Membahas soal Nusakambangan maka yang muncul dalam pikiran adalah sebuah tempat dimana para narapidana ditahan. Tak habis disitu tempat ini mempunyai kesan yang menakutkan, berbagai kisah bahkan pernah dibuatkan film sehingga mempertajam pandangan orang bahwa nusakambangan merupakan sebuah lokasi yang tidak pantas untuk dikunjungi. Tetapi keluar dari hal tersebut ternyata pulau nusakambangan ini mempunyai beberapa destinasi wisata yang menakjubkan dan tidak belum banyak diketahui oleh para traveller. Berikut beberapa destinasi wisata yang berada di area pulau nusakambangan

Pantai Permisan

Photo by: travelingyuk.com

Pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Nusakambangan ini merupakan sebuah destinasi yag masih alami dengan pasir yang bergradasi antara pasir putih dan hitam. Pantai ini mempunyai ombak yang besar karena berada di jajaran pantai selatan sehingga tidak disarankan jika para traveller bermain hingga menjauh bibir pantai. Di Pantai ini juga terdapat Pisau Komando yang tertancap di batu karang, hal tersebut karena tempat ini sering digunakan untuk latihan komando.

Pantai Karangpandan

Photo by: backpakerjakarta.com

Meskipun tidak jauh dari Pantai Pemisan, tetapi keindahan Pantai Karangpandan akan jauh berbeda, mkarena pasir yang ada di Karangpandan berwarna putih dan lembut. Para traveller dapat menuju tempat ini dari nusakambangan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, untuk kalian yang menginkan waktu lebih cepat untuk menuju karangpandan maka dapat menggunakan jasa antar jemput yang ditawarkan oleh warga lokal di pulai ini.

Benteng Pendem

Photo by: id.wikipedia,org

Bentang yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1879 ini mempunyai sejarah yang cukup besar pada masa penjajahan. Benteng inilah yang digunakan oleh Belanda sebagai pertahanan terhadap musuh-musuh yang menyerang. Meskipun sekarang benteng ini terlihat sangat kokoh dan gagah, tetapi beberapa waktu lalu benteng ini sempat terbengkalai dan tertimbun pasir pantai.

Benteng karang Bolong

Photo by: medcom.id

Benteng yang masih berada di dekat Pantai Karang Pandan ini adalah peninggalan bangsa portugis. Dengan luas 6000 meter persegi menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang asik untuk dijelajahi. Keindahan yang alami akan lebih terasa ketika kita mengeksplorenya, hal tersebut karena lokasi yang berada dibalik hutan dan tembok-tembok yang sudah ditanami oleh tanaman liar beserta akarnya.