Kulibur.com – Mungkin di antara kita pernah mendengar istilah, buku adalah jendela ilmu. Jika ingin mengetahui banyak hal, maka banyak-banyaklah membaca. Manfaat membaca sendiri selain menambah wawasan Anda, juga mampu menjauhkan kebiasaan dalam penggunaan gadget. Semakin sering peran gadget dalam keseharian Anda tergantikan oleh buku, maka semakin sedikit pula tubuh Anda terpapar oleh radiasi dari gadget yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Dengan penggunaan gadget yang berlebihan pun membuat kondisi mata akan lebih cepat lelah dibanding dengan membaca buku.

Pernahkah Anda melihat perbedaan wisatawan asing dengan wisatawan domestik saat traveling atau dalam kondisi menunggu suatu antrian ? Setuju atau tidak Anda akan akan banyak melihat turis asing lebih asyik dengan buku mereka dibanding dengan gadget, sedangkan kondisi sebaliknya terjadi untuk wisatawan domestik. Tidak bermaksud untuk meniru budaya barat, namun tidak ada salahnya kita meniru kebiasaan baik yang wisatawan asing lakukan jika itu memang memberikan manfaat untuk kita.

Untuk Anda yang hobi traveling, ada baiknya untuk membawa buku sebagai tentengan wajib yang harus selalu Anda bawa, mengapa ? Yuk kita simak beberapa alasan pentingnya membawa buku saat traveling.

1. Saat traveling jadi waktu yang tepat untuk menghabiskan koleksi buku bacaan

Keseharian Anda yang disibukkan dengan aktivitas di tempat kerja atau aktivitas kuliah sehingga tidak ada sama sekali waktu untuk sekedar menghabiskan buku-buku koleksi Anda. Maka ambilah waktu liburan sekaligus membawa beberapa koleksi buku untuk Anda habiskan. Banyak momen yang bisa Anda pakai untuk membaca buku ketika traveling, antara lain saat antri tiket, menunggu pesawat, saat perjalanan di dalam bus atau kereta dan masih banyak lagi. Sekaligus Anda akan mengurangi kebiasaan menggunakan gadget yang mempunyai banyak dampak buruk untuk tubuh Anda.

2. Menjadi teman Anda saat menghabiskan waktu sendiri di tempat traveling

Memang sejatinya tujuan traveling adalah untuk menikmati tempat wisata yang menjadi tujuan Anda. Pada umumnya aktivitas selfie menjadi cara untuk mengabadikan momen Anda di lokasi wisata. Namun ada pula kondisi dimana Anda bisa bermesraan dengan buku-buku yang Anda bawa antara lain saat istirahat di hotel, menikmati pagi di tempat penginapan atau berdiam diri di tepi pantai sembari menunggu sunset. Momen-momen tersebut bisa Anda jadikan momen terbaik untuk membaca koleksi buku yang Anda bawa.

3. Momen traveling jadi kondisi yang tepat untuk mendalami buku bacaan

Mempunyai koleksi buku yang menginspirasi pastinya butuh pendalaman dalam setiap kalimat yang dituliskan. Terkadang Anda akan merasa sulit memahami isi buku yang Anda baca karena otak Anda terlalu penuh dengan kesibukan harian. Saat Anda traveling pastinya otak akan mendapatkan saat istirahat yang cukup sehingga Anda akan merasa lebih fresh. Kondisi otak yang fresh akan memberikan kemudahan Anda dalam memahami isi dan makna dari buku bacaan Anda, sehingga pesan-pesan penting yang disampaikan buku tersebut akan lebih mudah tersampaikan dalam diri Anda.

4. Tinggalkan buku di tempat yang pernah Anda kunjungi

Beberapa orang ingin membagi sensasi dari buku yang sudah selesai mereka baca kepada orang lain. Selain ingin memperoleh teman baru, Anda juga dapat membagi informasi-informasi penting yang disampaikan buku tersebut. Tak ada salahnya ketika Anda sedang mengunjungi suatu tempat, tinggalkan buku Anda yang sudah selesai dibaca dengan memberikan kepada wisatawan lain atau warga sekitar. Selain Anda akan mendapatkan teman baru, berbagi inspirasi yang tertulis dalam buku akan memberikan dampak positif kepada orang tersebut dan juga kepada Anda tentunya karena sudah membantu menebar kebaikan kepada orang lain.

5. Mengurangi ketergantungan terhadap gadget

Gadget menjadi benda yang seolah tidak dapat terpisahkan dari keseharian Anda. Bahkan ketika Anda bangun tidur pun benda yang Anda cari pertama kali adalah gadget. Dampak buruk yang disebabkan oleh gadget bagi kesehatan Anda tentunya perlu dihindari. Dengan mengganti kebiasaan Anda terhadap gadget dengan membaca buku, pastinya akan lebih aman untuk kesehatan Anda karena tidak adanya radiasi yang ditimbulkan oleh buku. Mata Anda pun tidak akan mudah sakit ketika membaca buku jika dibandingkan dengan menatap layar gadget Anda.

Itu tadi beberapa alasan mengapa buku menjadi benda penting yang harus Anda bawa. Menikmati liburan yang santai sambil membaca buku pastinya akan membuat momen traveling Anda menjadi lebih bermakna. Biasakan diri Anda untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca, karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca buku. Jangan lupa untuk menularkan juga ke teman-teman terdekat Anda ya. Selamat berlibur.

BACA JUGA ” SANKSI AKAN DIBERIKAN UNTUK PARA PENDAKI YANG NEKAT NAIK GUNUNG MERBABU SAAT DITUTUP “

BACA JUGA ” TIPS AMAN BAWA KAMERA UNTUK KALIAN YANG HOBY TRAVELING “