Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan bari para pecinta alam. Banyak ungkapan bahwa dengan mendadi mereka dapat menikmati keindahan alam dengan lebih dekat. Banyak dari pendaki yang ketika berada di puncak gunung mengabadikan indahnya pemandangan yang mereka dapatkan. Mendaki sendiri sekarang sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para wanita yang mempunyai hoby travelling.

Photo by: @ria_nreiya

Dengan jalur pendakian yang pasti berat dan jarak tempuh untuk mencapai puncak gunung sangat jauh, maka para wanita pendaki ini dapat dikatakan wanita super keren guys. Wanita-wanita ini dapat melewati berbagai rintangan dalam pendakian, mulai dari rasa lelah, badan yang penuh keringat, susahnya buang air kecil atau besar, kepanasan, kedinginan dan masih banyak hal lainnya. Para wanita pendaki ini tidak kalah hebat dengan para laki-laki ketika membawa tas gunung / carrier yang tentunya mempunyai beban yang sangat berat. Diluar dari kuatnya para pendaki wanita ini mereka banyak yang belum mengetahui bahaya yang akan muncul jika terlalu sering membawa beban berat. Bahaya tersebut adalah scoliosis, kondisi diamana melengkungnya tulang belakang ke arah samping dengan tidak normal.

Berikut beberapa fakta yang kulibur.com dapatkan dari berbagai sumber tantang scolosis:

  1. Scoliosis lebih sering di derita oleh perempuan dari pada laki-laki
  2. Akibat yang ditimbulkan dari scoliosis adalah rasa nyeri pada tulang punggung, kebanyakan akan dirasakan ketika sudah berusia lanjut.
  3. Resiko pada kerusakan saraf, karena terjadinya penekanan bantalan tulang punggung dan menyebabkan penyempitan ruas.
  4. Jika wanita terlalu sering membawa beban dengan melebihi 10% dari berat badan maka akan beresiko prolapse pada Rahim. Yaitu suatu kondisi Rahim turun dan keluar dari laing vagina.
  5. Akan mengganggu saat proses kehamilan, karena posisi tulang punggung akan memengaruhi Rahim
  6. anak yang masih berada dalam kandungan dan kekurangan kalsium maka dia akan mengambil cadangan kalsium dari tulang punggung ibunya.

Dari beberapa informasi tersebut maka untuk para wanita yang mempunyai hoby mendaki gunung harus mempertimbangkan tentang keselamatannya. Perbanyak belajar tentang management perjalanan yang benar. Sehingga dapat mempioritaskan bawaan yang lebih efektif

  • 2
    Shares