jogja sebagai daerah yang istimewa ini memang tak henti-hentinya bermunculan berbagai destinasi-destinasi wisata langsung menarik perhatian. Setelah sebelumnya heboh di media sosial tentang bukit Teletubbies, kali ini hits lagi sebuah destinasi wisata berupa bendungan dan jembatan yang bernama Bendungan Kamijoro. Bendungan yang berada di pinggir sungai progo ini mempunyai spot-spot untuk berfoto yang memang instagramable banget. Ingin tau lebih lengkap dengan bendungan ini? simak uraian yang kulibur berikan:

Lokasi Bendungan kamijoro

Lokasi dari Bendungan Kamijoro ini berada di Kecamatan Pajangan, Bantul. Bendungan yang sekaligus menjadi perbatasan antara wilayah bantul dan kulonprogo dengan sungai progo yang panjang ini selesai dibangun tahun 2018 dan kini menjadi sebuah wisata yang diburu oleh para warga jogja dan sekitarnya.

Yang kalian bisa nikmati

Photo by: @dinisaogawa

Sudah taukah kalian jika tempat ini sebelumnya mempunyai sebuah peninggalan era kolonial berupa Dam yang sering disebut Dam Ngantru Kamijoro. Untuk mempercepat jadinya destinasi wisata Bendungan Kamijoro ini maka pembangunan bendungan dibarengi dengan pembangungan taman  dan jembatan yang menjadi jalan penghubung. Taman yang dibangun dilengkapi dengan playground dan dome sehingga para pengunjung dapat menggunakannya untuk berfoto-foto.

Tujuan utama dibangunnya Bendungan ini

Photo by: youtube.com

Bendungan yang dikerjakan oleh Kementrian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak ini mudai dikerjakan pada tahun 2016 dan selesai pada tahun 2018 lalu. Dibangunnya bendungan ini sebenarnya diperuntukan untuk mengairi sawah seluas 2.370 hektar yang berada di wilayah Kabupaten Bantul. Bendungan ini juga difungsikan untuk menyediakan prasarana pengambilan air kea rah wilayah Kulon Progo sebesar 500 liter/detinya. Meskipun tujuan utama dibangunnya bendungan ini bukan untuk sebuah destinasi wisata namun, dengan adanya tambahan-tambahan spot foto yang menarik dan hiasan taman yang menggoda pandangan mata maka tidak dapat dipungkiri jika tempat ini sekarang masuk kedalam destinasi yang Hits dan diburu para pecinta traveller. Jadi untuk kalian yang berkunjung ke jogja, sempatkan diri untuk mempir.

  • 10
    Shares