Bagi seorang mahasiswa, datangnya liburan adalah sesuatu yang menyenangkan. Akan ada banyak agenda yang mahasiswa lakukan selama berlibur, baik itu melakukan perjalanan maupun hanya menghabiskan waktu di kamar untuk bersantai.

Sebagai mahasiswa dengan keuangan pas-pasan pasti akan sangat berpikir jenis aktivitas apa yang cocok untuk kantong mahasiswa saat liburan. Tak perlu minta uang orangtua bahkan jika Anda mampu mengelola uang saku dengan baik, liburan akan menjadi tetap menyenangkan tanpa terbentur biaya.  Nah, berikut ini adalah cara berlibur anak mahasiswa yang tidak terlalu mengeluarkan biaya namun tetap asyik.

Kuliner di Warung Makan

Kata warung dengan restoran tentu saja berbeda, yang membedakan biasanya dari segi harga. Untuk mahasiswa yang hobi kuliner Anda tetap bisa melakukan hobi tersebut tanpa pergi ke sebuah restoran mewah.  Makan menu makanan yang belum dicoba di warung makan tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri saat berlibur. Tetapi ingat jangan terlalu sering akan akan menghabiskan uang Anda.

Nonton Film di Kos

Sesekali boleh mengunjungi bioskop untuk menonton film favorit. Namun untuk ukuran kantorng mahasiswa menonton film di bioskop terlalu sering jelas akan menguras kantong lebih cepat. Agar lebih hemat setiap minggu kunjungi warnet kesayangan yang menyediakan banyak koleksi film Anda bisa menikmati film-film tersebut di kos saat waktu luang atau liburan.

Hang out Murah

Tidak ada salahnya kok Anda sesekali menghabiskan waktu di luar rumah atau kos dengan jalan-jalan atau berkumpul bersama tempat. Carilah tempat kongkow yang memiliki fasilitas mahasiswa misalnya harga makanan dan minuman murah, buka sampai malam, free wifi dan bisa nongkrong sepuasnya. Dengan cara ini selain mendapatkan waktu berkualitas bersama teman , Anda juga bisa memanfaatkan wifi gratis untuk mengakses internet.

Camping

Hobi naik gunung atau suka bertualang di alam bebas, manfaatkan hobi ini dengan melakukan aktivitas camping. Cari spot gunung yang tidak terlalu tinggi dan mudah didaki dan ajak teman-teman untuk menikmatinya dengan camping. Anda bisa menggunakan biaya patungan untuk menyewa tenda dan beka makanan. Dengan biaya patungan tentu biaya berlibur Anda menjadi lebih murah bukan?

Olahraga

Daripada tidur seharian di hari minggu, sempatkan diri untuk berolahraga. Misalnya lari atau berenang untuk menjaga tubuh tetap bugar. Ajak teman sebagai penyemangat Anda untuk melakukannya.

Jalan-Jalan Murah

Jalan-jalan bisa Anda lakukan saat berlibur, tapi ingat jangan sampai Anda menghabiskan banyak biaya. Pertimbangkan semua aspek mulai dari tempat makan, transportasi bahkan penginapan dengan harga yang pas di kantong mahasiwa. Jangan melakukan perjalanan di destinasi wisata saat musim liburan karena biasanya semua harga yang berkaitan dengan liburan akan melonjak tinggi. Gunakan mode transportasi murah, jika jarak dekat gunakan sepeda motor atau bus kota, jika jarak jauh bisa menggunakan mobil, bis umum atau jika terpaksa menggunakan pesawat manfaatkan tiket promo. Semua aktivitas tersebut adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa dengan budget terbatas. Selain itu, mahasiswa tak perlu cemas jika anggaran menipis saat liburan karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan tanpa berpergian dan menguras kantong.