Kepulauan derawan ini berada di pesisir Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada banyak pulau-pulau indah seperti Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban yang mengelilingi pulau derawan tersebut . kepulaian derawan ini memberikan keindahan mulai dari darat hingga lautnya. Mulai dari pesisir pantai yang dihiasi dengan pasir putih, kemudian habitat bawah laut seperti lumba-lumba, kura-kura, ikan pari dan biota laut lainnya yang menjadikan pulau ini menjadi tujuan untuk melakukan snorkeling atau diving oleh para wisatawan yang berkunjung.

Keindahan pulau derawan

Photo by: tribunnews.com

Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Laut (KKL). Meskipun baru dikembangkan untuk menjadi suatu objek wisata, tapi untuk kalian yang menyukai wisata bahari wajib mengagendakan untuk berkunjung ke destinasi ini. terumbu karang yang sudah sangat terkenal indahnyapun dapat dinikmati pada jarak 100 meter dari bibir pantai, airnya yang sangat jernih menjadikan para penghoby snorkeling dan diving lebih mudah melihat sekitar 870 jenis ikan yang berkeliaran di terumbu karang, mulai dari kuda laut pygmy yang sangat kecil hingga ikan pari manta raksasa dapat dijumpai di Pulau Derawan ini.

Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa pulau yang berada di sekitar Pulau derawan yang tentunya mempunyai keunikan-keuinkan tersendiri. Beragam kekayaan yang berada di Pulau Derawan dan pulau-pulau di sekitarnya menjadikan tempat ini sangat terkenal sampai ke mancanegara dan hebatnya lagi Pulau Derawan mendapat peringkat ketiga sebagai tempat untuk tujuan menyelam yang bertaraf internasional.

Untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu di pulau ini jangan khawatir karena sudah banyak fasilitas seperti cottage, persewaan peralatan menyelam, speedboat dan restoran yang dapat kalian kuncungi selama berwisata di Pulau Derawan.

Untuk mengunjungi pulau ini cukup mudah kalian dapat melakukan penerbangan dengan tujuan Balikpapan, kemudian dari Balikpapan melanjutkan ke Tanjung Redep menggunakan pesawat Das, Derata atau Kal Star yang merupakan pesawat penerbangan ke Tanjung Redep. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa motorboat ke Pulau Derawan. Selain menggunakan jalur udara kalian dapat menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal dari samarinda atau tarakan.

  • 6
    Shares