Hello guys, tentu banyak yang penasaran apa sih nasi tempong itu. nasi tempong ini adalah nasi panas yang dihidangkan dengan disiramkan sambal kacang atau sambal terasi yang cukup pedas. Kata tempong dalam bahasa osing yang mempunyai arti “tampar” sehingga saking pedasnya nasi yang dihidangkan diartikan seperti kena tampar.

Tentu bagi para penggemar kuliner dengan sensasi pedas akan mempunyai antusias yang tinggi untuk mencicipi kuliner nasi tempong ini, bahkan karena tingkat pedasnya yang luar biasa maka kuliner khas Banyuwangi ini selalu di ibaratkan oleh pecinta kuliner bahwa setelah menyantap nasi tempong maka akan mempunyai sensasi seperti ditampar. Nah untuk komposisi yang ada di menu nasi tempong adalah kumpulan dari sayur-sayur yang udah direbus seperti kenikir, bayam, daun kemangi kemudian ditambah dengan lauk tahu, bakwan jagungm tempe dan ikan jambal yang digoreng menggunakan tepung.

Nasi tempong sebelum menjadi kuliner yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner hanyalah makanan sederhana yang biasa dibawa oleh para petani untuk dijadikan bekal ketika mereka berangkat kesawah ataupun ladang. Penyajiannyapun biasanya dengan porsi yang besar dengan sayuran dan lauk kemudian dimakan bersama.

Kuliner nasi tempong ini selalu ada di setiap Festival Kuliner Banyuwangi, selain menjadi kuliner khasnya kota tersebut, nasi tempong juga banyak menjadi tema dalam perlombaan di Festival Kuliner Banyuwangi. Bahkan peserta yang mengikuti setiap perlombaan mengolah nasi tempong ini mencapai ratusan koki, yang tentunya dapat menciptakan berbagai varian baik dari tampilan, jenis sambal yang digunakan hingga tingkat pedasnya.

Sumber: beritabaik.id

Nah untuk kalian yang berkunjung ke Banyuwangi bisa nih mampir ke Warung Mbok Wah, salah satu penjual nasi tempong yang udah terkenal. Lokasinya berada di Jln. Gembrung 220, Bakulan, Glagah, Bayuwangi. Warung yang buka mulai dari jam Sembilan pagi ini selalu ramai dengan pembeli, jadi kalian harus sabar untuk mengantri ya guys, oya soal pedas sambalnya jangan diragukan deh, kalian pasti huhah. Untuk lauknya kalian dapat memilih sesuai dengan keinginan ya, soalnya di warung ini menyediakan berbagai macam pilihan mulai dari, telur pindang, paru goreng, cumi, ikan asin, ayam goreng hingga seafood kuah atau goreng lho. Wuih kebayangkan guys betapa sedapnya menyantap kuliner nasi tempong dalam keadaan panas dan pedas.