Photo by: anekatempatwisata.com

Untuk wilayah Indonesia bagian timur pulau Sulawesi termasuk pulau besar dan tentunya akan banyak destinasi wisata yang dimiliki dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tetapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang hanya mengetahui Pantai Losari di Sulawesi Selatan atau Pantai Bunaken di Sulawesi Utara sebagai destinasi wisata dari Pulau Sulawesi tersebut. Tetapi siapa yang pernah menyangka jika Sulawesi Tengah juga menyimpan sejuta potensi wisata yang tak kalah menarik, bahkan tempat ini sudah lebih dikenal oleh para traveler-traveler dari manca Negara.

Keindahan Pulau Kadidiri

Tempat itu bernama Pulau Kadidiri, pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat bersih dengan biota lautnya yang berjumlah lebih dari 200 macam sehingga menjadikan daya tarik bagi para wisatwan asing. Pulau ini disebut juga sebagai pulau perawan oleh para wisatawan yang berkinjung, hal tersebut  karena keindahan yang dimiliki Pantai Kadidiri ini masih tersembunyi. Wisatawan asing lebih dominan yang berkunjung dari pada wisatawan domestik. Bahkan kita dapat menjumpai penduduk yang tinggal di pulau ini selama belasan tahun yang awalnya adalah seorang wisatawan yang berkunjung dan kemudian merasa jatuh cinta dengan keindahannya.

Para wisatawan yang akan berlibur di Pulau Kadidiri harus mempunyai perencanaan yang matang, baik segi financial ataupun akomodasi yang digunakan sebagai pelengkap ketika berada di Pulau Kadidiri ini.

Lokasi Pulau Kadidiri

Lokasi pulau ini tergolong cukup jauh dari kota besar, sehingga diperlukan waktu yang lumayan lama untuk bisa menginjakkan kaki di pulau ini. Adapun rute yang harus dilalui agar wisatawan sampai di sini adalah dengan menggunakan perahu melalui dermaga Ampana yang merupakan ibu kota dari kabupaten Tojo Una Una menuju ke pulau Wakai dengan waktu tempuh 3 sampai 6 jam perjalanan laut. Setelah sampai di Pulau Wakai kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Kadidiri dengan waktu tempuh 30 sampai 1 jam perjalanan. Alternative lain dapat dipilih dengan menggunakan kapal feri dengan tujuan Gorontalo, kemudian transit di Pulau Wakai yang dapat dengan waktu perjalanan selama  8 jam. Perjalan selanjutnya untuk menuju Pulau Kadidiri dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama 1 jam perjalanan. Transportasi di alternatife kedua tersebut hanya dapat dilakukan pada hari Rabu saja karena jadwal penyebrangan yang dilakukan Kapal Feri untuk ke kota gorontalo hanya tersedia satu kali dalam satu minggu.

Daya tarik Pulau Kadidiri

Ketika para wisatawan sudah mendekati Pulau Kadidiri maka pemandangan yang terlihat akan begitu indah, bagaikan sambutan mulai daun-daun pepohonan khas pesisir yang melambai bagaiakan sebuah isyarat selamat datang, ombak-ombak dan pasir putih yang berbaris dengan rapi bagai isyarat yang mengatakan silahkan masuk. Karena kealamian yang dimiliki oleh pulau ini, maka para wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan keindahan terumbu karang, ikan yang beraneka ragam, penyu dan beberapa biota laut lainnya hanya dengan mata telanjang dan tanpa menyelam.

Kejernihan air bagai Kristal yang dimiliki oleh Pulau Kadidiri ini menjadikan pulau ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi favorit bagi wisatawan yang akan melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Hal tersebut juga karena ditunjang oleh banyaknya spot spot menarik yang ada dibawah laut. Puing pesawat B24 yang merupakan pesawat Perang Dunia ke II merupakan spot diving paling favorit karena pada puing tersebut menjadi tempat tinggal beragam terumbu karang yang usianya sudah puluhan tahun. Untuk di kunjungi dan untuk menuju tempat ini para wisatawan harus menggunakan speedboat kea rah timur laut sejauh 16 km.

Spot memancing

Bagi pengunjungan yang mempunyai hoby memancing maka dapat melakukan kegiatan tersebut ditempat paling favorit yaitu daerah Kundurang, daerah ini dianggap tempat paling terbaik untuk mendapatkan ikan laut, sembari memancing wisatawan dapat menikmati pemandangan indah batu karang yang dapat dilihat dari atas air. Sedangkan Untuk wisatawan yang ingin lebih mengetahui keindahan pulau ini, maka trekking merupakan pilihan terbaik, dengan trekking menjelajahi hutan maka wisatwan akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup. Beragam tumbuhan akan kita temui di hutan tropis ini, sehingga akan memberikan kesan yang sangat luar biasa.

Penginapan di Pulau Kadidiri

Setelah lelah dengan kegiatan yang dilakukan di Pulau Kadidiri ini maka selanjutnya tempat istrahatlah yang menjadi tujuan terakhir. tapi tenang, wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir soal penginapan, karena di pulau ini sudah banyak penginapan dan cottage yang sangat bagus untuk disewakan kepada para pengunjung, semua. Harga yang ditawarkanpun beragam sesuai dengan type dan fasilitas yang diberikan. Soal harga jangan khawatir karna rata-rata penginapan dan cottage ditawarkan mulai dari harga Rp. 200.000. Dengan artikel yang kulibur berikan ini tentunya menambah antusias kalian untuk segera berkunjung ke Pulau Kadidiri ini, tetapi sebelum menuju pulau ini wisatawan harus menghubungi penginapan atau cottage yang ada, hal tersebut untuk mengantisipasi agar wisatawann kehabisan tempat menginap kecuali untuk para wisatawan yang memang mempunyai niat untuk menjadi backpacker.