Bahan dasar sepatu memiliki beragam jenis, para produsen pun juga sangat selektif dalam menentukannya. Bahan dasar juga memengaruhi bagaimana sepatu tersebut dipasarkan dengan sukses. Bahan yang berkualitas bisa dipastikan harga sepatunya relatif tinggi. Tren mode juga menentukan penjualan sepatu tersebut.

Suede adalah bahan beludru yang lembut. Sepatu berbahan dasar kulit suede adalah salah satu jenis sepatu berkualitas baik. Namun dalam hal perawatan juga perlu perhatian khusus . kesalahan perawatan sepatu tidak membuat sepatu bersih malah merusak bahan luarnya.

Ada beberapa tips untuk merawat sepatu suede yang bisa Anda coba, simak berikut ini:

Gunakan Suede Protector

Begitu sepatu suede sudah terbeli oleh Anda, jangan lupa untuk membeli suede protector. Fungsi dari suede protector ini adalah untuk melindungi bagian luar sepatu dari debu dan kotoran. Cara menggunakannya cukup dengan menyemprotkan secara merata ke seluruh permukaan sepatu. Banyak toko-toko sepatu yang menjual suede protector ini.

Gunakan karet penghapus

Karet penghapus juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda ringan dan masih baru. Jika debu sudah menempel gunakan karet penghapus untuk membersihkan debunya. Gosok merata dan searah pada permukaan suede namun jangan ditekan terlalu kuat karena bisa merusak bahan kulitnya.

Penyedot debu

Alat penyedot debut juga bisa digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran yang susah dibersihkan pada sepatu suede Anda.

Sikat gigi dan air

Sikat gigi digunakan untuk membersihkan noda sepatu yang menempel seperti cipratan lumpur atau terkena hukan. Basahi sikat gigi dengan air dan gosok searah pada noda yang menempel. Keringka sepatu menggunakan kipas angin. Hindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari karena bisa memudahkan warna sepatu.

Suede cleaner

Untuk cara yang lebih praktis adalah menggunakan suede cleaner dengan cara hanya menyemprotkan suede cleaner ini pada sepatu dan disikat secara perlahan. Agar bentuk sepatu tetap terjaga seperti awalnya dan menjaga kelembapannya, selalu simpan sepatu di dalam kardus dan isi bagian dalamnya dengan Koran. Masukkan silica gel atau kamper pada kotak untuk menjaga kelembapan dan baunya terjaga. Cara ini menjaga agar sepatu suede tidak dimasuki serangga dan bisa disimpan dalam waktu lama