Bagi sebagian mahasiswa yang menghabiskan liburan di kota mereka belajar,mereka akan mengisi waktu luang mereka dengan melakukan hal-hal yang lebih produktif. Mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu liburan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. Sebagian mahasiswa tersebut melakukan kegiatan yang bisa menambah pengalaman, pengetahuan bahkan penghasilan.

Kegiatan-kegiatan produktif apa sajakah yang bisa dilakukan saat liburan? Simak penjelasannya berikut ini:

Memperluas zona kenyamanan

Tinggalkan rutinitas yang selama ini sudah membuat Anda nyaman dan cobalah untuk melakukan hal-hal baru. Rasanya dengan menemukan sesuatu yang baru dalam hidup anda akan menjadikan dimensi diri sendiri semakin luas dan Anda tidak akan menyadarinya. Waktunya Anda melangkah keluar dan menemukan diri. Misalnya selain mencoba hal-hal baru, lakukan sesuatu yang Anda suka di masa ampau, menikmati tantangan yang terlibat dalam memperbarui minat Anda, tuliskan sesuatu yang merangsang dan berenergi dan carilah kegiatan dan pengalaman yang akan membawa Anda.

Pertimbangkan Orientasi Gaya Hidup

Jika sebelumnya Anda banyak menghabiskan waktu di luar rumah maka kini saatnya Anda berdiam diri di rumah dan mengatur segala sesuatu di rumah Anda. Tak hanya itu mencoba hidup sederhana akan lebih bernilai manfaat daripada Anda menghabiskan waktu liburan dengan berfoya-foya. Bebaskan wajah dari makeup yang selama ini anda kenakan, memasak sendiri menu makanan sehat, tidur yang cukup dan melakukan aktivitas yang membangkitkan kembali semangat Anda.

Mengunjungi ahli atau orang yang berpengalaman

Mengunjungi orang-orang ahli atau orang yang berpengalaman di bidangnya akan menambah wawasan dan pengalaman Anda juga. Misalnya Anda seorang mahasiswa pertanian maka manfaatkan waktu berlibur untuk terlibat dalam proses pertanian, mengunjungi para petani atau ahli pertanian untuk menambah wawasan tentang studi yang Anda pilih. Dengan begini rasanya liburan tak akan berakhir sia-sia.

Sukarela Bersosialisasi

Jika Anda suka dengan dunia sosial, maka manfaatkan waktu berlibur Anda untuk bertemu dengan orang-orang baru dalam suatu forum. Bisa juga Anda melakukan kegiatan social kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan memberikan waktu Anda kepaa mereka, tak hanya ANda, masyarakatpun juga akan mengalami perubahan sosial yang lebih baik. Ikut bergotong royong, pelatihan hewan, mengunjungi panti asuhan atau panti jompo atau bergabung menjadi sukarelawan sebuah lembaga sosial masyarakat.

Tetap Mengakses Studi

Liburan bukan berarti Anda bisa lepas dari segala urusan belajar. Mungkin di masa liburan adalah waktu yang tepat Anda untuk menyiapkan katalog penting dalam program studi atau karier. And membaca katalog tersebut seperti membaca majalah atau surat kabar. Dengan begitu, kamu akan mengakhiri masa ujian dengan keadaan yang siap untuk menerima materi selanjutnya dari para dosen.

Tak hanya itu, usahakan untuk selalu mengakses informasi tentang program studi Anda. Jangan biarkan liburan membuat Anda mengabaikan informasi studi Anda. Pastikan anda sudah mengetahui informasi mengenai program studi yang diambil, memastikan untuk tidak terlambat membayar uang semester dan mengisi KRS.

Praktik dan Magang

Liburan juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan praktik kerja atau magang di perusahaan yang berhubungan dengan program studi Anda. Jika kamu mahasiswa dari fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, kamu bisa mengisi liburan dengan membuat kelompok belajar bagi siswa SD sampai SMP di rumahmu, atau kamu bisa membuka les. Ambil kerja paruh waktu untuk mengisi waktu luang dan menambah uang saku atau malah menjadikan hal ini sebagai penghasilan Anda. Tak hanya bersenang-senang, liburan yang dinikmatui mahasiswa juga harus bernilai produktif sebagai penambah pengalaman dan pengetahuan