Nama Bukit Sidengkeng Dieng cukup dikenal oleh banyak traveller sebagai tempat strategis dan unggulan untuk melihat pemandangan Dataran Tinggi Dieng. Kawasan wisata Bukit Sidengkeng juga dikenal dengan nama Wana Wisata petak 9. Nama Petak 9 diberikan oleh Dinas Perhutani Jawa Tengah yang memang memberikan nama “petak” untuk setiap objek wisata Dieng. Seperti halnya Petak 8 untuk Gunung Prau dan Petak 10 untuk Bukit Sikunir.

Informasi Umum Seputar Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng Petak 9 termasuk dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Telaga Warna Dieng. Bukit ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapainya tidak perlu bersusah payah sebab medan jalurnya cukup ringan. Trek masuk untuk mencapainya juga sangat gampang karena dekat dengan tempat parkir kendaraan.

Jarak dari gerbang Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng ke puncak hanya sekitar 200 meter. Bisa ditempuh dengan 15 menit perjalanan mendaki. Tidak akan terlalu menguras energi. Lagipula bila kelelahan bisa bersantai di rumah pohon yang terdapat di atas bukit sambil menikmati alam.

Bukit Sidengkeng yang Makin Terkenal

Gaung seputar keindahan Bukit Sidengkeng Petak 9 mulai terdengar di mana-mana yang membuat objek wisata Dieng ini banyak pengunjung. Bagaimana tidak? Dari Bukit Sidengkeng Anda bisa menyaksikan indahnya anskap Dataran Tinggi Dieng. Selain itu dikelilingi pula dengan perbukitan hijau dan gunung-gunung tinggi menjulang berhias kabut tipis.

Yang lebih mempesona lagi, dari atas Bukit Sidengkeng Petak 9 ini Anda akan terpukau oleh eloknya Telaga Warna. Sehingga, tercipta gradasi warna unik bersandingan dengan Telaga Pengilon yang bening menyerupai cermin. Kedua telaga ini semakin menawan dengan latar belakang perbukitan hijau dan gunung-gunung tinggi menjulang.

Berbagai gunung tersebut diantaranya Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu berselimut kamut Dataran Tinggi Dieng. Apalagi ketika fajar datang, semburat jingga sunrise gunung Dieng akan berpadu mewujudkan pemandangan mempesona. View yang benar-benar diburu para penikmat alam dan pecinta fotografi. Demikian informasi umum dan cara menuju Bukit Sidengkeng. Jadi, tunggu apalagi. Ayo ajak sahabat, pasangan, keluarga, atau kolega ke Bukit Sidengkeng Petak 9! Segera nikmati keindahannya!