Kali ini kulibur akan bahas seputar wisata kuliner yang ada di jogja. Di kota ini selain tempat wisata dan budaya, jogja juga mempunyai beragam kuliner legendaris yang menjadikan daya tarik tersendiri. Tidak sedikit tempat-tempat kuliner tersebut sudah berumur puluhan tahun.  Berikut ada beberapa reverensi yang kulibur berikan untuk kalian para pecinta kuliner:

Gudeg Mbah Lindu

Photo by: @dian_irfandi

Gudeg sendiri sudah mejadi bagian dari jogja, sehingga sangat mudah ditumakan di berbagai tempat di daerah jogja. Karena banyak yang bilang tidak lengkap jika berkunjung ke jogja tapi tidak mencicipi makanan khas ini, tempat makan Gudeg Mbah Lindu salah satu referensi yang kullibur berikan untuk para penikmat kuliner, selain dari cara pembuatan dan penyajiannya yang masih dilakukan secara tradisional tempat ini juga sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Jika kita ingin mencoba Gudeh Mbah Lindu ini kita dapat mencari di daerah sosrowijayan pada pukul 05.00 sampai 10.00 WIB, sedangkan untuk harga bervariasi mulai dari Rp. 15.000 tergantung lauk yang dipilih.

Mie ayam Tumini

Photo by: @kulinerlegendaris

Untuk para penggemar mie ayam, nih ada tempat yang kulibur referensikan, tempat tersebut adalah Mie Ayam Tumini. Tempat kuliner mie ayam ini juga sudah tergolong legendaris  karena sudah berjualan sejak tahun 90an. Oleh pemiliknya yang juga mewarisi dari pemilik sebelumnya masih mempertahankan bumbu-bumbu yang digunakan dalam meracik mie ayam ini, mulai dari pembuatan mie sampai pembuatan bumbu pada kuah dan ayam yang dilakukan sendiri. Dengan berkembangnya jaman dan makin banyaknya penjual Mie Ayam, maka tempat ini memberikan inovasi seperti porsi biasa atau jumbo dan pemesan juga dapat meminta untuk menambahkan, ceker pada porsi yang mereka pesan. Jika ingin mencoba Mie Ayam yang khas ini kalian dapat mencarinya di Jalan Imogiri Timur No 187.

Mangut Lele Mbah Marto

Photo by: @prakosomethuselah

Untuk kalian yang suka makanan dengan kuah santan maka kuliner Mangut Lele Mbah Marto ini harus dicoba. Tempat makan yang sudah berdiri sejak kemerdekaan Negara ini merupakan tempat yang selalu diserbu para pecinta kuliner mangut, kebayangkan enaknya kayak apa kalau ikan lele dimasak asap kemudian diolah lagi dengan ditambah kuah santan. Alamat tempat makan mangut lele mbah marto ini di Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul. Keunikan yang diberikan warung Mbah Marto ini adalah para pembeli diperbolehkan masuk untuk melihat proses pembuatannya, selesai melihat proses pembuatan pengunjung dapat langsung mengambil nasi dan lauk yang dipesannya secara langsung.

Bakmi Mbah Mo

Photo by: @estee.yuliarti

Kuliner yang satu ini cocok banget disantap dimalam hari, apalagi pas udara dingin. Warung Bakmi Mbah mo ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner di jogja, selain cita rasanya yang enak, teryara tempat makan ini sudah tergolong legendaris karena sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Kita dapat menikmati Bakmin Mbah Mo ini mulai dari pukul 17.00 sampai 23.00. untuk mempertahankan cita rasanya maka bakmi yang dipesan dimasak per porsi dan menggunakan tungku berisi bara arang sehingga menimbulkan aroma khas tersendiri.

Angkringan Lik Man

Photo by :@sbykulinerinfo

Tempat kuliner kali ini paling banyak di minati oleh para remaja, selain karna harga yang murah angkringan  juga menyediakan menu yang bervariasi sehingga para pengunjung yang membeli tidak mudah bosan dengan pilihan menu-menu yang disediakan. Dari banyaknya angkringan yang ada dijogja , terdapat satu tempat angkringan populer yang bernama Angkringan Lik Man yang beralamat di Jalan Wongsodirjan, Gedongtengen, Sosromenduran. Angkringan ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan dapat dibilang angkringan pertama yang ada di jogja. Kopi jos merupakan menu andalan ditempat ini, dan ketika menikmati panasnya kopi yang dicampur dengan arang yang membara pengunjung dapat menikmati berbagai menu lainnya seperti, sate usus, sate telur puyih, kepala ayam atau ceker ayam yang dimasak dengan cara di bacem, atau berbagai pilihan gorengan.

House Of Raminten

Photo by: @houseoframinten

Satu tempat tapi komplit, inilah kalimat yang tepat untuk tempat makan yang bernama House Of Raminten. Ditempat ini berbagai makanan khas Jawa disediakan jadi para wisatawan yang berkunjung ke jogja tidak perlu bingung-bingung mencari tempat makan jika ingin menikmati kuliner khas Jawa. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati lantunan musik-musik jawa sambil menyantap aneka menu kuliner yang dipesan. House Of Raminten belamat di Jalan FM Noto No 7, Kotabaru dan Jalan Kaliurang KM 5,5. kedua tempat tersebut buka 24 jam, jadi kapan aja ada waktu luang bisa langsung datang