Bagi seorang pekerja, salah satu hak yang wajib didapatkan adalah hari libur. Biasanya waktu libur jatuh di hari Minggu atau jika lima hari kerja akan libur di hari Sabtu Minggu. Libur satu hari sebenarnya sudah sangat cukup untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Namun terkadang orang harus merelakan jam liburnya hangus akibat pekerjaan yang belum selesai atau mendapatkan tugas dari atasan.

Sangat tidak mengenakkan bukan ketika kita seharusnya menikmati libur justr terganggu oleh pekerjaan tersebut. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghindarinya.

Selesaikan semua pekerjaan sebelum akhir pekan

Semua tugas kantor dan tagihan-tagihan  yang membebani Anda baiknya diselesaikan sebelum Anda libur bekerja. Hal ini ditujukan untuk menghindari beban pekerjaan anda muncul ketika liburan. Akan sangat tidak nyaman sekali jika  sedang berlibur malah kepikiran soal pekerjaan. 

Agar pekerjaan sesuai dengan waktunya buatlah sebuah agenda mingguan tentang tugas kantor Anda. Catat urutan tugas di note secara tulis tangan daripada hanya mengetik di laptop untuk lebih menguatkan memori Anda. Pastikan semua agenda tersebut terselesaikan semuanya dalam satu minggu. Kerjakan tugas yang terpenting atau mendesak atau yang datang lebih dulu dan sisanya bisa selanjutnya.

Jauhkan Diri dari Internet

Selama menghabiskan libur kerja jangan sekali-kali mengecek email kantor yang membicarakan tentang pekerjaan. Ingatlah, Anda sedang berlibur bukan melakukan perjalanan dinas. Manfaatkan liburan sebaik-baiknya dan jangan sampai pekerjaan malah merusak acara liburan Anda.

Jika Anda terpaksa menerima email enting terkait pekerjaan, lakukan dan selesaikan pekerjaan tersebut dengan cara yang praktis. Gunakan smartphone untuk membaca email masuk dan membalas email tersebut dengan singkat dan jelas. Pastikan waktu liburan Anda tidak terbuang percuma hanya karena menangani masalah email pekerjaan. Jika perlu batasi diri untuk tidak membalas email dan membuat komitmen hanya akan membuka email tersebut saat liburan sudah berakhir.

Tinggalkan semua pekerjaan di rumah

Tegaskan dalam diri Anda bahwa Anda butuh waktu untuk berlibur sehingga tak akan ada pekerjaan yang menghampiri Anda. Saat berlibur ke suatu tempat, tinggalkan juga semua beban pekerjaan di rumah. Jangan sampai terbawa ke tempat Anda menikmati liburan. Dengan tidak menyentuh pekerjaan sama sekali sehari dalam seminggu, pikiran Anda akan kembali jernih dan segar untuk memulai hari bekerja selanjutnya.

Pilih tempat liburan yang tenang

Tempat berlibur yang tenang ini adalah yang jauh dari perkotaan dan bebas dari rutinitas sehari-hari. Rutinitas dan suasana ramai jelas akan membuat pikiran Anda semakin kacau. Pilih tempat misalnya pantai atau pegunungan dengan udara yang masih sejuk dan pemandangan yang masih asri. Tidak usah khawatir dengan sinyal telepon, karena Anda tidak memerlukannya saat Anda berlibur.

Memilih Pekerjaan yang Libur Sabtu atau Minggu

Untuk mendapatkan liburan yang berkualitas, pilihlah jenis pekerjaan yang mendapatkan libur di hari Sabtu atau Minggu. Kedua hari adalah waktu yang tepat untuk menikmatu liburan berkualitas. Selain itu di dua hari di akhir pekan ini akan ada banyak orang yang juga menikmati libur. Sehingga Anda bisa dengan mudah membuat janji untuk berlibur bersama baik bersama rekan, keluarga maupun pasangan.

Sebenarnya, hal terpenting ketika liburan selama weekend adalah memanfaatkan watu sebaik-baiknya dan jangan sampai pekerjaan mengganggu Anda. Meskipun liburan hanya singkat namun manfaatkan waktu tersebut dengan melakukan kegiatan yang benar-benar menyenangkan dan memanjakan Anda.

  • 1
    Share