Kulibur – Kalau sering berwisata ke Yogyakarta, pasti ada, ya, rasa bosan pada destinasi wisata yang itu-itu aja? Tenang, kamu masih bisa berwisata ke Yogyakarta tanpa rasa bosan, kok. Kamu hanya perlu mengeksplorasi lebih dalam ke daerah- daerah yang ada di sekita Yogyakarta itu sendiri, loh. Contohnya, kamu bisa mengalihkan sedikit tujuan wisata ke daerah Bantul.

Bantul memang terkenal akan wisata pantai dan berbagai macam kerajinan yang terkenal hingga ke mancanegara. Tapi, salah satu kabupaten di Yogyakarta ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang intagramable dan layak untuk dikunjungi. Penasaran? Silahkan cek daftar di bawah ini.

Perengan Park

Sumber: nyero.id

Salah satu tempat wisata di Bantul yang keren abis adalah pemandangan hamparan sawah yang sangat hijau dan memanjakan mata. Memang, di kawasan Bantul akangampang sekali untuk menemukan areal persawahan yang masih hijau dan asri. Salah satu areal persawahan yang kerap dijadikan destinasi wisata adalah Perengan Park yang terletak di daerah Sanden.

Untuk mengunjungi tempat itu, pengunjung cukup hanya membayar uang sebesar 5,000 rupiah per orang. Dan setelah membayar, kamu langsung bisa berfoto sepuasnya untuk mempercantik feed instagram kamu. Tentu saja sambil merefreshing pikiran dari penatnya kehidupan kota. Caranya  dengan menikmati areal persawahan yang luas dan asri. Bahkan di sore hari, pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan matahari tenggelamnya yang spektakuler.

Persawahan Sukorame Mangunan

Sumber: iqbalkautsar.com

Masih menawarkan pemandangan persawahan yang epik. Tempat wisata di Bantul yang satu ini juga merupakan areal persawahan. Bahkan, persawahan yang bernama Sukorame Mangunan ini telah lebih dulu menjadi hits dan popular di media sosial dibandingkan dengan Perengan Park tadi.

Dengan hamparan padi yang luas dan hembatan kayu yang terletak tepat di tengah-tengah persawahan, tentu menjadi pemandangan yang indah. Berfoto di sana juga tentu akan membuat canti feed instagram kamu dan membuat orang-orang penasaran. Tertarik untuk menghabiskan liburanmu di areal persawahan Sukorame Mangunan ini?

Puncak Perbukitan Mangunan, Dlingo

Sumber: visitingjogja.com

Masih di daerah Mangunan, nih. Setelah puas menikmati area persawahan Sukorame, ada baiknya kamu juga mampir ke Perbukitan Mangunan yang ada di Dlingo. Jangan lupa juga untuk mendaki ke puncak. Sebab Hutan pinus di Mangunan, Dlingo pasti akan sangat memanjakan mata dan menyegarkan pikiran yang penat oleh kehidupan kota.

Terutama telah dibangun gardu pandang berukuran panjang yang bertujuan untuk menikmati kota Yogyakarta dari ketinggian. Pokoknya, mampir ke tempat wisata di Bantul yang sau ini akan lebih epik, deh.

Hutan Pinus

Sumber: inews.id

Masih di kawasan perbukitan Mangunan. Yang menjadi daya tarik utama di perbukitan ini tentu saja Hutan Pinusnya yang sangat indah. Jika kamu penggemar film Twilight, pasti akan kesengsem, deh dengan hitam pinus di perbukitan Mangunan ini. Karena memang sangat mirip dengan yang ada di film tersebut. Coba datang ke sini dan berfotolah dengan amphiteater yang dibuat dari kayu pinus yang satu ini.

Kebun Buah Mangunan

Sumber: antarejatour.com

Tempat wisata di Bantul yang satu ini masih datang dari area perbukitan Mangunan. Yup, yaitu Kebun buah Mangungan yang ditanamni dengan sekitar 1500 pohon durian. Di kebun buah ini juga ada banyak buah lainnya. Misalnya, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk , 300 pohon jambu air, dan 200 aneka buah lainnya.

Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar uang masuk sebesar 5,000 rupiah saja. Bahkan, di tempat ini kamu juga bisa memburu matahri terbit dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, loh. Menarik banget untuk dikunjungi, kan?

Bukit Lintang Sewu Mangunan

Sumber: idntimes.com

Bukit Lintang Sewu ini bsa berarti dengan bukit seribu bintang. Sebab, dalam bahasa jawa Lintang berarti bindang dan Sewu berarti seribu.Pemberian nama ini bukan asal jadi, loh. Sebab, di Bukit Lintang Sewu ini kamu akan dengan mudah melihat pemandangan kota Yogyakarta yang terlihat seperti kerlip bintang. Belum lagi posisi bukit yang tepat ke barat sehingga bisa dijadikan tempat berburu matahari terbenam. Keren, banget, kan? Habis melihat matahari terbenam, kamu akan melihat pemandangan kota yang penuh bintang!

Kebun Bunga Celosia, Resoinangun Garden

Sumber: travelingyuk.com

Selain memiliki kebun bunga matahari, tempat wisata di Bantul juga memiliki kebun bunga Celosia, loh. Kebun bunga ini terletak di dusun Tegal sari, Kecamatan Sanden, Bantul. Yang menarik dari kebun bunga ini adalah adanya perbaduan warna bunga Celosia yang kontras antara warna kuning dan merah sehingga membuat kebun bunga ini sangat instagramworthy banget.

Di kebun bunga ini kamu juga bisa melihat bunga selain bunga Celosia, loh. Karena di kebun ini juga ditanami beragam bunga dari mulai bunga kenikir sampai bunga jengger. Di kebun bunga ini juga disediakan properti untuk berpoto dengan properti yang sangat ciamik. Keren banget, pokoknya. Berminat untuk berkunjung?

Pantai Goa Cemara

Sumber: travelingyuk.com

Berbeda dengan tempat wisata di Bantul yang lain, kali ini kamu akan melihat pantai yang sangat berbeda. Di pantai Goa Cemara ini memiliki jajaran pohon cemara yang berjejer rapi dan seperti membentuk lorong. Keren banget, kan? Berfoto di tempat ini akan membuat kamu seperti berada di dunia lain. Menarik, bukan?

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bantul yang keren abis dan wajib untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan rujukan kamu, ya.