ternyata menyimpan banyak khasiat untuk perawatan kecantikan kita. Silahkan coba untuk memanfaatkannya terlebih dahulu sebelum berakhir di tempat sampah, ladies!