Hello pecinta kuliner, tentunya kalian sudah biasa menyantap makanan dengan berbagai menu secara bersamaan. Dengan banyaknya makanan yang tersedia maka secara tidak langsung akan meningkatkan selera makan kalian. Tetapi ada jangan sembarang mengkonsumsinya ya, karena ada beberapa makanan yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara bersamaan.

Efek buruk yang dirberikan ketika kalian salah mengkonsumsi makanan secara bersamaan tersebut dapat dirasakan dalam waktu lama, tetapi tidak sedikit yang merasakannya dalam waktu dekat. Berikut informasi yang kulibur.com rangkum tentang makanan yang mempunyai efek buruk ketika dimakan secara bersamaan.

Produk Kedelai & Bayam

Sayur bayam yang dimakan dengan lauk tahu atau tempe merupakan salah satu menu favorit bagi sebagian besar orang, tapi dibalik kenikmatan tersebut ada efek negative yang diakibatkan dari mengkonsumsi kedelai dan bayam secara bersamaan. Penyumbatan di perut akan terjadi karena terjadi penyerapan kalsium yang tidak sempurna, penyumbatan tersebut besasal dari asam oksolat yang dikandung pada bayam kemudian berekasi dengan kalsium yang dikandung oleh kedelai. Pertemuan keduanya mengakibatkan terbentuknya endapan yang tidak dapat larut atau sering disebut kalsium oksalat.

Daging Kambing & Semangka

Daging kambing dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner yang tentunya paling banyak para pecinta kuliner yang menyukai menunya, tidak jarang kita menjumpai pecinta kuliner yang memadukan olahan daging kambing dan semangka sebagai pelengkap atau pencuci mulut. Kelihatannya segar tapi justru akan berbahaya, hal tersebut karena buah semangka termasuk kategori makanan dingin dan daging kambing termasuk kategori makanan panas, sehingga ketika dikonsumsi secara bersamaan akan menurunkan gizi secara drastis dari hasil mengkonsumsi saging kambing. Efek lebih berat dirasakan bagi penderita asthenia limpa yang akan mengganggu organ tubuh bagian limpa dan lambung

Kepiting & Teh

Penggemar kuliner Seafood pasti suka banget nih sama yang namanya kepiting, meskipun banyak yang bilang makan kepiting itu ribet gak praktis tapi itulah yang menambah sensasi nikmatnya. Mereka yang sudah ketagihan dengan kuliner kepiting tidak menghiraukan tentang harga yang di bandrol oleh kuliner ini. hal yang perlu diperhatikan para pecinta kuliner kepiting ini adalah minuman yang dikonsumsi setelah makan kepiting. Hal yang perlu dihindari adalah meminum teh setelah makan kepiting, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumsi kepiting maka cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini dapat mengganggu asimilasi dan dapat mengurangi kemampuan lambung dalam proses pensterilan.

Udang & Vitamin C

Habis makan udang trus lanjut minum air jeruk tentunya kebanyang kan segernya kayak apa? Tapi apa kalian tau kalau kombinasi dari keduanya dapat menimbulkan racun yang berbahaya bahkan beresiko kematian. Udang sendiri mengandung Arsenic Pentoxide (As205) dan jika bertemu dengan sesuatu yang mempunyai kandungan vitamin C dapat menyebabkan reaksi kimia di dalam perut yang mengubah AS305 menjadi Arsenic Trioxide (As203) yang beracun. Resiko yang diakibatkan adalah merusak hati, jantung, ginjal pembuluh darah.

  • 2
    Shares