Berencana mengunjungi Thailand untuk yang pertama kali? Mungkin timbul kekuatiran. Ada  berbagai faktor yang  menimbulkan  rasa khawatir. Contohnya perbedaan budaya, makanan, bahasa  hingga kekuatiran kelancaran perjalanan  liburan. Nah, khusus untuk yang berencana pergi berwisata ke Thailand pertama kalinya, simak tips dan panduan berikut.

Berpakaian

Katika melakukan perjalanan wisata ke Thailand, ada satu atau dua kuil yang ditemui. Sebagai  tempat  beribadah, kenakanlah busana yang sopan sebagai tanda menghormati  tempat  ibadah dan kebudayaan orang lain. Hindari memakai  celana atau rok pendek. Hindari mengenakan atasan tanpa lengan atau potongan leher terlalu rendah.

Membalas Salam

Ketika bertemu  masyarakat Thailand,  biasanya disapa salam hangat. Salam ini disebut “wai”, yaitu bahasa tubuh sedikit menundukkan kepala sambil mengatupkan telapak tangan di depan dada. Balaslah dengan  cara  yang sama. Jika ingin menyapa biksu ketika  berada di kuil, bungkukan badan dan tundukkan kepala. Terakhir, katupkan kedua telapak tangan di depan dada. Dengan  cara  inilah,  akan diterima dengan  baik .

Menggunakan Taksi atau Tuk Tuk

Taksi dan Tuk Tuk menjadi alat transportasi yang sering dijumpai di Thailand. Demi kenyamanan, gunakan taksi dengan  argometer. Bila terpaksa menggunakan taksi tanpa argometer, lakukan tawar menawar harga di awal. Pastikan terjadi kesepakatan sebelum naik.  Sebab jika tidak, mungkin akan dikenakan harga yang lebih tinggi dari harga normal.

Tuk Tuk merupakan alat transportasi khas Thailand yang bentuknya mirip bajaj. Lakukan kesepakatan harga awal supaya diketahui pasti tarif umum. Bisa ditanyakan ke penduduk Thailand mengenai ongkos Tuk Tuk.

Berbelanja di Pasar

Tentu ingin mendapatkan barang-barang yang murah ketika berada di Thailand.  Tidak hanya untuk koleksi pribadi, namun sebagai oleh-oleh. Bila ingin mendapat  harga murah, berbelanjalah di pasar. Jangan lupa lakukan penawaran harga. Pasar yang dapat dikunjungi, yaitu bazar malam Chiang Mai dan pasar akhir  minggu Chatuchak di Bangkok. Selain itu, masih ada pula pasar terapung Tha Kha yang berada di dekat Samut Songkhram.

Belajar Bahasa

Sebelum pergi berwisata ke Thailand, ada baiknya belajar sedikit Bahasa Thailand. Sebagai salah satu negara tujuan wisata, sebagian besar orang-orang Thailand memahami Bahasa Inggris. Ketika berada di jalanan tidak  ada salahnya bila menyapa menggunakan  Bahasa Thailand. Kata-kata dalam Bahasa Thailand yang perlu dipelajari antara lain ucapan terimakasih, mengucapkan salam ketika berjumpa, dan ungkapan-ungkapan sejenis lainnya.