Semua orang membutuhkan liburan, tak terkecuali bagi para pelaku bisnis yang super sibuk.  Hampir kebanyakan pengusaha dan pemilik usaha kecil tidak bisa menikmati  waktu untuk berlibur. Ketika bisa menikmatinya hanya singkat dan mudah terganggu oleh pekerjaan.  Padahal berlibur memiliki manfaat yang sangat positif bagi bisnis Anda.

Anda akan kembali bekerja dengan ide segar dan baru yang banyak diperlukan sebagai seorang pengusaha. Dengan berlibur, seorang pengusaha akan memiliki kesempatan untuk berkumpul sejenak bersama pasangan dan keluarga.

Agar pengusaha bisa menikmati liburan dengan santai tanpa terganggu oleh pekerjaan, lakukan beberapa panduan berikut ini:

Menetapkan Delegasi

Delegasi adalah hal utama yang wajib Anda lakukan sebelum berlibur. Tetapkan siapa orang yang akan Anda limpahkan tanggung jawab pekerjaan ketika Anda pergi. Cari delegasi dari orang-orang yang dapat anda percaya dan instruksikan dengan jelas mengenai target-target spesifik dan tujuan yang ingin dicapai.

Delegasi ini juga nantinya menjadi penanggung jawab utama terutama ketika keadaan darurat. Selain menunjuk orang yang terpercaya, tetapkan panduan operasional lengkap bagi para manajer anda. Sebab, operasi harian sudah diurus dan anda akan diberitahu jika ada hal-hal yang membutuhkan perhatian.

Bereskan Pekerjaan Anda

Jika Anda memang berniat menghabiskan beberapa waktu untuk berlibur maka jangan sampai Anda membawa pekerjaan selama liburan. Jangan sampai Anda masih memikirkan tumpukan proyek yang belum selesai ketika Anda sedang berada di kota wisata. Jika pekerjaan memang tidak bisa Anda delegasikan, sempatkan waktu satu hingga duajam setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum liburan.

Informasikan klien dan karyawan

Rencana Anda berlibur juga harus Anda infomasikan kepada klien, partner dan karyawan Anda sebelum keberangkatan. Dengan begini Anda tidak akan menerima desakan atau tuntutan ketika berlibur. Informasikan melalui email, telepon atau pengumunan agar semua orang di kantor tahu bahwa atasannya sedang melakukan perjalanan.

Selalu update pesan email

Anda bisa menyeting pesan email Anda dengan pesan balasan otomatis, sehingga ketika ada surat masuk akan segera mendapatkan tanggapan. Fitur ini sebaiknya memuat pesan singat tentang tanggal Anda kembali bekerja.

Seain itu, meskipun sedang menikmati liburan, jangan lupakan komunikasi dengan manajer senior atau pelanggan penting. Anda harus tahu bagaimana kondisi kantor baik permasalahan ataupun situasi darutat lainnya.

Luangkan waktu khusus untuk liburan

Bagi kebanyakan pengusaha waktu adalah uang. para pengusaha yang sudah sangat sibuk, khawatir jika membuang-buang waktunya untuk aktivitas yang tidak berharga. Meskipun demikian, pengusaha juga  waktu istirahat. Jika memang tidak bisa menikmati liburan dalam jangka lama, sesekali sempatkan satu hari untuk membebaskan diri dari pekerjaan. Cabut semua alat komunikasi, tidak ada laptop, tidak ada telepon , tidak ada tablet dan sesedikit mungkin teknologi

Mengantisipasi adanya masalah

Bukan berarti selama berlibur situasi kantor  akan aman terkendali. Tidak ada salahnya mengantisipasi potensi masalah yang mungkin terjadi. Setelah Anda menetapkan delegasi dan memberikan panduan operasional kepada para manajer, jelaskan apa yang perlu dilakukan dalam setiap situasi kepada karyawan. Beritahukan juga kalau mereka dapat menghubungi Anda ketika situasi di luar kendali.

Tentukan nomor darurat

Nomor darurat akan sangat penting ketika Anda meninggakan kantor untuk berlibur. Berikan dua jenis nomor darurat kepada penanggung jawab perusahaan, yakni nomor untuk menghubungi Anda dan nomor alternatif lainnya. Dengan semua persiapan diatas, Anda tidak akan khawatir jika meninggalkan usaha bisnis dan kantor untuk berlibur sejenak dari pekerjaan.