Perabotan rumah tangga atau furnitur tidak bisa Anda beli dengan sembarangan. Hal ini disebabkan, furniture memiliki model, kualitas dan harga yang beragam. Dalam pemilihannya Anda harus perlu berpikir matang-matang serta mendiskusikannya dengan anggota keluarga dan mempertimbangkan kemampuan finansial.

Membeli furniture seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama anggota keluarga, apalagi jika segalanya dipersiapkan dengan matang. Agar tidak menyesal, ikuti beberapa tips berikut ini saat Anda berbelanja perabotan rumah tangga di toko furniture.

1. Anggaran dana

Perencanaan biaya sangat penting dilakukan untuk membeli furniture. Rencanakan budget sesuai kemampuan dan usahakan untuk membeli perabotan sesuai dengan estimasi harga. Jika Anda menggunakan kartu kredit, maka perhitungkan berapa lama Anda akan melunasi tagihan. Jangan sampai Anda memiliki tagihan membengkak karena pengeluaran lebih besar daripada penghasilan Anda. Selain itu jika ingin membayar tunai, maka simpan budget untuk membeli furniture di tabungan deposito yang hanya bisa diambil secara berkala.

2. Ukuran furniture

Sebelum Anda berangkat untuk membeli, pertimbangkan ukuran ruangan dengan furniturnya. Ukur panjang dan lebar ruangan serta rencanakan peletakannya di bagian rumah. Perabotan seperti kursi, meja, lemari, dan cabinet harus bisa muat ke dalam ruangan rumah dan memiliki ukuran yang seimbang. Pertimbangkan juga luas lorong dan ukuran pintu agar perabotan bisa mudah diangkut saat menata ulang dekorasi ruangan.

3. Cerewet itu perlu!

Saat memilih dan menentukan model perabotan yang akan dibeli, Anda wajib menanyakan beberapa hal mulai dari material pembuatan, mutu barang dan kondisi barang. Tidak masalah jika Anda berubah menjadi orang yang cerewet karena ini sangat penting dalam penataan ruangan rumah nantinya. Jangan sampai Anda tertipu, misalnya membeli meja yang katanya terbuat dari jati namun ternyata terbuat dari kayu campuran dan mudah lapuk. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah dan bentuk luar barang yang menarik namun kualitas diragukan.

4. Pastikan Bergaransi

Sama halnya dengan barang-barang elektronik, perabotan rumah tangga pun juga harus memiliki garansi. Garansi inilah yang harus Anda dapatkan saat bertransaksi. Tanyakan pada pemilik toko apakah toko memberikan garansi jika barang tidak sesuai keinginan, ditemukan cacat dan adanya kerusakan pada furniture. Garansi bisanya diberikan dalam jangka waktu tertentu apabila kerusakan bukan disebabkan oleh pembeli.

5. Bandingkan harga dulu

Bagaimana dengan harga? Sebaiknya Anda membandingkan harga toko satu dengan lainnya. Cara bisnis toko-toko furniture adalah mereka tidak mengambil keuntungan tinggi karena saingan ada di kanan-kiri. Jika memasang harga mahal biasanya bisnis akan cepat mati. Nah, untuk mendapatkan harga terbaik, datangi dulu semua toko furniture di kota Anda dan lakukan perbandingan harga furniture dengan kualitas dan model yang sama. Jangan ragu untuk menawar!

Selain itu, waspada jika toko furniture memberikan potongan harga yang tinggi. Memang sangat menyenangkan bisa mendapatkan furniture berkualitas dengan harga murah karena diskon. Tetap hati-hati karena hal ini biasanya hanya strategi toko untuk menarik pembeli. Diskon juga kadang diberikan karena harga asli produk yang sudah murah. Pastikan Anda tidak terpincu membeli barang-barang diskon.

6. Ada Fasilitas Layanan Antar

Setelah jenis, ukuran dan harga barang ditentukan, perhitungkan jaminan pengantaran barang yang diberikan oleh pihak toko. Pastikan toko mengantar barang tepat waktu sesuai hari yang dijanjikan. Jika barang terlambat datang bisa jadi malah mengganggu aktivitas Anda. Untuk itu, pastikan toko mau mengembangkan dana 100% jika melakukan kelalaian dalam pengantaran barang. Tanyakan juga apakah toko membebankan biaya tambahan untuk jasa layanan antar ini, sehingga anda pun dapat mempertimbangkan biaya tambahan tersebut.   

7. Beli Furnitur yang dibutuhkan saja

Sebaiknya Anda tidak membeli furniture yang sebelum belum terlalu dibutuhkan di rumah Anda. Ketika melihat barang-barang yang menarik, jangan langsung bersemangat untuk membelinya. Pastikan Anda memang membutuhkannya, memperimbangkan ukuran, kualitas dan harga yang sesuai kantong. Akan lebih baik jika Anda mengajak anggota keluarga untuk teman diskusi dalam menentukan pilihan furniture.

Tak hanya itu, jangan membeli barang yang Anda belum tahu kualitas dan komponennya. Sebaiknya tidak membeli sembarang furniture hanya karena tergiur harga murah. Cari barang yang berkualitas dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.