Kulibur – Sejak merebak virus corana di Negera ini, menikmati kuliner lezat di suatu restoran menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan karena rasa takut akan tertular virus corona tersebut. Bahkan tidak sedikit restoran yang menutup gerainya semenjak virus ini mucul, tetapi masih banyak juga restoran yang tetap membuka gerainya untuk mendapatkan penghasilan, hal tersebut juga tidak dapat disalahkan namun harus memperhatikan tips yang aman ketika menikmati hidangan di restoran di tengah pandemi virus corona ini. berikut tips yang disarankan oleh pakar kesehatan untuk kalian yang tetap ingin berkuliner:

1. Patikan Restoran yang Kamu Pilih Mempunyai Tindakan Preventif

Dalam situasi pandemic seperti saat ini pilihlah restoran yang mengikuti standar operasional dalam hal kebersihan. Tindakan preventif ini dilakukan untuk memperketat system kebersihan maupun keamanan yang ada di dalam restoran untuk mencegah penyebaran akibat keluar masuknya pengunjung. Hal yang paling terlihat jika sebuah restoran menerapkan tindakan preventif adalah adanya pengukuran suhu tubuh pada pengunjung dan anjuran untuk melakukan pencucian tangan sebelum benar-benar masuk kedalam restoran. Selain pada karyawan tentu pengecekan suhu tubuh sudah dilakukan lebih dulu kepada para karyawannya, hal tersebut dilakukan karena karyawan mempunyai peran penting untuk berkomunikasi secara langsung kepada para pengunjung seperti menawarkan menu, mengantarkan pesanan dan transaksi pembayaran. Selain itu pihak restoran juga memperlonggar jarak tempat duduk atau meja sehingga memberi ruang antar pengunjung.

2. Siapkan Alat Pengamanan Sendiri

Langkah yang paling baik dalam pencegahan tertularnya virus corono ialah dimulai dari diri sendiri. hal tersebut karena jika kita mengamankan diri sendiri maka secara tidak langsung lingkungan disekitar kita juga akan menjadi aman. Hal tersebut juga dapat diterapkan ketika kita akan menikmati kuliner di suatu restoran dengan membawa alat pengaman sendiri seperti tisu, masker dan hand sanitizer.

Anjuran untuk mengelap meja dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah makan juga diungkapkan oleh Dr. Robert Amler yang juga merupakan ahli kesehatan. Jadi sebelum menempati sebuah kursi atau meja sebaiknya kita mengelapnya kembali dengan tisu yang diberi sanitizer meskipun hal tersebut sudah dilakukan oleh pihak restoran tetapi tidak ada salahnya jika kita menjaga agar diri selalu aman. Bahkan Dr. Robert Amler memberikan anjuran agar kita membawa peralatan makan sendiri seperti, supit, garbu dan sendok. Kemudian ketika menuangkan saus, kecap atau penyedap tambahan agar dilapisi dengan tisu terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan karena pada botol saus, kecap dan penyedap lainnya pasti disentuh berulang kali oleh banyak orang

3. Pilih Waktu yang Tepat

Berdasarkan intruksi yang dikeluarkan pemerintah tentang larangan berkumpul dalam skala besar untuk meminimalisir penyebaran virus corona maka jika kalian tetap ingin melakukan kuliner bersama keluarga atau teman pilihlah waktu yang tepat untuk menghindari jam-jam atau akhir pekan. Seperti yang sudah disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Karena berdasarkan informasi yang diberikan jarak aman untuk melindungi diri dari penularan virus corona adalah 2 meter.

4. Hindari Restoran yang Berkonsep Prasmanan

Diketahui jika menikmati kuliner di restoran yang berkonsep prasmanan memang mempunyai sensasi yang sangat menyenangkan, selain dapat menentukan banyaknya porsi yang diinginkan kita juga dapat mencicipi semua hidangan yang tersedia. Tetapi jika berada pada situasi pandemic virus korona seperti saat ini sangat tidak disarankan untuk berkunjung ke restoran berkonsep prasmanan karena dengan berkumpulnya orang dalam restoran itu dapat menjadi penyebab tertularnya virus.

Menurut Dr. Barbara Ferrer, kepala Departemen Kesehatan Masyarakat di Los Angeles bahwa restoran dengan konsep prasmanan dapat menjadi tempat saling tertularnya virus, hal tersebut karena para pengunjung melayani dirinya sendiri dan alat yang digunakan untuk mengambil hidangan dipakai secara bergantian. Sementara virus ini dapat bertahan selama berjam-jam di suatu permukaan.

5. Hindari Berbagi Makanan/Minuman

Berbagi makanan mungkin dapat mempererat kebersamaan. Namun, kamu perlu waspada, bahwa hal tersebut bisa jadi penyebab virus corona menular dari satu orang ke banyak orang yang tergabung dalam kelompok makan bersama tersebut. Menurut ahli kesehatan, Sapkota, memilih untuk tidak berbagi makanan di tengah virus corona adalah pilihan tepat.

Saling berbagi makanan adalah salah satu cara untuk mempererat kebersamaan. Namun dalam suasana seperti sekarang perilaku tersebut sangat tidak disarankan karena hal tersebut dapat menjadi media penularan virus corona.