Setelah menghabiskan waktu dari Senin sampai Jumat untuk melakukan rutinitas, tubuh membutuhkan istirahat dari semua kegiatan yang melelahkan tersebut. Jangan sampai di waktu libur Anda tidak menikmati menjadi diri sendiri namun masih memikirkan pekerjaan atau tugas sekolah yang melelahkan.

Waktu untuk diri sendiri sangat diperlukan untuk mengurangi tingkat stress akibat tumpukan pekerjaan atau masalah. Seorang peneliti, Dr Almuth McDowall, dari Universitas Birkbeck, menyatakan waktu me-time yang berkualitas dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan membuat seseorang lebih baik melakukan pekerjaannya. Jadi, dengan me-time ini Anda mampu men-charge diri sendiri agar lebih fresh dan mendapatkan ide kreatif baru.

Simak ide-ide yang lebih efektif ini untuk menghabiskan waktu buat diri sendiri secara berkualitas saat liburan:

Tinggalkan Hal yang Tak Penting

Photo by: magazine.job-like.com

Waktu luang yang sedikit tidak hanya dihabiskan melalui bekerja atau sekolah saja, namun melakukan kegiatan tak bermanfaat dan membuang waktu adalah salah satu faktornya. Saat weekend tiba, tinggalkan semua televisi dan gadget yang sebenarnya sangat menyita waktu luang Anda ketika liburan.

Bila perlu matikan matikan ponsel agar Anda tidak terhubungan dengan dunia luar sejenak. Saat ini Anda tengah menikmati waktu untuk diri sendiri tanpa ada beban pekerjaan. Singkirkan juga semua hal yang membuat Anda mudah terkena stress.

Menghargai Waktu Libur

Photo by: pikstagram.com

Usahakan untuk bangun lebih awal dari biasanya. Bangun awal ini bukan untuk bergegas ke kantor atau sekolah tapi bisa lebih meluangkan banyak waktu untuk Anda nikmati sendiri. Cobalah untuk menghargai waktu berlibur seperti menolak orang-orang yang memengaruhi waktu bersantai Anda. Orang-orang ini biasanya akan mengajak bergosip, mengobrol atau mengajak pergi keluar tanpa arah.

Mengertilah me-time di hari libur ini adalah memanfaatkan waktu dan menjaganya untuk diri Anda sendiri. Mulailah menciptakan me-time di pagi hari dengan memanjakan diri, refleksi dan meditasi untuk membuat pikiran Anda lebih fresh.

Jalan-jalan

Photo by: bbc.com

Jalan-jalan pagi di sekitar lingkungan rumah akan menjadikan waktu Me Time Anda semakin berkualitas. Sebab tubuh mendapatkan pasokan udara segar dan paparan sinar matahari pagi yang menyerap dalam pori-pori akan membuat tubuh serasa segar. Berjalan kaki juga membantu melatih otot kerja jantung, kaki dan melancarkan peredaran darah. Tak hanya berjalan kaki di pagi hari, agendakan sesekali melakukan perjalana  wisata ke daerah pegunungan, karena selain berjalan-jalan juga bisa menyegarkan kembali pikiran Anda.

Memanjakan Tubuh

Photo by: sumsel.tribunnews.com

Sebelum menyambut liburan keesokan harinya buatlah agar tubuh serileks mungkin sebelum tidur. Caranya dengan berendam air hangat. Siapkan air hangat di bathup dan tambahkan sedikit garam dan busa. Nyalakan aroma terapi untuk membantu membuat tubuh dan pikiran rileks. Tubuh yang rileks akan membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas sehingga bisa lebih bersemangat saat bangun di pagi harinya.

Di pagi hari lakukan juga perawatan tubuh seperti facial wajah, luluran, dan manicure dan padicure yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika Anda ingin merilekskan otot-otot tubuh Anda bisa menikmati layanan pijak refleksi atau spa di salon langganan. Dengan cara ini semua stress akan segera mencair.

Menikmati Waktu dengan Buku dan Minuman Lezat

Photo by: lifestyle.okezone.com

Daripada Anda menonton film seharian akan lebih baik jika Anda membaca buku sebagai agenda me-time. Membaca adalah cara yang baik untuk bersantai. Anda bisa melarikan diri dari tekanan hidup sambil menambah pengetahuan dan wawasan dengan membaca.

Segelas teh atau anggur/wine bisa membantu Anda mendapatkan waktu berkualitas untuk diri sendiri. Setelah semua agenda Me Time selesai dilakukan duduklah di tempat terbaik seperti di sofa kesayangan atau di sebuah cafe untuk menikmati minuman favorit Anda.

Jangan Mengeluh, Tenang dan Teratur

Photo by: style.tribunnews.com

Saat Anda mulai menikmati diri sendiri di waktu luang, hindari sesuatu yang membuat Anda mengeluh. Jangan memberikan kometar negatif kepada hal-hal yang tidak Anda suka di sekeliling Anda. Hal ini jelas akan menguras energi Anda, membuat mood menjadi buruk dan stress pun meningkat.

Tak hanya itu, daftar agenda me-time sebaiknya dilakukan secara teratur dan tidak terburu-buru. Jangan sampai Anda dipusingka dengan agenda yang sudah dibuat, yang terpenting adalah nikmati waktu Anda. Percaya atau tidak, sangat penting untuk sesekali menikmati me-time  ini di waktu luang Anda. mereka yang memiliki me-time paling berkualitas, lebih seimbang kehidupan dan pekerjaanya, lebih sejahtera hidupnya dan lebih baik dalam pekerjaannya.