Selama ini banyak anggapan orang bahwa weekend yang menyenangkan selalu berarti pergi ke suatu tempat, misalnya luar kota. Padahal liburan yang paling baik dan bisa mengembalikan fungsi tubuh adalah berlibur di rumah. Namun, tak sedikit orang sekarang yang menilai liburan di rumah kurang kreatif.

Ternyata tidak juga demikian, liburan di rumah juga bisa menyenangkan apalagi bersama keluarga. Dalam mempersiapkan liburan ini pertimbangkan juga umur anak-anak dan hobi mereka, sehingga jangan sampai ada anggota keluarga yang tidak menikmati kebersamaan itu.

Daripada mengajak keluarga berlibur berjalan-jalan di mal, lebih baik mengajak mereka untuk menghabisan weekend di rumah. Selain menghemat biaya, berkumpul bersama di rumah akan semakin meningkatkan kedekatan Anda dengan keluarga. Berikut ini kegiatan-kegiatan serunya:

1. Masak Bersama

Adakan acara makan siang atau makan malam istimewa pada weekend Anda dan keluarga. Untuk menyiapkan menu makan tersebut Anda bisa mengajak keluarga untuk memasak bersama. Apabila Anda sudah memiliki anak, jadikan kegiatan ini sebagai bagian pembelajaran mereka untuk lebih menghargai makanan. Anak-anak akan terlibat langsung dalam pembuatan makanan sehingga mereka akan memahami bagaimana proses mengolah bahan mentah menjadi makanan yang biasa mereka santap. Akan ada kesenangan tersendiri bagi anak-anak ketika mereka bisa memakan makanan yang mereka masak sendiri.

2. Bersepeda bersama

Saat weekend adalah saat tepat Anda bisa melakukan olahraga bersama-sama dengan keluarga. Jadikan weekend ini sebagai waktu untuk lebih memperhatikan kesehatan keluarga. Misalnya bersepeda bersama yang merupakan olahraga ringan dan menyenangkan. Tak perlu jauh-jauh cukup berkeliling kompleks untuk membiarkan tubuh menghirup udara alam dengan bebas.

3. Berkebun di halaman rumah

Berkebun adalah kegiatan seru yang menjadikan sebuah momen untuk mempelajari alam dengan lebih dekat. Pertimbangkan hobi ini sebagai agenda mingguan dengan mencoba hal-hal baru tentang berkebun. Anda bisa berkebun dengan sistem hidroponik yang hemat tempat dan mudah perawatannya. Ajak juga keluarga untuk merawat tanaman yang sudah ditanam seperti merapikan tanaman, menyiram dan menata kebun dengan apik.

4. Menghias rumah

Tak ada salahnya jika Anda menghabiskan waktu luang bersama keluarga dengan menata ulang interior rumah. Misalnya Anda bisa mengganti warna cat dinding. Bisa juga dengan mempercantik dinding rumah dengan menempelkan wallpaper stiker dengan berbagai motif favorit. Dalam mendekorasi rumah, Anda juga tak perlu membayar tukang. Untuk anak-anak remaja biarkan mereka berkreasi dengan cara mendekorasi kamar mereka sendiri. Ingatkan juga mereka untuk tidak memasukkan hal-hal vulgar dan bermakna kekasaran.

5. Merekam kegiatan bersama

Akan sangat menyenangkan jika Anda kemudian merekam kegiatan weekend dengan keluarga, misalnya mengambil foto atau video untuk dijadikan koleksi. Edit video dan foto untuk bisa diputar dan dinikmati bersama-sama dengan keluarga. Tak hanya membuat Anda juga bisa menyusun kenangan bersama keluarga dengan membuat ‘scrapbook’, menata ulang figura-figura foto yang sudah ada dan sebagainya.

6. Membuat Proyek Seni

Jika keluarga Anda adalah penyuka seni maka Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan proyek seni bersama. Tidak perlu sesuatu yang besar, misalnya dengan melukis bersama di atas kain putih. Ajak anak-anak untuk berkreasi dengan selera seni mereka. Jangan pedulisan hasil lukisan meskipun gambarnya abstrak namun keluarga bisa bersenang-senang dengan cara ini. Selai seni lukis juga bisa berlatih musik sesuai dengan keahlian alat musik anggota keluarga masing-masing.

7. Melakukan Proyek Pelayanan

Pelayanan ini berupa pelayanan sosial yang bisa dilakukan di panti asuhan atau panti jompo. Anda bisa mengajak keluarga melakukan pelayanan di tempat-tempat tersebut di lingkungan Anda. Ajak mereka untuk menyumbangkan pakaian, buku-buku, mainan atau membuatkan makanan kecil untuk dibagikan di proyek tersebut. Dengan proyek ini bisa melatih kepekaan anggota keluarga dalam hal sosial dan memiliki rasa empati terhadap lingkungan sekitar.

Semoga kegiatan tersebut bisa menjadi alternatif agenda weekend seru Anda bersama keluarga. Selain hemat biaya, kegiatan seru tersebut juga menjadikan weekend Anda lebih berkesan. Jangan pikirkan hasilnya yang penting keluarga bisa mendapatkan kebersamaan dan kegembiraan dari kegiatan weekend.