Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia dengan Danau Toba nya. Kalau berkunjung ke sana, jangan lupa coba makanan khas Sumatera Utara yang lezat ini! Berikut daftar makanan yang wajid dicoba kala berkunjung ke Sumatera Utara!

1. Bubur Podas

Sumber: buburpedas98.blogspot.com

Bubur Podas alias bubur pedas adalah masakan khas masyarakat Melayu di Sumatera Utara. Tapi, yang paling terkenal adalah Bubur Podas asal Tanjung Balai, Asahan. Makanan khas Sumatera Utara ini hanya dijual saat bulan Ramadhan saja dan termasuk menu ‘wajib’ untuk berbuka puasa.

Yang istimewa dari Bubur Podas adalah konon di dalamnya harus terdapat 40 macam sayuran dan rempah agar rasanya keluar. Kalau tidak, maka tidak akan berbeda dari bubur yang lain-lain. Minat untuk mencobanya?

2. Mi Gomak

Sumber: travellingyuk.com

Satu lagi makanan khas Sumatera Utara yang wajib dicoba adalah Mi Gomak. Gomak berarti lemak dalam bahasa Melayu khas Sumatera Utara. Mi ini terbuat dari mi lidi yang hanya ada di Sumatera Utara, loh.

Biasanya, mi lidi (disebut mi lidi karena berbentuk seperti lidi) akan di rebus sebelum dimakan dengan bumbu kacang atau untuk campuran lontong. Makanan khas yang berasal dari Balige ini biasanya disebut juga Spageti dari Tanah Batak.

3. Soto Medan

Makanan apa yang pernah dikunjungi Presiden SBY dan Miss Universe di Medan? Ada yang tahu? Yup, itu adalah Soto Medan yang berada di Rumah Makan Sinar Pagi. Rumah makan ini berada di Jalan Sei Deli, Silalas, Medan Barat.

Yang berbeda dari soto makanan khas Sumatera Utara ini dari soto lain adalah kuahnya yang bersantan dan berlemak. Rempahnya yang gurih dan cenderung pedas justru membuat soto ini semakin nikmat.

Tapi, kalau mau berkunjung ke Rumah Makan Sinar Pagi, harus gerak cepat, ya? Soalnya rumah makan ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

4. Arsik Ikan Mas

Sumber: tourtoba.com

Arsik ikan mas adalah makanan khas Sumatera Utara yang dahulunya merupakan makanan raja-raja zaman dulu, loh. Jika ingin menikmati kuliner ini, kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Marikena di  Jalan Letjen Jamin Ginting No.94, tidak begitu jauh dari fly over simpang pos.

Rumah makan khas Tanah Karo ini juga menyediakan nira dingin. Nira adalah minuman yang berasal dari pohon aren dan merupakan minuman khas dari tanah karo. Kalau sambil makan arsik ikan mas, tentu lebih nendang!

5. Daun Ubi Tumbuk

Satu lagi makanan khas Sumatera Utara yang wajib dicoba, yakni Daun Ubi Tumbuk. Makanan ini tidak hanya bisa dijumpai di restoran. Rata-rata masyarakat Sumatera Utara menjadikan menu ini sebagai menu rumahan, loh.

Tapi, jangan salah! Meskipun menu rumahan, makanan ini tetap wajib kamu coba kalau berkunjung ke Sumatera Utara. Berbahan dasar daun singkong yang ditumbuk dan dimasak dengan cara digulai, menjadikan menu ini sangat yahud di lidah. Tambahkan sambal terasi dan ikan asin dalam penyajiannya, maka kamu akan ketagihan dalam mencobanya!

6. Kerang

Sumber : travellingyuk,com

Kalau kamu berkunjung ke Tanjung Balai, jangan lupa untuk mencoba kerang yang berasal dari sana, ya. Makanan khas Sumatera Utara ini memang sangat terkenal. Bahkan, ada yang bilang bahwa tak lengkap ke Tanjung Balai jika tak memakan kerangnya.

Konon, kerang di Tanjung Balai itu akan enak bahkan hanya dengan direbus saja tanpa bumbu. Daging kerangnya manis dan akan sangat mantap kalau disantap dengan sambal jeruk nipis.

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib dicoba kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara. Ssst, meskipun daftar makanan ini jarang diulas di portal makanan kenamaan, tapi kelezatannya sudah menjadi rahasia umum, loh!

Baca Juga ” WISATA EDUKASI ISTANA MAIMUN DI MEDAN “

Baca Juga ” INILAH ALASAN TRAVELER YANG DATANG KE BALI SELALU INGIN KEMBALI “