MotoGP aka nada di Indonesia! wow tentu ini akan jadi daya tarik yang baik agar makin banyak yang berkunjung ke Indonesia. lokasi yang akan digunakan yaitu di Mandalika Lombok. Keren kan, Lombok yang sudah kaya akan destinasi wisatanya ditambah lagi dengan dibangunnya sirkuit MotoGP yang dipastikan akan meningkatkan pengunjung yang berdatangan, para penikmat MotoGP nantinya akan mendapatkan keuntungan seperti menonton pertarungan balap kelas dunia dan kemudian menikmati indahnya destinasi-destinasi wisata yang ada. 

Tentang Sirkuit MotoGP

Sirkuit MotoGP di Mandalika sediri akan mulai dikerjakan pada bulan oktober tahun  2019 ini dengan panjang 4,3 Kilometer. Banyak pihak yang mengharapkan agar proyek pembuatan sirkuit ini jadi sebelum 2021 sehingga dapat digunakan sesuai jadwal yang di agendakan untuk MotoGP sendiri. Jika nantinya sirkuit yang mempunyai konsep street circuit ini digunakan, maka akan jadi sirkuit jalanan pertama yang digunakan untuk balap motor paling bergengsi di dunia ini.

Faktor yang harus dipertimbangkan

Photo by: raddit.com

Banyak faktor yang harus dipikir ketika rencana ini direalisasikan, mulai dari dampak negative yang ditimbukan terhadap lingkungan, kemudian faktor keamanan dan keselamatan yang sesuai dengan standar-standar dari MotoGP untuk penyelenggaraan kompetisi balap paling bergengsi tingkat dunia ini. beberapa hal yang harus ditaati adalah lebar trek lintasan minimal 12 meter dengan panjang lintasan 4,2 Kilometer hingga 4,5 kilometer dan mempunyai minimal 10 tikungan yang sudah ditentukan karakteristik. Pada sirkuit harus terdapat kerb atau gundukan gerigi yang diberi tanda dengan cat warna warni dan gravel atau hamparan pasir dengan batuan kecil. Kedua hal ini sangat diperlukan dalam sebuah sirkuit karena memberi keselamatan bagi para pembalap yang sedang bertanding. Kurb sendiri berfungsi mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line jika motor yang digunakan pembalap terlalu keluar dari trek akibat kecepatan, sedangkan gravel berfungsi sebagai penahan kecepatan saat seorang pembalap keluar dari lintasan agar tidak menghantam pembatas sirkuit

  • 2
    Shares