Liburan sekolah adalah momen yang ditunggu oleh anak-anak untuk meninggalkan aktivitas sekolah sejenak. Anak-anak pasti akan berpikir mereka memiliki waktu bermain yang lebih lama dari hari-hari biasa. Sebagai orangtua tentu sangat paham bahwa anak juga perlu diberikan arahan sejak dini.

Agar liburan anak bermanfaat, orangtua bisa mengisi liburan anak-anak dengan kegiatan yang bernilai edukatif dan kreatif. Dengan begini, anak akan lebih meningkatkan keterampilan kreativitas dan wawasan mereka dalam suasana yang menyenangkan.

Ada beberapa tips yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan anak anda:

Berlibur di perkebunan

Berkebun adalah kegiatan untuk mengenalkan alam kepada anak. Anak-anak tidak akan merasa bosan dengan kegiatan ini karena mereka dapat berinteraksi dengan alam melalui tata cara berkebun, merawat tanaman dan mendapatkan pengetahuan baru. Ajak anak untuk bereksplorasi tentang kegiatan berkebun mereka, biarkan mereka belajar dari pengalaman dan kesalahan.

Wisata kebun binatang

Banyak hal menyenangkan yang akan menjadi pengetahuan baru dan langsung dapat disaksikan anak. Anak dapat mengenal berbagai macam jenis satwa termasuk satwa yang telah dilindungi. Dari kebun binatang, anak-anak juga akan diajarkan bagaimana menyayangi kepada binatang.

Kegiatan outbond

Kegiatan outbond atau outdoor membuat anak terstimulasi untuk bergerak aktif. Anak juga bisa menghilangkan rasa jenuh  karena selama ini harus belajar di dalam ruangan. Dengan kegiatan outdoor juga akan menyebabkan anak tumbuh segar dan bugar terhindari dari penyakit.

Sarana rekreasi dan belajar

Wisata alam juga bisa menjadi media pembelajaran anak. anak juga dapat ikut melakukan kegiatan pertanian mulai dari pembibitan hingga memetik wortel & strawberry, selain kegiatan pertanian ada juga kegiatan seperti menungangi kuda poni, memberi makan ternak ayam, bebek, kambing, dan kelinci.

Berkreasi menggunaan cat air

Pemanfaatan cat air bisa menjadi aktivitas seru bersama si kecil. Anak bisa lebih mengembangan kemampuan kreativitasnya melalui cat cair seperti melukis, mencetak benda – benda sekitar dan mencampur warna-warna cat.

  • 5
    Shares