Berbelanja pakaian adalah rutinitas yang biasanya dilakukan oleh kaum wanita. Untuk memperbarui koleksi pakaian, berbelanja memang tidak ada salahnya. Namun jika berbelanja justru bisa memperburuk kondisi keuangan maka sebaiknya lakukan belanja tersebut dengan bijak.

Cobalah lebih cerdas saat berbelanja. Dengan sedikit berhemat Anda masih bisa mendapatkan baju yang berkualitas. Berikut ini tipsnya:

1. Perhatikan kualitas

Pakaian yang berkualitas adalah yang tidak mudah rusak, koyak ataupun robek. Hindari pemilihan pakaian yang bahannya mudah rusak meskipun modelnya sedang tren. Bahan sutra dan katun adalah material yang lebih tahan lama dibandingkan rayon atau polyster. Pakaian dengan harga terjangkau bisa dipilih yang berbahan chiffon atau polyster sutra. Busana ini tidaklah mewah namun lebih awet dan mudah dicuci. Pastikan jahitan pakaian tidak longgar dan kancingnya masih utuh.

Catatan, jika Anda berbelanja pakaian online pastikan juga warna foto dengan aslinya sama. Baca informasi yang diberikan penjual mulai dari warna, bahan dan ukuran agar Anda tidak salah pilih.

2. Berbelanja di Retail

Toko retail biasanya menawarkan koleksi item pakaian dengan harga terjangkau. Namun meskipun demikian hindari sifat boros yang membuat Anda berbelanja pakaian yang tidak dibutuhkan hanya karena murah. Pikirkan dulu sebelum membeli pakaian apakah Anda benar-benar membutuhkannya Anda tidak.

Untuk mendapatkan barang bagus, sebaiknya Anda perlu lebih sabar dan jeli untuk melihat semua koleksi di toko retail pakaian tersebut. Jelajahi semua rak sebelum Anda memutuskan membeli satu atau dua model pakaian. Siapa tahu di tempat tak terduga Anda bisa mendapatkan pakaian keinginan dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Biasakan membuat daftar

Sebelum Anda berangkat ke toko pakaian untuk berbelanja, usahakan Anda sudah memiliki gambaran pakaian apa yang ingin dibeli. Buatlah daftar belanja untuk lebih mendisiplinkan diri Anda dan mengingatkan Anda untuk tidak bertindak impulsif saat berbelanja. Belanja bukanlah kebiasaan buruk namun lakukan hal ini dengan penuh perencanaan dan kebijaksanaan.

4. Belanja pakaian vintage

Pakaian vintage memiliki model pakaian yang tak pernah ketinggalan jaman. Sesekali Anda perlu membeli pakaian vintage untuk menyelamatkan penampilan Anda dari kesan outofdate. Jika Anda bukanlah orang yang anti membeli pakaian bekas, baju-baju vintage sebenarnya mudah didapatkan di lokasi barang-barang bekas. Walaupun baju bekas namun barang masih berkualitas dan modelnya tetap menarik. Harga dari baju bekas pun bisa lebih terjangkau untuk ukuran dompet Anda.

5. Usahakan tidak menjadi copy cat

Copy cat ini adalah membeli model pakaian yang sama persis dengan busana keluaran brand ternama di panggung peragaan. Saat berbelanja pakaian, kunci yang harus dimiliki adalah penglihatan yang jeli, kesabaran dan keberuntungan. Itulah mengapa Anda harus lebih jeli jika mendapatkan model pakaian populer dan menarik hati Anda. Jangan sampai mirip karena nantinya Anda akan malu jika ada yang mengetahui bahwa pakaian Anda imitasi belaka.

6. Jangan takut belanja online

Sebagian besar orang masih merasa ragu untuk berbelanja melalui online. Namun sebenarnya berbelanja online memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan barang-barang yang terjangkau dengan diskon yang ramah kantong. Berbelanja online juga diuntungnkan dengan fasilitas pengembalian gratis apabila barang tidak sesuai dengan yang ada di gambar atau barang rusak. Dengan berbelanja online pula membuat Anda berbelanja lebih tenang tanpa diganggu daripada Anda berbelanja di toko yang sering diganggu dan dipengaruhi oleh staff butik dengan paksaan.

  • 2
    Shares