Dataran tinggi Dieng memang surganya wisata. Artikel ini membahas tempat wisata yang tidak kalah populer di dataran tinggi Dieng. Inilah Wisata Gardu Pandang Tieng, tempat menarik saat berwisata di Dieng.

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Photo by: @ratno_palasska

Terletak di desa Tieng 3 kilometer dari Dieng, Kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo. Sebuah wahana tamasya yang dibangun untuk melihat pemandangan. Bila diperhatikan dari tempat ini, panorama luar biasa tampak menonjol. Dari arah timur akan terlihat dengan jelas sebuah perbukitan yang diselimuti oleh kabut tipis.

Kawasan Gardu pandang Tieng juga menjadi rest area favorit para wisatawan. Sebab, bisa istirahat sembari melihat pemandangan yang menawan memang jadi unggulan sendiri. Gunung sindoro tampak jelas melalui gardu pandang disini. Kadang, puncak Gunung Sindoro bahkan hanya tertutup awan tipis.

Saksikan Golden sunrise di Gardu Pandang Tieng

Photo by: destinasiku.com

Terletak di ketinggian 1789 meter diatas permukaan laut (Mdpl), menciptakan tempat yang pas untuk menikmati terbitnya matahari. Bisa juga menjadi tempat pilihan untuk menyaksikan Golden sunrise bila tidak sempat ke Bukit Sikunir. Letak gardu ini berada di desa Tieng.

Tiap pagi, selalu ada wisatawan yang menghabiskan waktu di gardu ini. Hanya untuk menikmati keindahan di sekitar daratan tinggi Dieng ini. Di sebelah selatan, melihat dengan jelas Gunung Sindoro yang menjulang tinggi.

Kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng

Ketika melihat ke bawah, terlihat padatnya rumah rumah di sekitar gardu yang terlihat rapat. Serta guyub rukun antar sesama masyarakatnya. Jangan terburu untuk turun. Sebab, ketika matahari mulai meninggi, terlihat para petani di daratan tinggi Dieng pergi ke sawah.

Dataran tinggi Dieng dikenal sebagai penghasil sayuran dan buah-buahan terbaik di Indonesia. Sehingga, Wisata Gardu Pandang Tieng sering dijadikan tempat menyambut  tamu-tamu besar di Kabupaten Wonosobo. Selain itu, tamu dari Kabupaten Banjarnegara kerap juga ingin menikmati keindahan pemandangan alam di Dieng.

Menuju dataran tinggi dieng, pastinya menemukan panorama menawan yang tidak bisa dilewatkan. Pemandangan Gardu Pandang Tieng di ketinggian 1700 mdpl. Pemandangan spektakuler dipagi hari bisa menyaksikan fenomena sunrise.