Kulibur.com – Karimunjawa tentu sudah familiar bagi sebagian orang, tapi tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui lokasi dan seperti apa destinasi ini. Karimunjawa sendiri merupakan kumpulan pulau yang berjumlah 27, tempat ini berada di laut Jawa tepatnya yaitu 80 km dari Kabupatrn Jepara Jawa Tengah. Dengan keindahan yang dimiliki Karimunjawa dengan pasir putihnya, kejernihan airnya, tenang dan keindahan baik laut atau lingkungan sekitarnya ini menjadikan tempat ini sangat pantas disebut dengan The Carribben Of Java. 

Untuk kalian yang ingin mengunjungi destinasi Karimunjawa untuk pertama kalinya maka harus memperhatikan beberapa tips yang kulibur.com berikan ini agar liburan yang kalian rencanakan benar-benar dapat dinikmati.

BACA JUGA ” 7 ALASAN MENGAPA TRAVELING SEBELUM MENIKAH ITU WAJIB KALIAN LAKUKAN “

BACA JUGA ” MAU BERWISATA RELIGI DI RAMADHAN TAHUN INI ? BERIKUT 10 MASJID MEGAH DI INDONESIA YANG BISA ANDA KUNJUNGI”


Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung

Pemilihan waktu yang tepat ini dapat mempengaruhi besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk menyebrang saat kalian liburan ke Karimunjawa.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Karimunjawa dan memulai travelingnya dari kota Semarang dan ingin menuju Karimunjawa melalui jalur laut maka kalian dapat memulai perjalanan pada hari kamis atau sabtu karena kapal yang menuju Karimunjawa dari kota Semarang hanya ada satu kapal KMC Kartini dengan jadwal keberangkatan hari kamis dan sabtu setiap minggunya. Sedangkan untuk kalian yang ingin menggunakan jalur udara maka dapat menggunakan pesawat cesna dengan jadwal keberangkatan hari kamis dan jumat. Tetapi jika waktu yang kalian miliki diluar dari jadwal keberangkatan jalur laut atau udara di kota Semarang maka kalian harus melakukan keberangkatan dari Kabupaten Jepara karena disana terdapat kapal Feri Express Bahari dan Express Siginjai yang berangkat sekali dalam setiap harinya. Jadi jika kalian mengalami keterlambatan dapat mengikuti keberangkatan dihari berikutnya.    

Cek informasi BMKG

Hal ini juga merupakan bagian terpenting ketika kalian mempunyai keinginan untuk berlibur ke Karimunjawa karena jika keringgian gelombang laut yang melebihi 3 meter maka jadwal keberangkatan kapal otomatis akan dibatalkan karena mempertimbangkan keselamatan para pengunjung. Dan para pengunjung harus menunggu dalam waktu 1 sampai 2 hari untuk memastikan gelombang laut normal kembali.

Persiapkan penginapan sebelum berangkat

Untuk kalian yang berencana berlibur ke Karimunjawa saat musim liburan maka harus melakukan perencanaan perjalanan minimal dua minggu sebelum keberangkatan, hal tersebut dimaksutkan untuk dapat melakukan pemesanan penginapan terlebih dahulu karena penginapan akan sangat sulit didapatkan jika kalian tidak melakukan system boking terlebih dahulu.

Pastikan membawa Sunblock dan Tolak Angin

Sunblock merupakan hal yang harus kalian bawa ketika mengunjungi Karimunjawa untuk mengurangi panasnya matahari yang langsung berhadapan dengan kulit kalian. Jika kalian mengabaikan sunblock maka bersiaplah untuk merasakan sensasi seperti dipanggang. Nah untuk malam harinya kalian juga harus mempersiapkan tolak angina untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam kondisi fit, hal tersebut karena udara di Karimunjawa akan sangat dingin jika malam hari

BACA JUGA ” SIMAK DAFTAR FESTIVAL MEGAH YANG DISELENGGARAN MULAI PERTENGAHAN TAHUN HINGGA AKHIR 2019 “

BACA JUGA ” 21 DESTINASI POPULER DI WONOSOBO INI MENJADI BUKTI KEIDAHAN ALAM “

Harus Nyobain Island Hopping

Karena Karimunjawa merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau dengan kaunikan yang berbeda-beda setiap pulaunya maka Island Hopping adalah kegiatan yang wajib kalian coba. Di sini juga kalian dapat memilih paket tour yang bervariasi harganya dengan tujuan yang berbeda-beda pada setiap paketnya. Kalian dapat menemui berbagai ikan-ikan seperti nemo hingga hiu saat snorkeling dan bersantai dipinggiran pantai sambil mendengarkan deburan ombak yang mengenai bibir pantai, oya untuk yang menggunakan biro tour maka wajib berhati-hati karena biasanya satu kapal dapat digunakan hingga 50 penumpang sehingga kehilangan barang atau rusaknya barang yang kita bawa menjadi resiko utamanya, tetapi jika kalian ingin mendapat kenyamanan dan keamanan maka dapat menggunakan jasa private tour.

Siapkan Peralatan Elektronik

Karena listrik hanya menyala mulai pukul 17.00 hingga 06.00 maka kalian harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk melakukan charge semua peralatan seperti kamera, powerbank, handycamp, handphone, laptop dan barang lainnya agar semua peralatan tersebut dapat kalian gunakan pada pagi hari hingga sore. Tetapi jika kalian melakukan penginapan di hotel yang berkelas maka pemadaman listrik tidak akan berlaku karena mereka sudah memiliki genset sendiri.

Berbaur dengan warga yang ada

Untuk mendapat pelajaran yang baru maka berinteraksi dengan warga lokal adalah pilihan yang tepat. Untuk penduduk yang berada di Karimunjawa sendiri sudah terkenal dengan sangat ramah dan mudah berinteraksi dengan wisatawan yang berkunjung, bahkan kalian tidak jarang menemui mereka yang sedang asik berbincang atau bercanda dengan wisatawan.

Nah hal tersebut adalah tips-tips yang dapat kalian gunakan untuk menikmati liburan di Karimunjawa, semoga bermanfaat dan kulibur tunggu cerita pengalaman kalian, see you guys

BACA JUGA ” PENTINGNYA MEMBAWA BUKU SAAT TREVELING, BERIKUT ALASANNYA “

BACA JUGA ” 14 DESTINASI WISATA DI LOMBOK YANG PALING BANYAK DIKUNJUNGI “