Di saat pandemic virus corona (Covid-19) seperti yang sedang dialami saat ini banyak informasi bermunculan jika air rebusan bawang putih diklaim dapat mencegah atau menyembuhkan orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19).

Menanggapi informasi tersebut maka kita dianjurkan untuk tidak langsung mempercayainya dan tidak “menelan” mentah-mentah sebelum mengetahui secara pasti tentang bukti ilmiahnya tentang rebusan bawang putih sebagai obat yang dapat mencegah atau menyembuhkan dari infeksi virus corona demi keselamatan bersama.  

Sumber: cianews.co,id
Sembuh Corona Dengan Bawang Putih! Mitos atau Fakta?

Sebelum kita membahas tentang kebenaran bawang putih yang di yakini dapat digunakan sebagai obat untuk membasmi virus corona (Covid-19) kita juga harus mengetahui kegunaan bawang putih dalam dunia medis.

Bawang putih sudah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit mulai dari sakit gigi, flu, pilek dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Hal ini sudah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Dalam sebuah studi yang pernah ada menunjukkan bahwa bawang putih mengandung sifat antivirus yang berfungsi untuk melawan datangnya influenza A dan B, peunomia, HIV yang disebabkan oleh virus dan rhinovirus yang disebabkan pilek.

Meskipun bawang putih dapat menjadi obat alami sebagai antivirus yang cukup baik, namun untuk kasus virus corona (Covid-19) ini harus ada studi terbaru yang dapat membuktikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum kita mengkonsumsi minuman hasil dari rebusan bawang putih sebagai pencegah ataupun obat seperti informasi yang bermunculan saat ini.

Bawang putih dapat menyembuhkan virus corona adalah mitos belaka.
Sumber: Nova.grid,id

Ternyata air rebusan bawang putih tidak dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang ditimbulkan dari virus corona (Covid-19). Hal tersebut di infokan langsung oleh oleh Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO).

Bawang putih sendiri tidak disangkal jika merupakan rempah-rempah yang dapat menyehatkan tubuh namun belum ada bukti yang dapat membenarkan dapat digunakan untuk menyembuhkan dari virus corona (Covid-19) ini.

Pencegahan yang tepat untuk melawan pandemic virus corona

Untuk mencegah beberapa informasi yang belum tentu dapat dipastikan kebenarannya dalam menangani virus ini maka alangkah baiknya kita memahani cara yang tepat dan terbukti secara ilmiah menurut WHO untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) secara efektif

1. Mencuci tangan

Cucilah tangan secara rutin dengan sabun pada air yang mengalir selama 20 detik dan pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun dan air. Hal ini dilakukan karena terbukti mencuci tangan dengan sabun yang mengandung bahan alcohol dapat membunuh virus yang menempel pada tangan.

2. Lakukan social distancing

Social distancing adalah sebuah istilah untuk menjaga jarak antara kita dengan orang lain. Jarak aman yang dianjurkan adalah 1 meter dari orang yang sedang mengalami sakit atau batuk. Hal ini dilakukan karena ketika seorang yang mengalami sakit bersin atau batuk maka cairan tubuh (droplet) akan keluar dari mulut dan tersebar diudara kemudian secara otomatis akan terhirup olah orang yang berada dekat disekitarnya

3. Hindari menyentuh mulut, hidung maupun mata

Tangan adalah indera yang selalu digunakan secara langsung untuk menyentuh suatu benda secara langsung. Maka dari itu kita harus sebisa mungkin menghindari aktivitas untuk menyentuh mulut, hidung maupun mata karena tangan merupakan bagian yang mudah terkontaminasi oleh virus.

5. Segera ke dokter jika mengalami gejala sakit

Virus corona (Covid-19) ini mempunyai berbagai macam gejala umum seperti, demam, batuk, tenggorokan sakit dan sesak napas. Jika kita mengalami gejala tersebut alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga mendapat informasi yang tepat dalam mencegah berkembangnya virus ini ke dalam tubuh

Sumber: sehatq.com