Photo by: idntimes.com

Kali ini team kulibur.com akan membahas tentang kuliner yang extrim nih, mulai dari olahan daging babi, anjing, ular, tikus, kucing, kelelawar, biawak, keong dan berbagai hewan lainnya. kalian penasaran dimana tempatnya? Yuk langsung aja kita bahas, Propinsi Manado Sulawesi Utara namanya, daerah yang terkenal dengan keindahan lautnya ini ternyata mempunyai tempat yang extrim, tempat tersebut namanya Pasar Beriman, karna di Indonesia hanya ada satu daerah yang menyediakan pasar dengan dagangan yang menjual beberapa hewan extrim. Maka tidak heran jika nama pasar ini sangat populer dan terkenal sampai ke seluruh penjuru nusantara atau bahkan sampai ke manca Negara. Di dalam pasar ini kita dapat menjupai para pedagang mulai dari ikan laut, ikan air tawar, daging babi, daging anjing, daging ular, daging kelelawar, daging tikus dan beberapa hewan lainnya. “team kulibur tidak merekomendasikan untuk kalangan muslim ya”.

Berikut Adalah kuliner extrim yang akan dijumpai ketika berada di Manado:

Daging Anjing, Kucing dan Ular

Ketika mengetahui kuliner yang biasa disantap oleh warga di Tanang Minahasa Sulawesi Utara kalian pasti akan merasa keheranan dengan beranggapan yang berbagai macam. Anjing, Kucing, Ular, Tikur, Biawak, Kelelawar dan beberapa hewan lainnya sudah merupakan menu kuliner yang tidak asing lagi untuk mereka lahap. Di Propinsi Sulawesi Utara ini terdapat 2 tempat yang menjual berbagai macam hewan-hewan estrem tersebut, pertama di Pasar Tradisonal Tomohon dan Pasar Langowan.

Sate Kolombi

Sate Kolombi adalah sate dari Keong Emas, kebayang kan kenyalnya kayak apa klo keong emas itu. jika kalian penggila kuliner extrim tentunya memakan sate dari keong emas ini bukan merupakan hal aneh lagi, di Propinsi Manado ada kawasan yang menjual Kuliner Boulevard Tondano Kabupaten MInahasa yang menjual sate kolombi ini.

Lokasi Pasar Extrem

Pasar extreme yang ada di tomohon ini dapat ditempuh dengan waktu 1jam perjalanan dari Bandara Samratulagi Manado. Jangan lupa siapkan kondisi fisik ya, karna menuju Daerah Tomohon ini kita akan melewati daerah perbukitan yang jalannya berbelok-belok. Tranportasi yang digunakan dapat menggunakan bus jurusan Manado-Tomohon atau menggunakan rental mobil yang ada di berbagai tempat didekat bandara.

Ketika kita sampai di Pasar Beriman Tomohon maka kita akan disambut oleh tanta-tanta (wanita paruh bayah) yang menjual dagangan mereka  (seperti tikus bakar, atau kucing) di pinggir-pinggir jalan. Sesampai di dalam pasar baru kita dapat melihat luasnya area yang digunakan berjualan berbagai macam hewan, mereka menyediakan hewan-hewan extreme tersebut dalam keadaan hidup atau mati. Sehingga para pembeli dapat memilih hewan yang bagaimana yang mereka akan beli. Setelah sepakat dengan harga yang ditawarkan maka penjual akan memotong hewan yang dibeli. Sebagai contoh jika kita akan membeli tikus hutan, maka kita memilih terlebih dahulu di tempat yang menyediakan tikus hutan hidup sebelum dipotong. Hal tersebut juga digunakan untuk meyakinkan bahwa yang mereka jual adalah tikus hutan yang mempunyai ekor putih, bukan tikus sembarangan yang ada di got atau rumah-rumah penduduk.

Itulah tempat dan makanan yang extrim menurut kulibur.com, tentunya akan membuat geli bahkan aneh bagi yang belum terbiasa, tapi jika bagi mereka yang sudah terbiasa tentunya bukan hal yang aneh lagi. Dari info yang kulibur.com berikan diatas apa kalian akan mencobanya?