Jika kita perhatikan di beberapa supermarket atau pasar, hampir semua kegiatan belanja di dominasi oleh kaum wanita. Itulah mengapa banyak orang menghubungkan wanita dengan hobi belanja. Tak jarang karena kebiasaan belanja ini membuat si wanita harus cekcok dengan pasangannya. Meskipun begitu, hal ini tak mengurangi kecintaan wanita akan aktivitas satu ini.

Apa yang membuat wanita sangat suka dengan aktivitas belanja? Berikut ini beberapa alasan mengapa kaum wanita tidak bisa meninggalkan aktivitas belanja.

Mereka menikmatinya

Memiliki uang dan waktu lebih adalah sebuah kesempatan yang tak boleh dilewati kaum wanita untuk mengunjungi salah satu mall dan berbelanja barang incarannya.

Mencoba hal baru

Kegiatan berbelanja dianggap oleh kaum wanita sebagai sesuatu untuk menemukan hal-hal baru. Ketika mereka menjelajahi pusat perbelanjaan yang berbeda-beda, dan menemukan toko baru, semangat mereka akan tergugah untuk mengunjungi toko tersebut.  Kaum wanita juga berpendapat bahwa tidak ada tempat yang lebih baik selain di pusat perbelanjaan untuk menjelajahi hal baru. Tren  akan selalu diikuti oleh kaum wanita, itulah mengapa mereka harus belanja demi mengikuti tren.

Obsesi Pribadi

Rasa cinta terhadap diri mereka sendiri kerap membuat kaum wanita merasa terobsesi. Demi memenuhi obsesinya tersebut, mereka rela menghabiskan uang dalam jumlah banyak. Mereka akan membelanjakan uang tersebut dengan barang-barang belanjaan yang sebenarnya tidak begitu mereka perlukan. Tak peduli seberapa banyak uang yang dikeluarkan yang penting dirinya bisa tampil cantik.

Mengusir Stress

Ketika kaum wanita merasa tertekan  dan merasa kesepian maka mereka akan melarikan diri dengan berbelanja. Menurut sebuah penelitian, berbelanja merupakan salah aktivitas yang bisa meredakan stress. Dengan berbelanja, pikiran akan menjadi segar kembali.

Manfaatnya memang baik, namun terkadang wanita juga senang berbelanja ketika hatinya sedang buruk. Akibatnya mereka tak segan – segan menghabiskan uang untuk berbelanja. Tujuannya, untuk menyenangkan hati dan memanjakan diri. Tak jarang, wanita telah berhasil menghibur dirinya dengan berbelanja ujungnya akan merasa sedih karena uang terkuras habis.

Ajang pamer status sosial

Hobi belanja yang dilakukan kaum wanita lebih cenderung pada ajang pamer kepada teman-temannya. Wanita gila belanja tipe ini biasanya ingin menunjukkan bahwa status dan pekerjaannya sangat berkelas hingga mampu membeli barang-barang mewah atau mahal. Berbelanja juga menunjukkan status sosial dan kelasnya di mata orang lain sehingga membuat orang lain memandang ‘wah’ kepadanya. Biasanya sebagai bentuk pamer, kaum wanita kerap mengunggah produk yang dibelinya di media sosial dan mudah diliha oleh siapapun.

Belanja untuk orang lain

Aktivitas belanja yang dilakukan wanita biasanya demi menyenangkan orang lain. Dengan berbelanja, dan memberikan produk-produk tersebut kepada keluarga, pasangan bahkan teman menjadi bentuk perhatian dan kasih sayangnya kepada orang lain. Jadi, sisi baiknya, meskipun wanita gila belanja mereka masih memiliki keinginan untuk membuat orang lain senang.

Demi Perubahan

Siapa yang tidak betah mengenakan sepatu butut, tas usang dan pakaian kusut di lingkungan luas, kalau tidak wanita. Itulah mengapa butuh belanja membeli hal-hal baru untuk memperbaruhi barang-barang lama mereka. Mereka ingin berubah tampil baru dan tampil beda di lingkungannya. Agar wanita bisa berinteraksi dengan orang banyak mereka berbelanja. Tidak hanya mendapatkan item barang baru namun juga sebagai ajang mengobrol.

Dengan tampil selalu berbeda-beda, ia tak akan diamati oleh orang lain daripada tidak berbelanja dan hanya memakai baju yang sama dalam seminggu.

Alasan-alasan wanita suka berbelanja ini pada dasarnya adalah untuk menghabiskan uang. Tak ada salahnya menghabiskan uang penghasilan sendiri demi menyenangkan diri. Namun, berfoya-foya dengan belanja bukanlah alasan yang tepat.