Tidak hanya berjalan-jalan ke mal, nonton, camping atau hanya duduk dirumah sembari menonton televisi saja saat berakhir pekan. Berolahraga pun mendapatkan tempat istimewa bagi orang-orang yang menghabiskan waktu libur akhir pekannya. 

Sebenarnya banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga, tanpa banyak memerlukan keahlian teknis, peralatan, atau biaya.. Olahraga-olahraga berikut ini bisa menjadi ide untuk berakhir pekan sendiri ataupun bersama keluarga.

Bersepeda

Photo by: femina.co.id

Bersepeda sebenarnya bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga. Bersepeda tidak hanya mengrangi polusi lingkungan namun juga bisa menyehatkan jantug, membakar kalori dan membuat tubuh lebih bugar. Saat bersepeda sendiri Anda boleh menggunakan kecepatan tinggi, namun jika bersama keluarga apalagi bersama si kecil tak perlu cepat-cepat saat mengendarai sepeda. Bawalah bekal air minum dari rumah untuk meredakan haus di tengah jalan.

Jalan-jalan pagi

Photo by: health.rakyatku.com

Olahraga ini sangat mudah sekaligus menyehatkan. Berjalan juga menjadi kegiatan olahraga di akhir pekan paling sederhana dan termurah. Ajak anak-anak berjalan-jalan pagi di sekitar kompleks tempat tinggal Anda. Biarkan mereka memilih jalan yang akan dijadikan rute jalan-jalan paginya. Di beberapa daerah, setiap Minggu pagi sering dijumpai pasar kaget. Nah, momen ini bisa menjadi ajang olahraga jalan-jalan pagi sambil berbelanja sayuran atau perabot rumah tangga.

Berenang

Photo by: pegipegi.com

Berenang adalah salah satu olahraga murah dan mudah dilakukan jika Anda bisa berenang. Dengan berolahraga sebentar saja dapat melibatkan sebagian kelompok otot utama, memberikan tubuh dengan latihan yang baik. Berenang juga menjadi bentuk yang efektif untuk membakar lemak.  Tak hanya itu air kolam dapat mendukung berat badan dan meredam tekanan pada sendi.  Lakukan kegiatan ini di akhir pekan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang sekaligus sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Menari atau Senam

Photo by: halosehat.com

Seringkali di lingkungan kompleks Anda diadakan senam bersama dengan para warga pada akhir pekan. Mengapa Anda tidak memanfaatkan agenda ini sebagai cara berolahraga yang murah. Selain menyehatkan Anda juga bisa bersosialisasi dengan warga sekitar. Selain senam juga bisa melakukan dance atau menari untuk membakar kalori tubuh. Nah, cukup banyak olahraga murah yang bisa Anda lakukan di akhir pekan. Tak hanya memanjakan diri melalui makanan atau perawatan saja, kesehatan tubuh juga perlu dijaga salah satunya dengan berolahraga saat berlibur.