Setelah makan buah, biasanya Anda langsung membuang biji buahnya. Buah-buahan seperti salak, alpukat, durian dan manga dalah buah yang memiliki biji. Biji-biji buah tersebut ternyata bisa Anda manfaatkan untuk fungsi lain daripada Anda langsung membuangnya.

Apa saja pemanfatan biji buah yang bisa Anda ketahui, simak uraiannya berikut ini.

Biji Salak

Salak biasanya hanya dikonsumsi daging buahnya saja, sedangkan bijinya langsung dibuang karena sangat keras seperti batu. Namun sebenarnya, biji salak bisa diolah lagi menjadi bahan baku pembuatan kopi salak.

Biji salak ini dijemur dan disimpan dalam sebuah ruangan sebelum diproses menjadi serbuk kopi. Biji salak yang dikeringkan kemudian disangrai dalam sebuah kuali besar. Seluruh biji salak yang sudah menghitam kemudian dihaluskan dengan cara di tumbuk atau digiling. Serbuk salak ini sudah bisa menjadi bahan minuman kopi, namun teksturnya masih kasar. Agar lebih halus, bisa diblender terlebih dahulu untuk dihaluskan dan diayak. Hasil ayakan ini bisa Anda kemas dalam sebuah plastik yang bisa jual untuk menghasilkan keuntungan.

Kopi salak ini tak hanya nikmati diminum namun juga mampu mengobati penyakti hipertensi atau tekanan darah tinggi serta menurunkan kadar asam urat. Sehingga, biji kopi salak ini bisa menjadi alternatif bagi para pecinta kopi.

Biji Mangga

Pada musim hujan, mangga adalan jenis buah yang produktivitasnya meningkat. Daging buah mangga sangat nikmati dikonsumsi, namun tak hanya itu biji buah mangga pun bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti beras. Bagaimana bisa?

Pada jaman dulu, ketika orang-orang tidak mampu membeli beras mereka menyantap ubi gadung dan biji mangga yang dicincang dan di kukus. Kini, biji buah mangga dijadikan tepung yang mengandung karbohidrat sehingga cocok menjadi bahan pengganti beras.

Biji buah mangga dikuliti dari bagian luarnya, kemudian dipotong-potong menjadi segi empat. Potongan biji ini bisa langsung dikukus bersama ubi kayu. Setelah dikukus bisa ditambahkan garam sebagai perasa. Penyajiannya biasanya dilumuri dengan parutan kelapa. Sajian ini juga bisa disantap bersana ikan laut atau ikan kering yang sudah digoreng kering.

Biji buah mangga bisa diolah menjadi tepung, caranya yakni setelah membuang bagian kulit luarnya kemudian ambil bagian inti dari biji mangga. Bagian inti mangga ini kemudian dicudi dan diiris tipis-tipis atau mencincang-cincangnya. Rebus hasil cincangan biji selama setengah jam untuk menghilangkan getah dair inti biji. Getah biji mangga ini rasanya pahit sehingga tidak enak dimakan. Setelah direbus, biji mangga dijemur sampai kering selama tiga atau empat hari. Kemudian biji ditumbuk sampai halus dan diayak.

Biji alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang mempunyai rasa hambar namun mempunyai kenikmatan yang mungkin tidak bisa dijelaskan lebih detail. Para penghobi makan buah alpukat inipun mempunyai variasi dalam memakannya, ada yang lansung mengkonsumsi, ada yang dicampur dengan gula atau bahkan dijadikan juice. Selain enak dikonsumsi buah alpukat ini dapat dimanfaakan sebagai obat atau masker kecantikan. Sedangkan untuk biji alpukat sendiri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti obat sakit gigi, kencing manis, sariawan, sakit mata, menghilangkan stress hingga meredakan rasa nyeri.

Biji Durian

Biji durian memiliki kandungan sekitar 27% amilosa. Setiap 100 gram bijinya mengandung 28,3 gram karbohidrat, 67 gram air, 2,5 gram protein, 2,5 gram lemak, 1,4 gram lemak, serta mempunyai energy sebesar 520 kJ. Untuk pengolahan biji durian ini dapat dilakukan dengan direbus atau dibakar.

Biji durian ini dapat diolah menjadi tepung durian karena per 100 gram bijinya mengandung 43,06 gram karbohidrat. Sehingga tepung ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti tepung yang biasa digunakan sehari-hari. Selain itu kita dapat membuat kripik dengan olahan bahan dasar biji durian yang memang terkenal gurih dan nikmat.

  • 55
    Shares