Kulibur.com – Kamu ingin mendaki, tetapi belum punya pengalaman? Enggak apa-apa, masih ada Sibayak yang siap sedia menerima semua pendaki. Pemula, sekalipun. Pendakian gunung Sibayak memang dikenal sebagai pendakian yang memiliki jalur yang aman dan ramah pemula.

Lokasi Gunung Sibayak

Sibayak terletak di Kabupaten Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara dan memiliki ketinggian 2.094 meter dpl. Satu lagi yang membuat kamu wajib untuk mendatangi Sibayak adalah karena gunung ini masuk ke bagian Taman Hutan Raya Bukit Barisan.

Untuk melakukan pendakian Gunung Sibayak, kamu harus melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 60 km dari kota Medan. Untuk menuju Berastagi, bisa menaiki bus dari Jalan Jamin Ginting dan turun langsung di pusat Kota Berastagi. Dari sana, hanya berjarak 3 km lagi untuk mendapatkan Gunung Sibayak.

Jalur pendakian Gunung Sibayak sendiri ada 3, yakni melalui Desa Semangat Gunung, Desa Jarang Uda, dan Jalur 54. Nah, ketiga jalur ini memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Kalau kata orang, kelas pendakianmu terukur dari pemilihan jalur.

Baca Juga ” WISATA EDUKASI ISTANA MAIMUN DI MEDAN “

Jalur Pertama

Jalur Desa Semangat Gunung ini bisa dibilang jalur yang paling ramah kepada pendaki. Penyebabnya tidak lain karena jalur ini memiliki jalan yang rapi dan bisa dilalui dengan mobil.

Kalau ingin melalui jalur pendakian Gunung Sibayak yang satu ini, maka bisa langsung melakukan registrasi di pos Desa Semangat Gunung dan membayar uang retribusi sebesar 4000 per orang.

Jalur Kedua

Jalur kedua yang biasa dipilih pemula adalah Desa Jarang Uda. Jalur ini telah memiliki jalan aspal hingga 1 km sebelum puncak gunung. Nah, mudah sekali, kan, jalurnya? Dijamin aman, kalau memakai jalur ini.

Meskipun demikian, pendakian Gunung Sibayak melalui desa Jarang Uda memiliki rute yang lebih panjang ketimbang rute dari desa Semangat Gunung. Satu rahasia penting lainnya adalah, rute ini populer di kalangan pendaki mancanegara. Jadi, kalau mau ketemu turis asing, pilih saja jalur ini.

Jalur Ketiga

Rute terakhir sering dibilang rute untuk para pendaki yang sudah kenyang pengalaman. Ini dikarenakan Jalur 54 memiliki jalan yang paling terjal dan berbahaya, sehingga pendakian bisa memakan waktu 4 sampai 6 jam.

Untuk yang pertama kali melakukan pendakian, diharapkan untuk menghindari jalur ini. Tapi, kalau memang nekad, kamu bisa melakukan registrasi untuk melalui jalur ini di Desa Doulu II.

Jelas, ya, kalau jalur pendakian Gunung Sibayak itu sangat ramah kepada pemula, tapi juga memuaskan hasrat adrenalin para profesional. Jadi, jalur mana yang kamu pilih?

Baca Juga ” TERNYATA BANYAK LHO MANFAAT MENDAKI GUNUNG UNTUK MENTAL DAN KEPRIBADIAN KITA, YUK SIMAK “